Ads 468x60px

Salah Isi Data SBMPTN Setelah Di Print, Tidak Dapat Diperbaiki

Pendaftaran SBMPTN
Salah Isi Data SBMPTN Setelah Di Print, Tidak Dapat Diperbaiki. SURYA Online, MALANG – Ketua Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi NEgeri (SBMPTN) Malang, Prof Dr Hendyat Sutopo, menghimbau pendaftar untuk berhati-hati saat mengisi kolom-kolom yang ada di daftar isian formulir SBMPTN.
 
Himbauan ini, untuk mengantisipasi kesalahan pengisian sementara kartu peserta SBMPTN sudah terlanjur di-print (cetak). Sebab kalau kartu peserta SBMPTN sudah tercetak, kemudian baru diketahui ada kesalahan, Panlok SBMPTN Malang yang dipegang Universitas Negeri Malang (UM), belum bisa melakukan perbaikan.

"Aturan dari Panitia Pusat SBMPTN mengenai revisi kartu peserta yang salah cetak belum turun,” kata Hendyat melalui sambungan telepon, Minggu (12/5/2013).

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mengisi daftar kolom SBMPTN, jelas Hendyat yang juga Pembantu Rektor I UM, adalah data pribadi dan angka-angka. "Seperti misal nomor KTP atau nomor ijazah. Jangan sampai keliru," urainya.

Namun begitu, HEndyat mengungkapkan aturan mengenai revisi kesalahan kartu peserta SBMPTN akan segera diputuskan dalam waktu dekat. "Kami hanya tinggal menunggu instruksi dari Panitia Pusat," ucapnya.

SBMPTN akan dibuka sampai 13 Juni. Alur pendaftaran, calon peserta SBMPTN membayar Rp 175 ribu (Saintek dan Soshum) atau Rp 200 ribu (campuran) di Bank Mandiri.

Sistem pembayaran di Bank Mandiri akan terintegrasi langsung dengan panitia pusat SBMPTN, dengan mengeluarkan nomor PIN agar bisa mengakses laman resmi sbmptn.or.id untuk mengisi daftar isian dan mengunggah foto.

Setelah selesai melengkapi daftar isian, calon peserta mencetak kartu peserta untuk mengikuti ujian 18 dan 19 Juni mendatang.
 
Baca »»  

Menghitung Hari Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2013 Undangan

Pengumuman SNMPTN
Menghitung Hari Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2013 Undangan. Berdasakan Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2013 Undangan yang tertera di laman SNMPTN 2013 (www.snmptn.ac.id), tinggal 5 hari lagi pengumuman kelulusan SNMPTN Undangan 2013 akan diketahui oleh siswa/i peserta SNMPTN 2013 Undangan.

Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2013 tepatnya akan diumumkan pada tanggal 28 Mei 2013. Untuk informasi bisa terus adik-adik kunjungi di www.snmptn.ac.id. Bagi adik-adik yang nantinya lulus !, Selamat, danteruskan perjuangan mencapai cita-cita adik di PTN yang sudah adik pilih. Dan bagi adik-adik yang dinyatakan belum lulus jangan berkecil hati dan tetap optimis, karena masih ada jalur lain untuk menuju PTN Impian, yaitu Jalus SBMPTN 2013.

Persiapkan diri adik mulai dari sekarang untuk menghadapi ujian SBMPTN 2013, mesikupun adik-adik mengikuti SNMPTN jalur Undangan. Dengan demikian, adik-adik akan lebih siap dalam menerima keadaan yang terburuk, artinya meskipun nantinya adik-adik tidak lulus di SNMPTN Undangan tapi adik-adik sudah siap tempur dalam menghadapi ujian SBMPTN 2013. Salah satu Persiapan yang dapat adik-adik lakukan adalah dengan membahas soal-soal ujian SNMPTN tahun lalu, karena bentuk dan tipe soal SBMPTN tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal SNMPTN yang sudah-sudah. Dan jika memang adik sedikit memiliki rizki, adik-adik bisa memiliki Soal Prediksi SBMPTN 2013 dan Pembahasan, yang admin www.e-sbmptn.com rancang, untuk membantu adik menuju PTN impian. Untuk Mendapatkan soal Prediksi SBMPTN 2013 ini, adik-adik Bisa KLIK DISINI.

Akhir kata admin ucapkan, Selamat bagi adik-adik yang nantinya akan lulus Seleksi SNMPTN Undangan 2013. Dan Jangan Menyerah bagi adik-adik yang belum dinyatakan lulus. Peluang adik-adik masih terbuka lebar di Jalur SBMPTN 2013 dan Jalur Seleksi Mandiri PTN yang akan digelar setelah SBMPTN 2013. Semoga Informasi ini bermanfaat buat adik-adik sekalian.

Baca »»  

ITS Terima 938 Mahasiswa Jalur Sbmptn 2013.

ITS Terima 938 Mahasiswa Jalur Sbmptn 2013. SBMPTN ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Jatim menyediakan kuota 938 kursi untuk mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013. Pendaftaran dibuka mulai 13 Mei dan berakhir 7 Juni 2013.

ITS
SBMPTN merupakan seleksi PTN yang menggunakan sistem ujian tulis yang diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah atas yang tidak lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta alumni SMA sederajat angkatan 2011 dan 2012. Hasil SNMPTN tahun ini akan diumumkan pada 28 Mei 2013 sedangkan pengumuman hasil ujian Sbmptn akan dipublikasikan tanggal 12 Juli 2013. Berbeda dengan SNMPTN, ujian SBMPTN tahun ini terdiri dari Saintek, Soshum dan campuran. Untuk Saintek dan Soshum, harga formulir pendaftaran sebesar Rp 175 ribu dan Rp 200 ribu untuk campuran.

Menurut Kepala Badan Akademik ITS Surabaya Ismaini Zain, pendaftar boleh memilih tiga perguruan tinggi negeri manapun sesuai dengan keinginannya. "Kalau tahun lalu cuma 2, sekarang SBMPTN boleh memilih 3 PTN," kata Humas Panitia Lokal SBMPTN Surabaya ini di kantor Badan Akademik ITS Surabaya, Kamis, 12 April 2013.

Jika SNMPTN memiliki kuota 50 persen, kuota SBMPTN minimal 30 persen dari seluruh daya tampung masing-masing perguruan tinggi negeri. Dari total 3.472 daya tampung mahasiswa baru di ITS, 938 kursi disediakan untuk jalur SBMPTN dan 632 kursi untuk jalur mandiri.

Pendaftar tidak hanya terbatas untuk mereka yang lulus 2013 saja, tapi juga lulusan 2011 dan 2012. Pelaksanaan ujian tulis akan berlangsung pada 18-19 Juni 2013 dan 20-21 Juni untuk ujian ketrampilan.

Sekretaris Panitia Lokal Surabaya Zubaidi menambahkan penerima program Bidikmisi juga diperbolehkan untuk mengikuti SBMPTN ini. Penerima Bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN 2013 dan lulus bisa mendaftar SBMPTN tanpa dipungut biaya.

Koran Tempo
Baca »»  

Web SBMPTN Palsu, Waspada !!!

Situs Sbmptn Palsu
SBMPTN. Hati-Hati Terhadap Penipuan Website SBMPTN Palsu. Humas Unib, Suharyanto M.Si mengingatkan peserta pendaftar untuk selektif atas website resmi pendaftaran SBMPTN. Sebab kerap muncul situs / website Sbmptn palsu. Penipuan ini dimungkinkan karena pada SBMPTN 2013 ini berbayar.

Penipu mengambil celah dengan menyertakan nomor rekening palsu di laman SBMPTN palsu tersebut. Dengan begitu, calon pendaftar yang tertipu itu akan mentransfer sejumlah uang di nomor rekening tersebut.

Seperti diketahui, SBMPTN dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 175 ribu untuk uji kelompok Sainstek, dan Soshum. Sedangkan Rp 200 ribu uji kelompok campuran, besaran biaya ini mengalami kenaikan Rp 25 ribu dari tahun sebelumnya. Pun begitu penambahan biaya ini disertai dengan penambahan pilihan jumlah program studi dari dua pilihan diperbanyak menjadi tiga pilihan program studi (prodi). Setelah calon pendaftar membayar biaya seleksi di Bank Mandiri baik melalui ATM, SMS banking, internet banking ke bank langsung. Dan bila tidak terdapat Bank Mandiri, pembayaran dapat dilakukan di Kantor Pos setempat.
Baca »»  

www.sbmptn.or.id | Laman Resmi SBMPTN 2013

Laman Resmi Sbmptn
www.sbmptn.or.id | Laman Resmi SBMPTN 2013. Bagi adik-adik yang mengikuti ujian Sbmptn 2013 maka harus mengetahui situs / website atau laman resmi Sbmptn 2013. Pada Laman resmi Sbmptn (www.sbmptn.or.id) telah disajikan berbagai informasi mengenai Tata cara Pelaksanaan, Pendaftaran, Pembayaran Biaya Tes SBMPTN 2013.

Hati-hati terhadap situs SBMPTN Palsu !! yang mengatasnamakan panitia SBMPTN. Nah, bagi adik-adik yang belum tau situs resmi SBMPTN 2013, silahkan segera berkunjung ke www.sbmptn.or.id , namun jika ada pertanyaan-pertanyaa seputar sbmptn adik juga bisa berkunjung ke Website www.e-sbmptn.com sebagai situs yang juga berperan aktif dalam mensosialisasikan seputar kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2013 (SBMPTN 2013).

Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2013 tinggal menghitung hari lagi, ada baiknya jika adik-adik lebih mempersiapkan diri dan belajar lebih giat lagi. InsyaAllah, dengan usaha dan belajar lebih giat adik-adik akan lulus di Perguruan Tinggi Favorit , misal: UI, USU, UNPAD, ITS, UGM, UNSYIAH, UNIMED, ITB, IPB, UB, UNDIP, UNJA dan masih banyak lagi Universitas Favorit lainnya. Selain itu, jika adik-adik ingin lebih yakin dan pede sewaktu menghadapi ujian SBMPTN 2013, adik-adik bisa memiliki "PREDIKSI SOAL SBMPTN 2013 DAN PEMBAHASAN" yang sengaja admin rancang untuk membantu adik-adik lulus di Universitas Impian melalui jalur SBMPTN 2013. Soal ini telah dilengkapi dengan pembahsan dan Ratusan Soal TPA yang sering keluar di Ujian untuk menaklukkan soal-soal TPA SBMPTN 2013. Untuk Mendapatkan Soal tersebut adik bisa KLIK DISINI.

Demikianlah informasi seputar laman resmi Sbmptn 2013, semoga ada manfaatnya buat adik-adik dan dapat memberikan tingkat kepercayaan diri adik-adik sekalian. Dan jika menurut adik artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan kepada teman adik-adik yang lain.

Baca »»  

Pelajaran Soal SBMPTN 2013 Tkd Saintek

Soal Saintek SBMPTN 2013
Pelajaran Soal SBMPTN 2013 Tka Saintek. Bagi adik-adik yang akan mengikuti ujian Sbmptn 2013, mungkin masih bingung tentang mata pelajaran apa saja yang akan diujiankan untuk soal Sbmptn 2013 Tkd Saintek. Nah, untuk itu admin akan memaparkan Pelajaran-pelajaran yang akan di ujiankan pada Tes SBMPTN 2013 Tkd Saintek adalah sebagai berikut:

1. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) SBMPTN meliputi:

2.  Soal Tes Potensi Akademik (TPA) SBMPTN 2013
3. Soal Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) SBMPTN 2013 : Matematika dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

Nah, itulah Mata Pelajaran/soal-soal yang akan diujiankan pada tanggal 18-19 juni 2013 untuk peserta yang memilih kelompok ujian Saintek SBMPTN 2013. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan dan pemahaman adik-adik seputar Soal Ujian SBMPTN Tahun 2013.

Baca »»  

Kunci Lulus Ujian SBMPTN 2013

Kunci Lulus Ujian SBMPTN 2013. BOGOR - Berniat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013? dan ingin tau Kunci Lulus Ujian SBMPTN 2013 ?? Berikut tips & triknya:

Lulus Ujian SBMPTN 2013

Dekan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Bambang Hero Saharjo, M.Agr memberikan saran kepada calon mahasiswa baru (MABA) untuk mengikuti ujian tertulis SBMPTN yang dilaksanakan pada 18 - 19 Juni 2013.

"Saran saya belajar yang baik dan tentukan pilihan yang terbaik buat mereka. Banyak yang terjadi dan mereka memilih program studi (prodi) yang betul-betul mempunyai persaingan tinggi. Sehingga kadang-kadang banyak kejadian anak mempunyai nilai tinggi yang terbaik malah tidak diterima karena kuotanya sudah terpenuhi," ujarnya kepada Okezone dalam acara reuni Akbar Konsolidasi Himpunan Alumni Fakultas kehutanan IPB (HAE IPB) di Saung Dolken Resort, Cimahpar, Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/4/2013).

Hal yang senada dengan pendapat Bambang sebagai dekan, mahasiswinya dari IPB R. Alfyani F berargumentasi bahwa dalam mengerjakan ujian tertulis SBMPTN harus selalu tenangkan diri.

"Kunci utamanya tenang, jangan dibikin beban, jangan dibikin pusing. Latihan soal-soal terus dari ujian tahun ke tahun karena tipe-tipe soal biasanya sama. Terus satu hal yaitu tenang mengerjakannya, perbanyak doa, dan tenangin diri," tutur mahasiswi fakultas kehutanan, departemen silvikultur kepada Okezone.

Sekedar mengingatkan saja, berikut jadwal SBMPTN 2013 secara lengkap :
10 Mei-4 Juni 2013 masa pembayaran biaya seleksi via Bank Mandiri
13 Mei-7 Juni 2013 pendaftaran secara online
18-19 Juni 2013 Ujian tertulis
20 dan/atau 21 Juni 2013 Ujian keterampilan
12 Juli 2013 Pengumuman hasil seleksi (fmh)
Sumber : Okezone.com
Baca »»  

SBMPTN 2013 - Jadwal Penting

SBMPTN 2013 - Jadwal Penting SBMPTN. Berikut ini adalah tanggal-tangal penting seputar jadwal SBMPTN 2013.

SBMPTN 2013

Pendaftaran SBMPTN 2013

Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  3. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  4. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.
. 

Pelaksanaan Ujian tertulis SBMPTN 2013
18 - 19 Juni 2013

Pelaksanaan Ujian Keterampilan SBMPTN 2013
20 dan/atau 21 Juni 2013  

Pengumuman Hasil Ujian SMBPTN 2013
12 Juli 2013 Pukul 17.00 WIB

Baca »»  

Formulir Pendaftaran Sbmptn 2013

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Sbmptn 2013. Untuk Panduan atau Cara mengisi Data Formulir Pendaftaran SBMPTN 2013 Secara Online ini disajikan dalam bentuk video dalam format MP4, sehingga anda harus MENDOWNLOAD terlebih dahulu untuk melihatnya, untuk membuka Video Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013 tersebut anda dapat menggunakan software pemutar Video seperti : GOM, K-Lite, VLC ( Klik Download ) atau Satsuki (Klik Download ). Untuk mendapatkan Video cara pengisian form pendaftara SBMPTN 2013 Kelompok Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPC) anda bisa melihatnya di bawah ini:
Formulir Pendaftaran Sbmptn


Cara Pengisian Formulir Pendaftaran SBMPTN 2013 Kelompok Ujian Soshum :











Cara Pengisian Formulir Pendaftaran SBMPTN 2013 Kelompok Ujian Campuran :
Baca »»  

Pendaftaran SBMPTN Dimulai, Waspadai Website Palsu !!

SITUS PALSU SBMPTNPendaftaran SBMPTN Dimulai, Waspadai Website Palsu. Jakarta - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah bisa dilakukan mulai hari ini sampai 17 Juni nanti. Pendafataran diarahkan kepada pendaftaran online melalui situs resmi SBMPTN.

Namun pendaftar perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan maraknya website palsu untuk SBMPTN yang sengaja dibuat oleh oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan.

Mereka akan mencantumkan nomor rekening palsu untuk pembayaran pendaftaran ujian  SBMPTN 2013

Panitia SBMPTN Universitas Airlangga, Bagus Ani Putra mengimbau agar berhati-hati saat melakukan pendaftaran online SBMPTN.

Dosen Psikologi ini menegaskan bahwa website untuk SBMPTN yang benar adalah www.sbmptn.or.id

"Biasanya website palsu memberikan nomor rekening palsu. Kalau pendaftar nggak teliti, bisa salah dan tertipu. Ratusan ribu bisa melayang," ujarnya saat jumpa pers dengan wartawan di Unair, Senin (13/5/13).

SBMPTN sendiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui serangkaian tes tertulis dan tes keterampilan yang mengarah kepada jurusan sesuai minat pendaftar.

SBMPTN bisa diikuti oleh lulusan tahun 2011 dan 2012 yang ingin masuk PTN.

Ujian SBMPTN sendiri akan dilaksanakan serempak di seluruh wilayah tanah air pada tanggal 18 dan 19 Juni 2013.

Namun pasca berakhirnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), para calon mahasiswa nampaknya belum melirik Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hal ini dikarenakan para pendaftar masih menunggu hasil ujian SNMPTN yang akan diumumkan pada tanggal 28 Mei nanti. (tyo/tyo)
Baca »»  

Bidikmisi SBMPTN

Bidikmisi Sbmptn
Bidikmisi SBMPTN. Program Bidikmisi adalah program yang disiapkan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan dari keluarga tidak mampu namum memiliki prestasi yang bagus. Pada kesempatan ini admin akan membahas semua hal mengenai Program Bidikmisi Jalur SBMPTN 2013. Dibawah ini admin akan menjelaskan beberapa hal mengenai Bidikmisi SBMPTN 2013, silahkan dibaca dan dipahami sebaik mungkin, agar adik-adik lebih mudah dalam mengikuti proses pendaftaran peserta Bidikmisi Sbmptn.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN 2013 adalah : 28 April 2013 s/d 2 Juni 2013 18.00
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013;
  2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    a. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
    c. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 4, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  6. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id
Cara Pendaftaran Program Bidik Misi SBMPTN 2013
Prosedur pendaftaran program Bidikmisi 2013 adalah sebagaimana dijelaskan sebagai berikut
Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut:
  1. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
  2. Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  3. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
  4. Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus 2013 dan sudah lulus 2012 dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
  5. Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
  6. Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran SBMPTN.
Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi SBMPTN :
  1. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
  2. Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
  3. Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
  4. Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
  5. Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
  6. Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.
  7. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1
Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke Perguruan Tinggi (PT) yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa. Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait. Pendaftaran Seleksi masuk: Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri) Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut. Mengikuti Seleksi masuk: Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi Pendaftaran Ulang Program Bidikmisi: Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi. 

Baca »»  

KAP DAN PIN SBMPTN

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang begitu sering diterima oleh admin www.e-sbmptn.com, ternyata masih banyak dari adik-adik yang masih belum mengerti tentang apa itu KAP dan PIN SBMPTN ??. Disini Admin E-SBMPTN akan mengulas dan membahas tentang kegunaan KAP dan PIN serta bagaimana cara mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN.

KAP (Kode Akses Pendaftaran) adalah suatu kode yang harus digunakan pada saat melakukan pendaftaran Sbmptn secara online. Selain KAP, digunakan juga PIN atau bisa dikatakan Sandi yang harus digunakan untuk login ke situs http://ujian.sbmptn.or.id untuk melakukan data peserta ujian tes SBMPTN. Jadi Kedua-duanya KAP dan PIN harus digunakan pada saat login ke situs pendaftaran SBMPTN, jika salah satu saja tidak ada (KAP atau PIN) maka proses login tidak akan berhasil.

Lalu bagaimana cara mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN ini ?? Salah satu caranya adalah dengan melakukan pembayaran biaya tes SBMPTN terlebih dahulu ke Cabang Bank Mandiri. Setelah melakukan pembayaran biaya sesuai kelompok ujian ( Saintek, Soshum, atau Campuran) pihak bank (Teller) akan memberikan KAP dan PIN SBMPTN tersebut. Dan jika memang adik-adik masih ragu dan bingung, silahkan ditanyakan kembali kepada pihak Teller , mana yang merupakan KAP dan mana yang merupakan PIN SBMPTN tersebut. Langkah selanjutnya adalah menggunakan KAP dan PIN tersebut untuk melakukan login dan pendaftara SBMPTN Secara Online.
SBMPTN-2013

Untuk Cara / proses Login Menggunakan KAP dan PIN, Silahkan Klik di : Proses Login SBMPTN 2013. Untuk Prediksi Soal SBMPTN dan Pembahasan, Silahkan Klik DISINI. Semoga dengan adanya artikel ini adik-adik bisa lebih paham tentang penggunaan dan cara mendapatkan KAP dan PIN SBMPTN Tahun 2013.

Baca »»  

SBMPTN USU

SBMPTN USU. Pelaksanaan ujian Sbmptn tinggal menghitung hari, kepada adik-adik yang akan mengikuti tes tulis Sbmptn 2013 diharapkan lebih mempersiapkan diri dan mengetahui benar-benar tentang universitas yang akan adik pilih. Berikut ini beberapa informasi yang dapat admin www.e-sbmptn.com sajikan seputar pelaksanaan SBMPTN USU (Universitas Sumatera Utara). 

panitia SBMPTN USU

Alamat Panlok : Jl. Dr. T. Mansoer 9, Kampus USU, Medan 20155, Sumatera Utara  
Telepon : 061-8214033, 8214210, 8211212, 8211414, 8211416, 8213427, 8213211 
Website : http://www.usu.ac.id

Daya Tampung Kelompok Saintek >> KLIK DISINI
Daya Tampung Kelompok Soshum >> KLIK DISINI
Soal Prediksi SBMPTN USU >> KLIK DISINI
 
Baca »»  

Persyaratan Foto SBMPTN

Masih banyak adik-adik yang bingung ketika melakukan pengisian data SBMPTN terutama ketika memasukkan (meng-upoad) foto Sbmptn. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul seputar upload foto Sbmptn ini, misalnya : Ukuran Foto Sbmptn, Warna latar (background) foto Sbmptn, boleh tidak warna foto sbmptn hitam putih ?? apakah foto sbmptn harus sampai pinggang ?? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya. Melihat keadaan ini admin www.e-sbmptn.com berinisiatif membuat postingan Persyaratan Foto SBMPTN 2013 ini untuk membantu adik-adik agar lebih paham dan berhasil sewaktu melakukan upload foto sbmptn. Untuk Persyaratannya adik bisa lihat dibawah ini:

Persyaratan Foto SBMPTN 2013.
  • Pasfoto Sbmptn berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  • Ukuran file Pasfoto Sbmptn tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Kualitas gambar (foto) Sbmptn harus cukup tajam dan fokus.
  • Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  • Proporsi wajah antar 25% - 50% dari foto.
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
  • Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)
Nah, itulah persyaratan pas foto Sbmptn 2013 yang harus adik patuhi, untuh contoh-contoh foto Sbmptn yang baik dan benar, dapat adik lihat dibawah ini:

CONTOH PAS FOTO SBMPTN YANG BENAR DAN BAIK





Baca »»  

SYARAT UPLOAD FOTO SBMPTN 2013

SYARAT UPLOAD FOTO SBMPTN 2013.
  • Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  • Ukuran file Pasfoto tidak boleh lebih dari 100 KB.
  • Kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus.
  • Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  • Proporsi wajah antar 25% - 50% dari foto.
  • Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
  • Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan)

CONTOH PAS FOTO YANG BENAR DAN BAIK UTUK FOTO SBMPTN





Baca »»  

Pendaftar SBMPTN 2013 Mencapai 9000 Peserta di Hari Pertama

Peserta SBMPTN
Pendaftar SBMPTN 2013 Mencapai 9000 Peserta di Hari Pertama. Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari pertama (Senin, 13/5) sekitar 9.000-an orang. Ini masih sangat jauh dari target panitia SBMPTN yaitu 600 ribu orang.

Dihubungi pada Senin (13/5), Ketua Panitia SBMPTN Akhmaloka mengatakan pihaknya sudah memerkirakan jumlah pendaftar masih akan sedikit pada waktu-waktu awal pendaftaran.

Jumlah pendaftar diperkirakan akan meningkat usai pengumuman ujian nasional (UN) pada 24 Mei dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 28 Mei mendatang.

"Mulai 24 Mei saya rasa lonjakan pendaftar akan meningkat hingga di atas 50%," jelasnya. Ini terjadi karena para peserta masih banyak yang pikir-pikir sebelum menjatuhkan pilihan dan melihat hasil UN dan SNMPTN.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan karena baru hari pertama, panitia belum melakukan pemilahan peserta berdasarkan pilihan provinsi, PTN, dan program studi yang diambil. Pengategorian baru dapat dilakukan setidaknya seminggu setelah pendaftaran SBMPTN berlangsung.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara daring mulai dibuka pada Senin (13/5) pada pukul 08.00 WIB. Pendaftaran akan berlangsung hingga 7 Juni mendatang dan ditutup pada pukul 22.00. Pendaftaran dilakukan melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id.

Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan akan dilakukan pada 20 dan atau 21 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan berlaku untuk beberapa jurusan seperti olahraga, seni tari, seni musik, sendratasik, dan seni rupa atau desain.

Peserta memperebutkan 90 ribu kursi untuk SBMPTN dan 120 ribu kursi untuk SNMPTN. Sebanyak 62 PTN, termasuk PT yang dikelola Kementerian Agama sebanyak delapan, akan ambil bagian dalam SBMPTN 2013. PTN yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjumlah 54. (Vera Erwaty Ismainy)
Baca »»  

Cara Pengisian Form Pendaftaran Online SBMPTN 2013

Cara Pengisian Form Pendaftaran Online SBMPTN 2013. Pendaftaran online SBMPTN 2013 akan dimulai pada tanggal 13 Mei 2013. Sebelum melakukan pendaftaran online, terlebih dahulu anda harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN untuk memperoleh KAP dan PIN. KAP dan PIN inilah yang nantinya akan anda gunakan untuk mengakses dan melakukan pengisian data peserta SBMPTN 2013 di http://ujian.sbmptn.or.id. 

Pencetakan Kartu Ujian SBMPTN

Cara atau Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013 ini disajikan dalam bentuk video dalam format MP4, sehingga anda harus MENDOWNLOAD terlebih dahulu untuk melihatnya, untuk membuka Video Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013tersebut anda dapat menggunakan software pemutar Video seperti : GOM, K-Lite, VLC ( Klik Download ) atau Satsuki (Klik Download ). Untuk mendapatkan Video cara pengisian form pendaftara SBMPTN 2013 Kelompok Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPC) anda bisa melihatnya di bawah ini:


Cara Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013 Kelompok Ujian Soshum :











Cara Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013 Kelompok Ujian Campuran :
Baca »»  

Antisipasi Perjokian SBMPTN Dengan POB

Antisipasi Perjokian SBMPTN Dengan POB. SEMARANG, suaramerdeka.com - Praktik perjokian dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah di antisipasi oleh panitia pusat dan disosialisasikan ke masing-masing PTN. Adapun, dalam pengelolaan dan pelaksanaan proses seleksi tersebut berpedoman pada prosedur operasional baku (POB) yang ditetapkan panitia SBMPTN pusat. 


Joki SBMPTN

Pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr Agus Wahyudin mengatakan, dalam seleksi masuk PTN seluruh aspek pendaftaran hingga pelaksanaan atau saat ujian berpedoman pada POB. Pedoman itu sendiri ditetapkan oleh panitia seleksi pusat dan bertanggung jawab pada forum rektor se-Indonesia.


''Perjokian sudah diantisipasi secara dini, termasuk di Unnes sendiri. Kita pun dapat mengingat bagaimana praktik perjokian dapat tertangkap saat ujian SNMPTN 2010 lalu di Unnes. Upaya kecurangan tersebut dapat tercium, karena kewaspadaan pengawas dalam mengawasi ujian,'' ungkapnya.

Diketahui, sebelum pelaksanaan ujian SBMPTN panitia selalu memberikan pengarahan kepada pengawas. Dan hal itu dilakukan secara berulang setiap tahunnya agar dapat melaksanakan pengawasan yang efektif, namun memberikan suasana nyaman pada peserta saat ujian.

Agus menjelaskan, untuk mengantisipasi peserta dari praktik perjokian pihak panitia juga telah menetapkan aturan. Diantaranya, tidak boleh membawa buku atau alat komunikasi model apapun yang berguna untuk mempermudah perjokian. Selain itu, dalam ujian tersebut juga terdapat beberapa varian soal sehingga tidak memungkinkan bagi peserta untuk berbuat curang. 

''Gerak peserta pun akan dijaga ketat karena pengawas akan mengawasi peserta dalam jumlah terbatas. Paling tidak 10 peserta akan diawasi oleh satu pengawas,'' kata Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes itu.
Baca »»  

Antrean Pendaftaran SBMPTN 2013

Antrean Pendaftaran SBMPTN 2013. MAKASSAR -- Model Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menunjukkan hasil yang lebih baik dari sistem sebelumnya. Setidaknya, calon mahasiswa tidak perlu lagi berdesak-desakan saat melakukan pendaftaran. Tapi, buktinya, proses pendaftaran SBMPTN di Unhas dan UNM, Sulawesi Selatan hingga hari kedua Selasa (14/5) masih terlihat antre di bank mitra kampus tersebut.

Antre Pembayaran SBMPTN 
Hanya saja, antrean masih berjalan tertib. Ini karena proses pendaftaran dengan terlebih dahulu mengambil Personal Identifikasi Number (PIN) untuk login pendaftaran secara online bisa dilakukan di autlet Bank Mandiri manapun. Hal ini membuat peserta tidak terkonsentrasi pada satu tempat saja. Melainkan bisa memilih tempat lain yang dianggap paling dekat dengan tempat tinggalnya.     
 
Kepala Bagian Humas Unhas, Iqbal Sultan mengatakan model ini memang diterapkan untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan dalam hal seleksi masuk. Selain itu, kata dia, akan mengubah kondisi yang selama ini sering terjadi penumpukan peserta menjadi lebih terakomodasi. Apalagi, dengan bekerja sama dengan perbankan, maka pekerjaan dalam penerimaan mahasiswa menjadi lebih ringan karena peserta tinggal berhubungan dengan bank.
      
"Iya syukurlah, model itu memang tidak membuat antrean mahasiswa. Sekarang ini pantauan di Bank Mandiri Unhas juga tidak terlihat calon mahasiswa berdesak-desakan. Sejauh ini terlihat normal saja. Pengaturan juga pihak Bank Mandiri baik sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik," ucapnya.
      
Dia menambahkan jalur SBMPTN ini akan memperebutkan 30 persen kuota mahasiswa baru dari 5000 mahasiswa yang akan diterima Unhas tahun ini. Sebanyak 50 persen, kata Iqbal, sudah diisi jalur undangan, dan 20 persen disiapkan untuk jalur non subsidi. Dengan demikian, memang persaingannya ketat melalui jalur tertulis ini. Namun demikian, hasil yang didapatkan dari seleksi tersebut juga diharapkan berkualitas.
     
"Kalau berapa yang mendaftar sampai hari kedua, kami belum dapat angka pastinya. Mungkin setelah berjalan lima hari pendaftaran baru dapat diketahui. Sekarang kan masih berjalan pendaftarannya. Tapi di bagian akademik mungkin sudah mulai dihitung. Hanya kalau kami belum ada yang bisa diinformasikan terkait progres pendaftar," tambahnya.

Hal sama terjadi di UNM Jl AP Pettarani. Pendaftaran yang dibuka sejak Senin 13 Mei lalu itu, juga tampak terjadi antrean memadati pintu utama Bank Mandiri unit UNM.

Kendati pendaftaran SBMPTN sudah dilakukan secara online, masih ada saja calon pendaftar yang berdesak-desakan yang ingin memperoleh  bukti pembayaran (resi) yang berisi nomor identitas dan PIN SBMPTN yang akan dipergunakan saat pendaftaran on-line, padahal proses pembayaran bisa dilakukan di Bank Mandiri seluruh Indonesia.

Seorang calon pendaftar, Anugrah, 18, mengeluhkan panjangnya antrean di loket pembayaran. "Antreannya panjang sekali, jadi harus desak-desakan," ungkapnya.

Saat ditanya mengapa tidak mendaftar di daerahnya saja. Siswi SMAN 1 Pinrang itu mengatakan kalau di daerah dia mengaku belum terlalu paham dengan sistem pendaftaran online.

"Kalau di sini (UNM) prosesnya cepat dan mudah karena ada yang bantu proses pengisian formulir online saat pendaftaran, kalau dilakukan sendiri takutnya salah," kata Anugrah.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar, Prof Sofyan Salam, PhD, yang ditemui di ruangannya mengatakan, seleksi SBMPTN ini merupakan seleksi tes tertulis bagi calon mahasiswa yang lulus dari tahun 2011, 2012, dan 2013. Kuota untuk jalur SNMPTN 50 persen, SBMPTN 30 persen, dan selebihnya untuk jalur mandiri," ungkapnya.

Sofyan Salam menambahkan, meski pendaftaran dilakukan secara online, pihaknya tetap menyiapkan relawan yang membantu calon pendaftar, karena pengalaman tahun sebelumnya beberapa calon pendaftar masih belum paham dengan sistem online.

Untuk tahun ini UNM menyiapkan kuota kursi untuk jalur SBMPTN sebanyak 5 ribu kursi, untuk jalur bidikmisi mendapatkan perlakuan khusus karena semua biaya  ditanggung pemerintah dan diberikan uang saku Rp650 ribu per bulan. (fajar)
Baca »»  

Sebanyak 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN

Sebanyak 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN. JAKARTA - Sekira 600 ribu peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) akan memperebutkan 90 ribu kursi di 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.
SBMPTN 2013

"Tahun kemarin (peserta SNMPTN Tulis) 618 ribu," tukas Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013 Akhmaloka, seperti disitat dari laman Kemendikbud, di Jakarta, Senin (13/5/2013). SBMPTN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 62 PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis.

Pendaftaran SBMPTN 2013 dilakukan secara daring atau online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memperkirakan, jumlah peserta tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Skema dari ujian masuk PTN pada tahun ini, tambahnya, berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu ada dua jenis ujian, yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi Mandiri, maka tahun ini ada tiga jenis ujian dengan adanya SBMPTN.

Sedangkan SBMPTN pada tahun ini adalah jalur tertulis pada tahun lalu. "SNMPTN pada tahun ini sebenarnya disebut jalur undangan pada tahun lalu," katanya. (ade)

Baca »»  

Tips Menjawab Soal SBMPTN Bentuk Pilihan 1, 2, 3, 4

Tips Menjawab Soal SBMPTN 2013
Tips Menjawab Soal SBMPTN Bentuk Pilihan 1, 2, 3, 4. Pintar saja belum cukup untuk menjawab soal-soal SBMPTN 2013 nanti. Perlu strategi untuk menjawab soal-soal agar bisa diterima di PTN yang kita inginkan. Ada banyak soal yang diujikan nanti pada tes SBMPTN. Jadi kamu harus memiliki cara / tips tersendiri untuk menyelesaikannya. A d m i n akan berbagi Tips untuk menyelesaikan soal bentuk pilihan 1, 2, 3, dan 4. Bentuk soal ini sangat memakan waktu dalam mengerjakan soal SBMPTN nanti. Jadi Tips untuk mengerjakannya adalah sebagai berikut. Simaklah dan pahami dari soal dan langkah-langkah untuk menjawabnya.

Jika soal berbentuk pilihan 1, 2, 3, 4 maka pilihlah:
( A ). Jika pernyataan 1,2, dan 3 benar.
( B ). Jika pernyataan 1 dan 3 benar.
( C ). Jika pernyataan 2 dan 4 benar.
( D ). Jika pernyataan 4 saja yang benar.
( E ). Jika semua pernyataan benar.
 
Langkah terpendek untuk menjawab tipe soal diatas adalah sebagai berikut:
  • Cek kebenaran untuk pernyataan 4 terlebih dahulu. Jika ini benar kemungkinan jawabannya (C), (D) atau (E). Namun jika pernyataan 4 salah maka pilihannya adalah ( A ) dan ( B). Untuk itu lanjutkan dengan mengececk kebenaran pada pernyataan ke 2.
 
  • Cek pernyataan ke2. Apa bila pernyataan 4 dan 2 benar, maka kemungkinan jawaban adalah ( C ) atau ( E ). Kalau pernyataan ke 4 benar dan pernyataan 2 salah, Sudah pastinya pilihan adalh ( D ). Sedangkan kalau pernyataan 4 salah dan 2 benar, kemungkinan jawaban ( A ) atau ( B ). apabila pernyataan 4 dan 2 salah maka sudah pasti jawabannya adalah (B).
 
  • Ceck sekali lagi pernyataan 1 atau 3 ( salah satu saja ). Apabila 4, 2 ( 1 atau 3 ) Benar , maka sudah pasti jawabannya adalah ( E ). Apabhila 4 benar, 2 benar, ( 1 atau 3 ) salah, Sudah pasti jawabannya ( C ). Apabila 4 salah, 2 benar, ( 1 atau 3 ) benar maka jawabannya adalah ( A ).
Demikianlah Tips Menjawab Soal SBMPTN Bentuk Pilihan 1, 2, 3, 4 ini, semoga adik-adik semua lulus di PTN Favorit impian adik-adik masing-masing. Akhir kata, semoga bermanfaat.
 
Baca »»  

SBMPTN di Bandung Gunakan 2 Ribu Kelas dan Libatkan 5 Ribu Pengawas

SBMPTN di Bandung Gunakan 2 Ribu Kelas dan Libatkan 5 Ribu Pengawas. Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Bandung 2013 menyiapkan kuota 40rb peserta dari 11.603 orang yang akan diterima di tempat perguruan tinggi di wilayah Bandung. Untuk pelaksanaan ujian SBMPTN akan digunakan 2 ribu ruang kelas. Ruangan yang digunakan itu tersebar di beberapa sekolah SMA, SMP, dan SD.
 
Sbmptn Bandung

Pihak sekolah banyak yang menyambut baik agar tempat atau ruangan sekolahnya dijadikan tempat ujian SBMPTN, bahkan banyak juga sekolah-sekolah yang mengajukan diri untuk di tempati ruangannya. Tapi panitia mempertimbangkan beberapa hal untuk memilih sekolah sebagai tempak untuk berlangsungnya ujian nanti.

Salah satu persyaratannya adalah sekolah mudah dijangkau kendaraan umum. Selain itu, minimal di satu lokasi ada 10 ruangan untuk ujian dan satu untuk sekretariat.

Sementara itu untuk pengawas, Panlok akan menggunakan jasa 5 ribu orang dan bekerja sama dengan sekolah yang bersangkutan atau guru-guru dari sekolah yang ditempati.

Untuk satu ruang kelas, nantinya akan diisi 20 peserta ujian. Sementara satu pengawas akan mengawasi 10 peserta. Sehingga dalam satu ruangan ada 2 pengawas yang akan menjaga berlangsungnya ujian SBMPTN.

Untuk menjaga kondisivitas dan kelancaran ujian SBMPTN , Pnlok sudah menyiapkan beberapa stategi, termasuk mengantisipasi kemungkinan adanya joki.
Baca »»  

Daya Tampung UNTIRTA Jalur SBMPTN 2013

Daya Tampung UNTIRTA Jalur SBMPTN 2013. Kuota Sbmptn Untirta 2013. Untuk mengetahui kuota UNTIRTA Tahun 2013 atau daya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jalur SBMPTN 2013 baik Kelompok Saintek maupun Soshum, Adik-adik dapat melihatnya pada daftar Kuota SBMPTN Untirta 2013 di bawah ini:

Kuota Sbmptn Untirta

Nama PTN : UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
Kelompok : SAINTEK

Kode. Nama Prodi
Daya Tampung 2013. Peminat 2012.
381012 TEKNIK MESIN
20 346
381026 TEKNIK ELEKTRO
20 295
381034 TEKNIK INDUSTRI
20 622
381042 TEKNIK METALURGI
20 385
381056 TEKNIK KIMIA
20 408
381064 TEKNIK SIPIL
20 436
381072 AGRIBISNIS
26 436
381086 AGROEKOTEKNOLOGI
26 203
381094 PERIKANAN
18 195
381101 PENDIDIKAN BIOLOGI
14 974
381115 PENDIDIKAN MATEMATIKA
14 714

Kelompok : SOSHUM
Kode. Nama Prodi
Daya Tampung 2013. Peminat 2012.
382014 ILMU HUKUM
56 670
382022 MANAJEMEN
22 1246
382036 AKUNTANSI
22 1172
382044 EKONOMI PEMBANGUNAN
22 380
382052 ADMINISTRASI NEGARA
30 741
382066 ILMU KOMUNIKASI
30 988
382074 PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
16 156
382082 PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
16 613
382096 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
24 759
382103 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
24 1119
382111 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
24 182

Baca »»  

Alamat Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN

Alamat Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN. Panlok SBMPTN 2013. Untuk milihat panlok penyelenggaraan Sbmptn masing-masing PTN adik-adik bisa lihat daftar nya dibawah ini, bagi Universitas / PTN yang data Panlok SBMPTN nya belum tertera disini, nanti akan di update kembali.
Data Panitia Lokal Sbmptn
Universitas Syah Kuala, Banda Aceh
PANLOK 11 Alamat : Kampus Unsyiah, Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh 23111 Telepon : (0651) 51977 (10 saluran), 51039, 52721, 52730, 53408 Website : http://www.unsyiah.ac.id

Universitas Negeri Medan
PANLOK 14 Alamat : Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Provinsi Sumatera Utara Telepon : 6261-6613365 Website : http://www.unimed.ac.id

Universitas Sumatera Utara
PANLOK 15 Alamat : Jl. Dr. T. Mansoer 9, Kampus USU, Medan 20155, Sumatera Utara Telepon : 061-8214033, 8214210, 8211212, 8211414, 8211416, 8213427, 8213211 Website : http://www.usu.ac.id
Universitas Negeri Padang
PANLOK 17 Alamat : Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang - Sumatera Barat Telepon : 0751-71301 Website : http://www.unp.ac.id

Universitas Riau
PANLOK 19 Alamat : Binawidya Km. 12.5 Simpang Baru Pekanbaru 28293, Riau Telepon : 0761-63266 Website : http://www.unri.ac.id

Universitas Jambi
PANLOK 21 Alamat : Balariung Lt.2 Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak, Mendalo. Jambi 36361 Telepon : 0741-582625 Website : http://www.unja.ac.id

Universitas Sriwijaya, Palembang
PANLOK 23 Alamat : Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662 Telepon : 0711 580169 - 580358 Website : http://www.unsri.ac.id

Universitas Bengkulu
PANLOK 25 Alamat : Jl. Raya Kandang Limun, Bengkulu 3871 Telepon : 0736-21170 Website : http://www.unib.ac.id

Universitas Lampung
PANLOK 27 Alamat : Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1 Banadarlampung, 35145, lampung Telepon : 0721-701609 Website : http://www.unila.ac.id

Universitas Negeri Jakarta
PANLOK 30 Alamat : Jl. Rawamangun Muka Jakarta 13220, Indonesia Telepon : 021-4893438 Website : http://www.unj.ac.id

Institut Pertanian Bogor
PANLOK 33 Jalan Raya Pajajaran, Kampus IPB Baranangsiang, Bogor 16127. Telp/Fax : 0251-8324597 Email : snmptnplbogor@ipb.ac.id / snmptnplbogor@ipb.ac.id

Universitas Padjadjaran, Bandung
PANLOK 34 Alamat Ketua Panlok: Kampus Iwa Koesoema Soemantri, Jl. Dipati Ukur 35, Bandung 40132, Jawa Barat Telpon : (022) 2503271 – 2503277. Website : http://unpad.ac.id Alamat Helpdesk : Ge...

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
PANLOK 38 Alamat : Jl.Raya Jakarta Km. 4, Pakupatan, Serang, Banten Telepon : 0254-280330 Website : http://www.untirta.ac.id

Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto
PANLOK 41 Alamat : Kampus I: Jl. Prof. dr. H. R. Boenjamin 708, Kotak Pos 15, Purwokerto 53122. Kampus II: Jl. dr. Suparno, Karangwangkal, Purwokerto. Telepon : (0281) 635292, 635293, 63529...

Universitas Negeri Semarang
PANLOK 42 Alamat : Gedung Rektorat (H) Lantai I, Kampus Unnes Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229. Telepon / Fax : 024-8508084 Website : http://unnes.ac.id

Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo
PANLOK 44 Alamat : Jl. Ir Sutami 36A Solo Telepon: 0271-634880 (direct) 0271-646994 psw 358 atau psw 373 Website : http://www.uns.ac.id

Universitas Negeri Yogyakarta
PANLOK 46 Alamat : Jl.Colombo, Jogjakarta Telepon : 0274-586168 Website : http://www.uny.ac.id

Universitas Airlangga, Surabaya
PANLOK 50 Alamat : Jl.Airlangga No.4-6 Surabaya, Jawa Timur Telepon : 031-5031983, 031-5342557 Website : http://www.unair.ac.id
Universitas Negeri Malang
PANLOK 55 Alamat : Jl Semarang 5 Malang 65145 Telepon : (0341) 551312 Website : http://www.um.ac.id

Universitas Brawijaya
PANLOK 55 Alamat : Gedung Rektorat Universitas Brawijaya Lantai 2, Jl. Veteran Malang Telp : 0341-575754 Email: panlokmalang@ub.ac.id Website: http://ub.ac.id

Universitas Jember
PANLOK 58 Alamat : Jl. Kalimantan II/24, Kampus Bumi Tegal Boto, Jember 68121, Jawa Timur Telepon : 0331-330224, 336870, 337422, 339029 Website : http://www.unej.ac.id

Universitas Udayana, Denpasar Bali
PANLOK 63 Alamat : Kampus Bukit Jimbaran, Denpasar 80361, Bali Telepon : 0361-701812, 701954, 701797 Website : http://www.unud.ac.id

Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja Bali
PANLOK 64 Alamat : Jl. Ahmad Yani 87 Singaraja Telepon : 0362-22570 Website : http://www.undiksha.ac.id

Universitas Mataram
PANLOK 65 Alamat : Jl. Majapahit 62, Mataram 83125, Lombok, Nusa Tenggara Barat Telepon : (0370) 633007 (0370) 638334 Fax : (0370) 636041 Website : http://www.unram.ac.id

Universitas Nusa Cendana, Kupang
PANLOK 66 Alamat : Jl. Adi Sucipto, Penfui, P.O. Box 104, Kupang 85001, Nusa Tenggara Timur Telepon : 0380-881580, 821674 Website : http://www.undana.ac.id

Universitas Tanjungpura, Pontianak
PANLOK 71 Alamat: Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Lt.1. Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pontianak 78124 Kalimantan Barat Telepon: 0561-739636, 0561-740189 Fax: 0561-739636 Website: http://www.unt...

Universitas Palangkaraya
PANLOK 73 Alamat : Kampus Unpar Tunjung Nyaho, Jl. Yos Sudarso, Palangkaraya 73112, Kalimantan Tengah Telepon : 0536-20445, 20446, 20447 Website : http://www.upr.ac.id

Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
PANLOK 75 Alamat : Brigjen. H. Hasan Basri, Kotak Pos 219, Banjarmasin 70123, Kalimantan Selatan Telepon : (0511) 54177, 54195, 361294 Website : http://www.unlam.ac.id

Universitas Mulawarman, Samarinda
PANLOK 77 Alamat : Kampus Gunung Kelua, Jl. Kuaro I / 5, Kotak Pos 1068, Samarinda 75119, Kalimantan Timur Telepon : 0541-741118, 741797 Website : http://www.unmul.ac.id

Universitas Negeri Makassar
PANLOK 80 Alamat : Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar, Sulawesi Selatan Telepon : (0411) 869854, 860468, 868794, 868942, 868943, 868930, 876587 Website : http://www.unm.ac.id

Universitas Hasanuddin, Makassar
PANLOK 82 Alamat : Kampus I - Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea, Makassar 90245, Sulawesi Selatan Telepon : (0411) 586200, 586107, 584002, 586028 Website : http://www.unhas.ac.id

Universitas Tadulako, Palu
PANLOK 83 Alamat : Kampus Bumi Tadulako Tondo Jl. Sukarno Hatta Km. 9 Palu Sulawesi Tengah 94111 Telepon: (0451)422611 - 422355 Fax: (0451)422844 Email: untad@untad.ac.id Website : http://www....

Universitas Haluoleo, Kendari
PANLOK 84 Alamat : Kampus Baru - Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari 93232, Sulawesi Tenggara Telepon : 0401-394163, 390105, 392049, 390403 Website : http://www.unhalu.ac.id

Universitas Negeri Gorontalo
PANLOK 86 Alamat : Kampus I - Jln. Jenderal Sudirman 6, Kotak Pos 5 Gorontalo 96128 Telepon : 0435-821125 Website : http://www.ung.ac.id

Universitas Sam Ratulangi, Manado
PANLOK 87 Alamat : Kampus Unsrat Bahu, Manado 95115, Sulawesi Utara Telepon : 0431-863786, 864286, 863686, 856292-3, 863886, 863586, 861769 Website : http://www.unsrat.ac.id

Universitas Negeri Manado
Alamat : Kampus Universitas Negeri Manado, Tondano 95618, Sulawesi Utara. Telepon : 0431-321845, 321846, 321847 Website : http://www.unima.ac.id

Universitas Pattimura, Ambon
PANLOK 93 Alamat : Kampus Unpatti, Jl. Ir. M. Putuhena, Poka, Ambon, Maluku Telepon : (0911) 353974, 311569, 311570, 379520, 316015, 325945, 69325 Website : http://www.unpatti.com

Universitas Cendrawasih, Jayapura
PANLOK 94 Alamat : Kampus Baru Waena, Jl. Raya Sentani Abepura, PO Box 442, Jayapura, Papua Telepon : 0967-572101, 572106, 572108,572110 Website : http://www.uncend.ac.id

Universitas Khairun, Ternate
PANLOK 95 Alamat : Bandara Babullah Telepon : 0921-21-550 Website : http://www.unkhair.ac.id

Universitas Negeri Papua
PANLOK 96 Alamat : Gunung Salju, Amban Telepon : 0986-211974, 211754 Website : http://www.unipa.ac.id
Baca »»