JENIS UJIAN KETERAMPILAN SBMPTN 2017/2018

Ujian Keterampilan SBMPTN

JENIS UJIAN KETERAMPILAN SBMPTN 2017/2018 


A. Bidang Seni

UK Seni terdiri dari:
  1. UK Seni Rupa berupa Tes Menggambar (Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara ATAU tes potensi kreatif)
  2. UK Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
  3. UK Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
  4. UK Seni Drama/Teater berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim, serta Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).

Peserta wajib mengikuti Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan program studinya.


B. Bidang Keolahragaan:

UK Olahraga meliputi 2 (dua) jenis tes yaitu:

1. Tes Kesehatan

Tes Kesehatan dilaksanakan di PTN penyelenggara ujian keterampilan dengan melibatkan tenaga medis (dokter atau perawat) sebagai pihak yang berkompeten memberikan rekomendasi kondisi SEHAT/ TIDAK SEHAT. Bagi PTN yang tidak memiliki tenaga medis yang memadai, dapat bekerjasama dengan instansi kesehatan terdekat untuk melaksanakan Tes Kesehatan dengan menggunakan borang data kesehatan yang tersedia. Pelaksanaan Tes Kesehatan di institusi kesehatan luar PTN dilakukan maksimal 7 (tujuh) hari sebelum Ujian Keterampilan OR.  

Rekomendasi kondisi SEHAT / TIDAK SEHAT bagi peserta bersifat mutlak dan menjadi syarat diperbolehkan/tidaknya peserta mengikuti Tes Keterampilan Motorik.
 

2. Tes Keterampilan Motorik, terdiri dari:
  • Lempar Tangkap Bola ke Dinding (Wallpass)
  • Lompat Tegak (Vertical Jump)
  • Tes Sit-up
  • Tes Push-up
  • Tes Kelincahan (Illinois Agility Run Test)
  • Daya Tahan kardiorespiratori (Lari 1600m)

Waktu Ujian Keterampilan SBMPTN 2017/2018


Ujian Keterampilan SBMTPN 2017 dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017 (Pkl 07:00-17:00 WIB). Jadwal pelaksanaan dapat dilihat di laman PTN yang menjadi tempat pilihan Ujian Keterampilan.
Peserta tidak harus mengikuti Ujian Keterampilan di PTN yang menjadi pilihannya, namun peserta wajib mengikuti Ujian Keterampilan di lokasi UK yang dipilih pada saat pendaftaran.

Hal yang Harus Diperhatikan Peserta Ujian Keterampilan


  1. Peserta ujian melakukan pendaftaran ulang UK sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan di Fakultas/Program Studi tempat pelaksanaan Ujian Keterampilan dengan menunjukkan Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2017.
  2. Peserta ujian wajib mengikuti tes keterampilan sesuai dengan Program Studi yang dipilihnya.
  3. Peserta ujian wajib membawa perlengkapan tes keterampilan sesuai dengan bidang yang dipilih:
  4. Keolahragaan: Perlengkapan olah raga (lengkap).
  5. Seni Rupa: Pensil (Pilihan B sampai dengan 6B), karet penghapus dan alas gambar ukuran A3 (420 x 297 mm). Kertas gambar disediakan oleh panitia ujian.
  6. Seni Tari: (i) rekaman iringan tari yang akan digunakan sesuai pilihan dalam bentuk CD/kaset/flashdisk dan (ii) pakaian latihan/praktek tari.
  7. Seni Drama/Teater: perlengkapan seni peran
  8. Seni Musik: peralatan musik sesuai dengan pilihan (kecuali piano atau drum)

Informasi lengkap mengenai waktu, lokasi, dan ruang/tempat penyelenggaraan Ujian Keterampilan sesuai bidang studi masing-masing, dapat dilihat di laman PTN tujuan atau yang menjadi pilihan mengikuti Ujian Keterampilan.
Tips dan Cara Jitu Lulus SBMPTN 2017
Bagi adik-adik ingin lulus SBMPTN di PTN Favorit tahun ini, kami sudah menyiapkan Ebook Lolos SBMPTN dan Prediksi Soal SBMPTN 2017/2018 yang lengkap dengan pembahasannya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2017/2018. Silahkan Klik Disini untuk informasi selengkapnya.

No comments:

Post a Comment