APA ITU PBT DAN CBT SBMPTN ?

[www.e-sbmptn.com] Apa itu PBT dan CBT SBMPTN?. Pengetian CBT dan PBT SBMPTN. Hal yang baru dilaksanakan pada ujian sbmptn 2016/2017 adalah diadakannya ujian sbmptn yang berbasis CBT. Pada tahun 2017 ini ujian sbmptn juga masih menyertakan jenis ujian Computer Based Testing (CBT) sebagai salah satu jenis ujian tertulis sbmptn, disamping sistem Paper Based Testing (PBT) yang memang sudah digunakan pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya. Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melakukan Ujian Nasional (UN) sistem CBT, tidak bingung lagi dengan istilah CBT ini. namun bagi adik-adik yang masih bingung apa itu PBT dan CBT SBMPTN? silahkan baca dan pahami penjelasan singkat di bawah ini mengenai ujian tertulis CBT dan PBT. 

Ujian CBT Sbmptn
Computer Based Testing (CBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi.

Paper Based Testing (PBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawab soal juga meggunakan kertas (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya (2015, 2014, 2013). Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat ujian yang digunakan saja, kalau CBT menggunakan Komputer sedangkan PBT menggunakan Kertas.

Untuk jadwal dan jenis ujian PBT & CBT SBMPTN 2017/2018 bisa adik-adik lihat melalui penjelasan di bawah ini:

Jadwal Ujian CBT dan PBT SBMPTN 2017 

Ujian Tertulis (PBT dan CBT) SBMPTN 2017
Ujian SBMPTN PBT dan CBT dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 16 Mei 2017 

Ujian Keterampilan SBMPTN 2017
Ujian Keterampilan SBMPTN dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017 

Jenis Ujian SBMPTN 2017 

Jenis SBMPTN terdiri dari Ujian Tertulis (PBT atau CBT) dan Ujian Keterampilan. 

Ujian Tertulis (CBT atau PBT) SBMPTN
materi ujian tertulis terdiri atas: 
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA). 
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. 
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. 
Ujian Keterampilan SBMPTN 
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari : 
  • Ujian Keterampilan seni rupa dengan mata uji tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa. 
  • Ujian Keterampilan seni tari dengan mata uji tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara). 
  • Ujian Keterampilan seni musik dengan mata uji tes musikalitas, tes praktik instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara). 
  • Ujian Keterampilan seni drama/teater dengan mata uji tes praktik monolog, tes pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara) 
  • Ujian Keterampilan olahraga dengan mata uji tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  • Peserta dapat mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Demikianlah penjelasan mengenai Sistem ujian Sbmptn yang menggunakan CBT dan PBT, semoga bermanfaat. Bagi adik-adik yang ingin memiliki Ebook Lolos SBMPTN dan Prediksi soal sbmptn 2017/2018 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem CBT bisa klik disini !!!.

No comments:

Post a Comment