PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR MASALAH PENDAFTARAN SBMPTN 2016/2017

Pertanyaan dan Jawaban seputar SBMPTN 2016 ini mencakup berbagai hal yang sering ditanyakan oleh adik-adik terkait pendaftaran SBMPTN dan hubungannya dengan SNMPTN dan BIDIKMISI. Oleh karena itu admin www.e-sbmptn.com merangkum kesemua pertanyaan tersebut dan menyediakan jawaban yang disadur dari http://halo.sbmptn.ac.id/. Silahkan disimak Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pelaksanaan Pendaftaran SBMPTN 2016/2017 

Bagaimana Cara Pendaftaran SBMPTN 2016/2017 ?
Jawab:
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  mulai tanggal 18 April 2016.
  3. Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Apakah pendaftaran siswa di SBMPTN mempengaruhi proses seleksi SNMPTN?
Jawab:
Proses SBMPTN dan SNMPTN adalah proses seleksi yang berbeda sehingga tidak ada pengaruhnya jika peserta SNMPTN mendaftar SBMPTN.

Catatan, jika siswa dinyatakan diterima di SNMPTN kemudian tidak melakukan Her Registrasi dan verifiksi nilai di universitas dimana dia diterima maka status penerimaannya di SNMPTN menjadi gugur. Perlu diketahui pelaksanaan Her Registrasi dan Verifikasi nilai tersebut dilakukan bersamaan dengan ujian CBT dan PBT SBMPTN. karena tidak dimungkin kan dalam satu waktu siswa ada di tempat yang sama.

Berapa Biaya pendaftaran SBMPTN 2016/2017 ? 
Jawab:
  1. Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui salah satu bank berikut ini: Bank Mandiri atau Bank BNI.
  3. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
 
Apa benar misalkan calon peserta bidik misi ngambil pin atau kap sbmptn sekarang snmptnya hangus? Walaupum belum sempat mengisi forlmulir sbmptn ?
Jawab:
untuk peserta SNMPTN yang berstatus bidikmisi disarankan untuk melakukan pendaftaran nanti setelah pengumuman. Hal ini di lakukan agar nanti ketika peserta SNMPTN dinyatakan di terima dan masih ingin ikut SBMPTN maka PIN dan KAP bidikmisi tidak bisa digunakan artinya harus membayar seperti peserta reguler.

Tetapi bagi peserta SNMPTN yang tidak lolos seleksi bisa melanjutkan pendaftaran dengan menggunakan PIN dan KAP bidikmisi tanpa harus membayar.


Bagaimana bagi peserta SBMPTN yg ingin mendftar BIDIKMISI namun belum mempunyai KAP & PIN apakah harus mengikuti pendaftaran SBMPTN yang berbayar (tidak gratis) ?
Jawab:

untuk calon peserta SBMPTN yang belum punya PIN dan KAP bidikmisi silahkan lakukan pendaftaran Bidikmisi terlebih dahulu melalui http://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi. setelah mendapatkan PIN dan KAP dari bidikmisi baru bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan PIN dan KAP yang didapat dari bidikmisi tersebut.


Apakah pendaftaran siswa di SBMPTN mempengaruhi proses seleksi SNMPTN ?
Jawab: 
Proses SBMPTN dan SNMPTN adalah proses seleksi yang berbeda sehingga tidak ada pengaruhnya jika peserta SNMPTN mendaftar SBMPTN.

Catatan, jika siswa dinyatakan diterima di SNMPTN kemudian tidak melakukan Her Registrasi dan verifiksi nilai di universitas dimana dia diterima maka status penerimaannya di SNMPTN menjadi gugur. Perlu diketahui pelaksanaan Her Registrasi dan Verifikasi nilai tersebut dilakukan bersamaan dengan ujian CBT dan PBT SBMPTN. karena tidak dimungkin kan dalam satu waktu siswa ada di tempat yang sama.


Apakah ada no rekening lain untuk pembayaran pendaftaran SBMPTN 2016/2017 ?

Jawab:
Untuk pembayaran SBMPTN 2016 , hanya dapat melalui Bank Mandiri dan Bank BNI, Panitia SBMPTN tidak bertanggung jawab atas pembayaran selain melalui kedua bank yang telah ditunjuk tersebut.


Bagaimana Syarat mengunggah Foto SBMPTN 2016/2017 ?

Jawab:
Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut:
1. Foto close up berwarna dengan Wajah siswa terlihat jelas
2. Pakaian rapi
3. Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
4. Format JPEG (.jpg)
5. Ukuran file tidak lebih dari 100 KB



Kapan Calon Penerima Bidikmisi dapat mendaftar di SBMPTN 2016?

Jawab:
untuk Calon penerima bidikmisi yang ikut seleksi SNMPTN baru bisa mendaftar SBMPTN 2016 mulai tanggal 11 Mei 2016 setelah pengumuman SNMPTN, jika Calon peserta dinyatakan lulus SNMPTN maka jika ingin ikut SBMPTN 2016 harus bayar seperti peserta reguler dengan menggunakan PIN dan KAP baru, tapi jika tidak di terima di SNMPTN maka bisa mendaftar di SBMPTN gratis dengan menggunakan PIN dan KAP lama

untuk calon penerima bidikmisi yang tidak mengikuti SNMPTN 2016 setelah memiliki PIN dan KAP bisa langsung mendaftar saat ini juga


Apakah lulusan SMA luar negeri bukan SRI bisa mendaftar di SBMPTN 2016/2017 ?

Jawab:
Bisa dengan catatan lulusan tersebut memiliki ijazah penyetaraan dari kemdikbud tahun 2014,2015,2016.


Bagaimana Cara Pembayaran Biaya Pendaftaran SBMPTN 2016/2017 ?
Jawab:
Untuk Panduan lengkap silahkan klik disini.


Bagaimana Cara Pembayaran SBMPTN 2016 melalui SMS Banking Mandiri ?

Jawab:
  1. Ketik : BYR<spasi>SBMPTN<spasi><nomor index rekening><spasi><Kode Bayar>, kirim ke 3355.
  2. Jika pesan untuk membayar berhasil, maka anda akan memperoleh pesan SMS dari 3355 untuk memasukkan PIN SMS Banking Bank Mandiri.
  3. Jika PIN SMS Banking Bank Mandiri yang dimasukkan benar, maka anda akan memperoleh pesan SMS dari 3355 yang berisi Kode Bayar, KAP, dan Nama pendaftar SBMPTN.

Bagaimana Cara Pembayaran SBMPTN 2016 melalui SMS Banking BNI ?
Jawab:
  1. Nasabah dapat melakukan pembayaran SBMPTN, dengan memasukkan perintah SMS (MO) dan mengirimkannya ke 3346 dengan format: PAY<spasi>SBMPTN<spasi>KODE BAYAR. KODE BAYAR terdiri dari 11 angka.
  2. Nasabah akan mendapatkan SMS response Inquiry (MT Inquiry) dengan parameter: Kode Bayar (KodeBayar), Nama (Nama), KAP (KAP), Tanggal Lahir (Tgl Lahir), Nominal (Rp)
    Contoh:
    DD/MM/YYYY Pembayaran SBMPTN KodeBayar:12345678901 KAP:123456-789012 NAMA:AGUS DARMAWAN Tgl Lahir 21031986 RP 200000. Reply dg PIN ke1&2
  3. Setelah Nasabah membalas dengan PIN yang sesuai, maka nasabah mendapatkan MT Completion dengan format: Kode Bayar (KodeBayar), Nama (Nama), KAP (KAP), Tanggal Lahir (Tgl Lahir), Nominal (Rp)
    Contoh:
    BNI SMS BANKING:DD/MM/YYYY Pembayaran SBMPTN KodeBayar:12345678901 KAP:123456-789012 NAMA:AGUS DARMAWAN Tgl Lahir 21031986 RP.200.000 berhasil. NoReff:123456

Jika Ada permasalahan yang masih kurang jelas kemana saya bisa menghubunginya ???
jawab:
Untuk permasalahan yang masih kurang jelas silahkan hubungi no di bawah ini:
Call Center SBMPTN
0804-1-456-456
Melayani setiap hari
pukul 08.00 - 20.00 WIB

Nah, demikianlah informasi seputar PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR MASALAH PENDAFTARAN SBMPTN 2016/2017. Bagi adik-adik yang belum lulus di SNMPTN jangan berkecil hati, raih kesempatan adik-adik untuk lulus di PTN Favorit melalui Ujian SBMPTN. Kami juga sudah menyiapkan Prediksi Soal SBMPTN 2016 yang lengkap dengan pembahasan dan materinnya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2016/2017. Jika berminat Silahkan Klik Disini !!.

Subscribe to receive free email updates:

85 Responses to "PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTAR MASALAH PENDAFTARAN SBMPTN 2016/2017"

  1. Bagaimana jika kartu sudah dicetak tapi salah pilih panlok?apakah kita bisa ambil KAP dan PIN yang baru lagi kemudian mendaftar ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar baru lagi jika ingin mengubah panlok dk,.
      namun harus membayar biaya pendaftaran kembali dk

      Delete
    2. Bagaimana jika sudah cetak kartu peserta. Apakah masih bisa daftar sbm lagi dgn nama yg sama?

      Delete
  2. Selamat malam Pak/bu ADMIN :D ,
    Saya mau nanya nih Pak/bu , masalah pengisian BIODATA
    " Nama yang akan ditulis dalam Lembar Jawaban Ujian (LJU) " itu apakah harus sesuai dengan " Nama Peserta sesuai yang tertulis dalam Ijazah " ?
    Atau bisa disingkat ?
    Mohon penjelasannya pak/bu admin :)
    Terimakasih pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama LJU boleh disingkat dk, tidak harus sesuai ijazah, namun jika khawatir ada kesalahan sesuaikan saja dengan yang di Ijazah ya dk.

      Delete
  3. Saya peserta bidikmisi tetapi tidak terdaftar dlm SNMPTN. Kapan saya dapat mendaftar SBMPTN ? Ada yang bilang walaupun tidak mengikuti SNMPTN, pendaftaran SBMPTN tetap tgl 11 mei. Mohon penjelasannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silhkan hubungi no di bawah ini untuk masalah adik agar lebih jelas dk, jangan denger kata orang ya dk.

      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
    2. Min mau tanya nih kalau udah cetak kartu tapi ternyata salah satu nomor. Di nomor tlp kira kira gimana?

      Delete
  4. Kapan terakhir bisa melakukan pembayaran sbmptn bagi yang lulus tahun 2015,dan kapan terakhir bisa mengirim biodatanya? Mohon jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pendaftaran SBMPTN terakhir 20 mei dk,. setelah pendaftaran biasanya waktu pembayaran ada 3 hari untuk pembayaran, jika sudah lewat maka daftar ulang lagi dan langsung bayar ke bank nya dk.

      Delete
  5. kalo tanda bukti resi pembayaran sbmptn saya hilang gimana ni kak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silhkan hubungi no di bawah ini untuk masalah adik

      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  6. kak gmana cara mendapatkan kembali pin yg hilang?, padahal sudah bayar pendaftaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silhkan hubungi no di bawah ini untuk masalah adik

      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  7. saya dari palembang tetapi saya ingin ikut SBMPTN di Jawa, apakah saya juga wajib ikut SBMPTN di PTN yang ada di Palembang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib pilih salah satu ptn di Palembang jika adik memilih 2 ptn atau lebih pada ujian SBMPTN, tapi jika hanya pilih satu ptn adik bisa pilih dimana saja dk.

      Delete
  8. kalau misalnya saya sudah daftar sbmptn lalu saya tdk membayar ,lalu saya daftar lagi,apakah bisa?

    ReplyDelete
  9. Min misalhnya sudah daftar tanggal 7 lalu dapat kode pembayaran nah pembayaran di lakukan sampai tanggal 10 tapi belum bayar-bayar, bisa tidak min kita daftar lagi?

    ReplyDelete
  10. Min kalau udah bayar sbmptn, tapi pengen daftar baru lagi karena ingin ganti jurusan bisa nggak?.lalu apakah itu berpengaruh ke penilaian sbmptnnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk,. tapi yang sudah terdaftar tidak bisa digunakan lagi dk dan harus membayar biaya pendaftaran lagi dk.

      Delete
  11. kak admin, saya salah isi tahun lahir, apakah bisa diperbaiki lagi? sudah melakukan pembayaran tetapi belum mengisi biodata selanjutnya (belum cetak tanda peserta), mohon bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi no Call Center SBMPTN di atas untuk menanyakan permasalahn adik.

      Delete
    2. kak admin saya sudah menghubungi call center mengenai perbaikan tanggal lahir akan tetapi tidak ada jawaban hanya musik yang berbunyi. itu bagaimana kak? mohon bantuannya terimakasih

      Delete
    3. Pertanyaan mba dian ninis sama dgn pertanyaan saya, tlg dijawab kak admin...

      Delete
    4. pertanyaan saya juga sama dengan mbak dian juga mbak desi, saya juga sudah tlvn berkali" tp nga ada jawaban

      Delete
    5. min saya juga mengalami kesalahan tahun lahir. bagaimana??

      Delete
  12. Min kalau udah cetak kartu tapi mau pindah ptn bisa gak yaa?? Apa harus daftar ulang

    ReplyDelete
  13. kalau sudah ada kartu ujian baru ada bioadata yang salah itu bagaimna? krn saya sudah telpon pihak panitia, itu harus buat akun baru atau daftar kembali, itu bagaimana, tolong d balas

    ReplyDelete
  14. maaf saya mau bertanya.. peluang lolosnya seleksi SBMPTN jalur bidikmisi dengan jalur reguler apa beda yaa.. mohon dijawab

    ReplyDelete
  15. Min bagaimana jika ada kesalahan pengisian tahun kelahiran tapi sudah melakukan pembayaran? apa harus mengulang permbayaran?

    ReplyDelete
  16. Min, bagaimana jika tulisan nama pada pendaftaran sbmptn tidak sesuai dengan tulisan nama di ijazah? Misalnya di ijazah SYA FITRI RINJANI, ketika pendaftaran saya membuat SYAFITRI RINJANI, apakah masih bisa diganti jima saya sudah membayar dan mendapatkan KAP dan PIN min?

    ReplyDelete
  17. kak kalo kita udah dsftar sbmptn tapi tiba2 pas pengumuman snmptn kita lulus. jd gimana kak?

    ReplyDelete
  18. Min gimana jika saya sudah daftar tapi kartu nya tidak saya cetak hanya saya capture lewat hp. Apa kah bisa? Tapi saya merasa ragu ingin daftar lagi lewat komputer. Jika saya daftar lagi apakah berbeda kap sama pin nya? Atau bagaimana. Mohon saran dan informasi nya, erima kasih.

    ReplyDelete
  19. min mau tanya, bagaimana kalau nama di bidikmisi tidak sesuai dengan di ijazah ? sedangkan kalau mau daftar sbmptn menggunakan pin dan kap bidikmisi nama harus sesuai dengan di ijazah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku juga ada permasalahn yang sama, nama di bidikmisi nggak sesuai sama yang di ijazah. kamu udah dapet solusinya belum?

      Delete
  20. Min, kapan terakhir pembayaran sbmptn ?. Ada ketentuannya gitu ?.

    ReplyDelete
  21. pak bu bagaimana kalo foto tidak muncul dalam kartu ? gmana cara memperbaikinya ?

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum .Maaf bapak dan ibu , saya mau tanya .dalam pendaftaran sbmptn pertama ,saya ada kesalahan dalam mengisi biodata pendidikan , selanjutnya saya bertekad untuk melakukan pendaftaran yang ke dua ,saya pun langsung mbayar lagi uang pendaftaran di bank . Setelah itu saya selesaikan pendaftaran yang kedua sampai di cetak kartunya. Tetapi kenapa akun saya saat pendaftaran pertama masih bisa di login kan ya , kan padahal saya sudah daftar lagi, terus bagaimana ,saya bingung ,apakah akun yang pertama dan kedua terpakai, atau yang pertama hangus dan yang kedua yang di gunakan dan bagaimana mengetahui semua itu ?.saya mohon bantuannya bapak dan ibu. Terimakasih bapak dan ibu Wassalamualaikum wr wb .

    ReplyDelete
  23. Ka saya mau tanya kalo saya udh daftar sbmptn tapi saya salah isi thn lahir(blm melakukan pembayaran) apa bisa daftar lagi?

    ReplyDelete
  24. min bagaimana kalau belum cetak kartu, sudah melakukan transaksi pembayaran tapi saat login kap dan pin katanya belum terdaftar???

    ReplyDelete
  25. Kak misalnya mau liat lagi biodata yg sudah kita isi gmna?soalnya ada yg salah

    ReplyDelete
  26. Kak misalnya mau liat lagi biodata yg sudah kita isi gmna?soalnya ada yg salah

    ReplyDelete
  27. Kak kalau misalnya milih 3 ptn tapi di wilayah 1 semua boleh gak ?

    ReplyDelete
  28. Ka kalo aku kan udah diterima snmptn ya diptn trs aku udh dftr sbm dan punya kap sama pin dan aku blm bayar ke bank tapi aku mau cancel aja sbmptnnya apa itu buat snmptn aku gugur ga?tolong dijawab ya makasih ka admin😊

    ReplyDelete
  29. Ka kalo aku kan udah diterima snmptn ya diptn trs aku udh dftr sbm dan punya kap sama pin dan aku blm bayar ke bank tapi aku mau cancel aja sbmptnnya apa itu buat snmptn aku gugur ga?tolong dijawab ya makasih ka admin😊

    ReplyDelete
  30. Ka, saya ngisi formulir pakai alamat lama, soalnya saya ngikutin petunjuk pengisian yg mengharuskan pakai alamat di KTP. Tapi yg di alamat saat mengikuti ujian saya isi alamat yg baru. Gmana tuh ka admin?

    ReplyDelete
  31. Ka, saya ngisi formulir pakai alamat lama, soalnya saya ngikutin petunjuk pengisian yg mengharuskan pakai alamat di KTP. Tapi yg di alamat saat mengikuti ujian saya isi alamat yg baru. Gmana tuh ka admin?

    ReplyDelete
  32. Min mau nanya kalau nama ijazah di kartu peserta tidak sama dengan nama LJU bagaimana ya hanya kurang huruf I tetapi sudah dicetak kartu pesertanya
    Mohondi jawab

    ReplyDelete
  33. min kalo misalkan udah bayar kan harus log in lagi buat ngisi biodata, nah kalo engga langsung log in atau log innya pas besoknya bisa ga miin? mohon di jawab min penting :)

    ReplyDelete
  34. min kalo misalkan udah bayar kan harus log in lagi buat ngisi biodata, nah kalo engga langsung log in atau log innya pas besoknya bisa ga miin? mohon di jawab min penting :)

    ReplyDelete
  35. min kalo misalkan udah bayar kan harus log in lagi buat ngisi biodata, nah kalo engga langsung log in atau log innya pas besoknya bisa ga miin? mohon di jawab min penting :)

    ReplyDelete
  36. min kalo misalkan udah bayar kan harus log in lagi buat ngisi biodata, nah kalo engga langsung log in atau log innya pas besoknya bisa ga miin? mohon di jawab min penting :)

    ReplyDelete
  37. Min kalau sudah daftar, lalu dapat kode pembayaran, tapi belum bayar-bayar, bisa tidak min daftar lagi? Apa harus bayar 2x juga nantinya?

    ReplyDelete
  38. min saya peserta bidikmisi, pertama saya sudah mendaftar dengan menggunakan Pin dan Kap baru, apakah saya masih bisa mendaftar lagi dengan menggunakan PIN dan KAP lama saya dan apakah saya masih teedaftar sebagai peserta bidikmisi?

    ReplyDelete
  39. Min, kalo misalnya kita nulisnya pake alamat yg baru tidak sesuai KTP(alamat lama) apakah boleh?

    ReplyDelete
  40. Halo kakak, saya peserta bidik misi dan sudah cetak kartu peserta, apakah saya masih bisa ganti jurusan?
    Mohon dibalas kak

    ReplyDelete
  41. Min, nama sesuai ijazah sama nama di lju tidak sama gimana min? tapi udah terlanjur dicetak

    ReplyDelete
  42. Min, kalo nama pada ijazah dan kartu SBMPTN berbeda apakah akan berpengaruh atau tidak masalah? Misal pada ijazah Muh. dan pada kartu SBMPTN M.
    Mohon Balasannya

    ReplyDelete
  43. assalamualaikum,min saya ingin bertanya . saya sudah cetak kartu peserta sbmptn jalur bidikmisi,akan tetapi saya ingin memilih UIN sehingga saya ingin mendaftar lewat pembayaran. Boleh tidak ya ? mohon jawabannya min.terimakasih

    ReplyDelete
  44. assalamualaikum,min saya ingin bertanya . saya sudah cetak kartu peserta sbmptn jalur bidikmisi,akan tetapi saya ingin memilih UIN sehingga saya ingin mendaftar lewat pembayaran. Boleh tidak ya ? mohon jawabannya min.terimakasih

    ReplyDelete
  45. Admin
    Saya sudah cetak kartu peserta sbmptn jalur bidikmisi, akan tetapi saya ingin mengubah panlok saya, bagaimana ya.
    Mohon bantu saya

    ReplyDelete
  46. Admin
    Saya sudah melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo nya tetapi pada saat saya mau login KAP dan PIN saya tidak terdaftar, apa solusinya?

    ReplyDelete
  47. min bolehkah pada saat memilih universitas mana yang akan kita pilih, tetapi kita plih diantara 2 kota seperti bogor dan jakarta atau bogor dan bandung ?
    mohon bantu saya

    ReplyDelete
  48. min jika ada kesalahan di pendaftaran sbmptn apa bisa mendaftar sbmptn lagi dengan nama yang sama?

    ReplyDelete
  49. min, kalau udah inalisasi tapi ternyata penghasilan ortu salah. itu gmn mmprbaikinya?

    ReplyDelete
  50. min saya coba daftar dr internet dan saya telah mendapat kap dan pin. tp pndftrn nya blm slsai dan blm bsa dlnjut kn krna blm bayar. saya tidak punya atm atau tabungan apa pn di bank. ap saya bisa mndftr dari atm org tua saya? mohon dijawab min

    ReplyDelete
  51. Min kalo daftar sbmptn nya 3 hari sebelum penutupan kenapa gak bisa ?

    ReplyDelete
  52. Min saya telefon call center ko ga ada respon?

    ReplyDelete
  53. Kaka saya mau tanya , saya daftar sbmptn dan saya salah memasukan tahun masuk sma ,sedangkan kartu saya sudah cetak apakah mempangaruhi pada tes sbmptn nanti ?
    Dan apakah masih bisa diperbaiki ?
    Ps : balas secepatnya

    ReplyDelete
  54. ka kalau salah masukin tahun ijazahnya gimana ya ?

    ReplyDelete
  55. Saudara Admin jika sudah cetak kartu peserta. Apakah masih bisa daftar sbm lagi dgn nama yg sama? tolong balasannya karna udh mau tutup

    ReplyDelete
  56. saudara admin apakah nilai un, rapor, dan indeks sekolah mempengaruhi penilaian sbmptn tahun ini ? trima kasih

    ReplyDelete
  57. saudara admin bisakah tanggal lahir dirubah setelah pembayaran pin dilakukan ? balas

    ReplyDelete
  58. kalau SKL tdk ada pasfoto tapi sdh ada cap dan ttd sekolah bagaimana? Kita tempel pasfoto sndiri/bgmana?

    ReplyDelete
  59. bagaimana jika terdapat kesalahan pada data? seperti kesalahan penulisan kapan tahun masuk SMA dan di kelas apa

    ReplyDelete
  60. Ka teh mau nanya kalo salah ngisi alamat rumah fatal ga? Mohon fast respon ya ka soalnya besok deadline mohon sekali terima kasih..

    ReplyDelete
  61. Kak sblm pengumuman snmptn sy sudah mendaftar sbmptn,tp ternyata snmptn sy dinyatakan lulus. Apakah snmptn ku hangus krna sy daftar sbmptn ?

    ReplyDelete
  62. Kak sblm pengumuman snmptn sy sudah mendaftar sbmptn,tp ternyata snmptn sy dinyatakan lulus. Apakah snmptn ku hangus krna sy daftar sbmptn ?

    ReplyDelete
  63. Min, nama aku di ijazah muhammad raiyan,waktu aku didaftarin namanya m.raiyan jadi gak sesuai sama ijazah. gimana tu min??. Kartu udah cetak..

    ReplyDelete
  64. Terima kasih saudara admin atas jawaban-jawaban kami yang tidak terjawab.

    ReplyDelete