MATA PELAJARAN USBN SMA/MA 2017/2018

[www.e-sbmptn.com] Materi Mata Pelajaran USBN SMA/MA 2017/2018. Selain menggelar Ujian Nasional 2017 tahun ini juga akan diselenggarakan USBN. USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah ujian sekolah yang tingkat kualitas soalnya lebih baik atau berstandar nasional dari soal-soal ujian sekolah yang pernah digelar sebelumnya. 

Mata Pelajaran USBN SMA/MA 2017

Mata pelajaran apa saja yang akan di ujiankan pada USBN SMA/MA 2017/2018? Mata pelajaran yang di ujiankan pada saat USBN SMA/MA adalah seperti yang tertera di bawah ini:

Materi Pelajaran USBM SMA

Jurusan IPA
Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah, Fisika, Kimia, dan Biologi

Jurusan IPS
Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi

Jurusan Bahasa

Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah, Sastra Indonesia, Antropologi, Bahasa Asing


Apa perbedaan ujian UN dan USBN 2017?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, perbedaannya adalah:
  • Dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, 
  • Materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.
Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

"Soal esai ini untuk menggali kemampuan siswa agar berlatih berpikir kritis. Selama ini kan dalam UN tidak ada. Soal sisipan dari pemerintah pusat itu, tak akan berbeda-beda di setiap daerah. Wong namanya standar nasional, masa dibeda-beda," ujar Muhadjir usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 1 Desember 2016.

No comments:

Post a Comment