PARAGRAF: Contoh Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi. Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama. Berdasarkan tujuannya paragraf dibagi menjadi 5 jenis paragraf, yaitu:

1. Paragraf Narasi
2. Paragraf Argumentasi
3. Paragraf Deskriptif
4. Paragraf Persuasif
5. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi
Nah, pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai paragraf eksposisi. Apa itu paragraf eksposisi ??. Paragraf eksposisi  adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas – jelasnya. Nah, paragraf eksposisi juga memiliki ciri-ciri yang dapat kita kenali. Di bawah ini akan disajikan berbagai ciri paragraf eksposisi.
 
  • Memberikan informasi tentang sesuatu yang tidak dapat dicapai dengan alat indera.
  • Gaya penulisan bersifat informatif.
  • Berisi definisi atau metode dalam melakukan suatu hal.
  • Pada umumnya paragraf eksposisi menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
Jenis Paragraf Eksposisi
  1. paragraf eksposisi definisi
  2. paragraf eksposisi proses
  3. paragraf eksposisi klasifikasi
  4. paragraf eksposisi ilustrasi (contoh)
  5. paragraf eksposisi perbandingan & pertentangan, dan
  6. paragraf eksposisi laporan 
Contoh-Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi
Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

Contoh Paragraf Eksposisi Proses
Jeruk nipis ternyata berkhasiat untuk mengobati batuk. Buah ini mengandung minyak asiri dan zat-zat yang bermanfaat untuk mengendalikan otot-otot pernapasan untuk meredakan batuk. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum air perasan jeruk nipis yang bisa dicampur dengan gula, madu, atau kecap untuk mengurangi rasa asam.

Bawang putih tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan saja, tetapi juga berkhasiat untuk mengobati batuk. Cara menggunakannya yaitu dengan menumbuk bawang putih hingga halus lalu memasukkannya ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan gula secukupnya lalu seduh dengan air panas. Minum selagi hangat sekali sehari.
 
Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi
Berdasarkan sifatnya, sampah dapat digolongkan menjadi dua macam. Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti daun, sayuran, sisa makanan, dan lain-lain. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk. Yang termasuk jenis sampah ini diantaranya kaleng, kertas, botol, dan plastik pembungkus makanan.
 
Contoh Paragraf Eksposisi Pertentangan
Pasca gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.
 
Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi
Menurut undang-undang ketenagakerjaan semua perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan setiap setiap tenaga kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja, mereka diberikan kesempatan untuk istirahat selama lebih kurang 15 menit. Waktu istirahat digunakan untuk minum dan menikmati makanan kecil. Selelah itu mereka bekerja kembali. Selain itu, para pekerja diwajibkan mengenakan masker, khususnya di tempat kerja yang berasap, berdebu, dan berbau.
 
Contoh Paragraf Eksposisi Laporan
Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Itulah beberapa contoh tentang paragraf eksposisi dan materi ringkas mengenai paragraf eksposisi. Semoga dapat memberikan nilai tambah terhadap pengetahuan adik-adik tentang materi paragraf.

1 comment:

  1. pak kalu elektronika industri masuknya paket apa?

    ReplyDelete