PERTANYAAN SEPUTAR BIDIKMISI 2016/2017

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak adik-adik sekalian mengenai bidik misi ?? telah kami rangkum di bawah ini. Diharapkan dengan adanya pertanyaan dan jawaban pertanyaan seputar Bidikmisi ini dapat menjawab kebingungan adik-adik selama ini. Berikut jawaban dan pertanyaan seputar Bidik Misi 2016.

http://www.e-sbmptn.com/2015/11/prediksi-soal-sbmptn-2016-dan-pembahasan.html
 
Apa saja syarat pendaftaran bidikmisi 2016?

Jawaban
Syarat pendaftaran bidikmisi 2016 sedang kami susun dan akan kami kabarkan segera . Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2014/2015 yang bisa diunduh pada alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman

Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?




JAWABAN
Bidikmisi memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN. Penyerahannya diberikan langsung oleh PT.
Catatan: Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya)  Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara. Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.

Apakah Bidikmisi Gratis ?




JAWABAN
Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp 600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?




JAWABAN
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?




JAWABAN
Jika sudah memilih salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai prosedur dan jadwal pendaftaran .

Apakah bisa perbarui data ?




JAWABAN
Untuk perubahan nama dan tanggal lahir, bisa melakukan permohonan perubahan nama dan tanggal lahir di menu biodata siswa, setiap pengajuan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pembatalan finalisasi, bisa mengajukan permohonan di menu dan login sekolah, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan permohonan di menu ekonomi di login siswa, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di menu rekomendasi siswa di login sekolah.

Apakah Mahasiswa Aktif Boleh Mendaftar ?




JAWABAN
Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa. Untuk mahasiswa di PTN dibawah kemdikbud sudah disediakan beasiswa PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) dan BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa) yang bisa didaftar di bagian kemahasiswaan masing masing.
Dalam kondisi khusus dimana ada penerima bidikmisi ada yang mengundurkan diri, mahasiswa aktif pada angkatan yang sama bisa mengajukan diri / direkrut sebagai penerima bidikmisi.
Perlu diingat bahwa walaupun sudah menjadi mahasiswa, persyaratan menjadi penerima bidikmisi secara substantif tetap harus dipenuhi, yaitu harus tidak mampu secara ekonomi. Selain itu rekan rekan mahasiswa tetap harus memonitor tentang kelayakan penerima, misalkan ada yang ber gaya hidup mewah, mempunyai gadget dan biaya tidak murah bisa dilaporkan ke pusat ke alamat bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib memiliki KIP / KPS / BSM ?




JAWABAN
Pendaftar Bidikmisi diharapkan memiliki KIP / KPS / BSM , namun jika tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu atau surat lainnya yang membuktikan ketidakmampuan untuk memudahkan verifikasi nantinya.

Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?




JAWABAN
Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain.
Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan bagian kemahasiswaan / akadmik PT terkait.

Apakah Sekolah belum terakreditasi diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?




JAWABAN
Bagi sekolah yang belum terakreditasi ataupun yang akreditasinya masih dalam proses, pihak sekolah tetap bisa melakukan pendaftaran sekolah di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ dengan mengisikan nilai akreditasi dengan nol (0).

Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?




JAWABAN
Rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar 
  • Tidak mampu secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik
Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk diberikan solusi.
Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Bagaimana penghentian bantuan karena cuti ?




JAWABAN
Cuti karena sakit atau alasan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi :
a. Dihentikan bantuannya dan digantikan dengan mahasiswa lain yang satu angkatan dan memenuhi persyaratan penerima Bidikmisi.
b. Khusus mahasiswa yang cuti karena sakit, perguruan tinggi harus mencarikan beasiswa/bantuan lain sebagai pengganti apabila mahasiswa tersebut telah aktif kembali.

Bagaimana Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Bidikmisi ?


JAWABAN
1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap) 
3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kmenterian keuangan)
4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)
Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

Berapakah Besaran Biaya Bidikmisi ?




JAWABAN
Besaran Biaya Bidikmisi adalah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :
1. Komponen Biaya HIdup yang diberikan langsung sekecil kecilnya 600 ribu / bulan 
2. Komponen Biaya Pendidikan yang dikelola PT (tidak harus diberikan kepada mahasiswa penerima) sebesar besarnya 400 ribu / bulan 

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun yang dibayarkan untuk PT. untuk biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib seperti field trip dan kunjungan industri teknisnya diatur oleh PT terkait tanpa membebani penerima Bidikmisi.
Kalaupun biaya SPP yang dibebankan pada mahasiswa reguler lebih kecil dari 2,4 juta / Semester. PT diperkenankan menggunakan sisa dana untuk pembinaan khusus penerima dan subsidi biaya pendidikan lain seperti biaya daftar ulang dan biaya gedung yang dibebankan selama masa studi. Mahasiswa Penerima berhak menerima detail alokasi anggaran sebesar 2,4 juta / semester

Berapakah Kuota Bidikmisi 2016 ?




JAWABAN
Untuk kuota Bidikmisi 2016 belum diliris. Namun diperkirakan Bidikmisi 2016 direncanakan kurang lebih sekitar 60.000 (mengacu kuota tahun 2015) penerima yang tersebar di ;
- Seluruh PTN
- Seluruh PTS berakreditasi A di pulau Jawa, B di luar pulau Jawa dan C di daerah tertinggal

Dimana saya mendapatkan PIN ? Saya sudah mendapatkan KAP



JAWABAN
Pada saat anda mendaftar Bidikmisi sudah diberikan pasangan KAP dan PIN. 
Jika anda terlupa untuk mencatat PIN anda, bisa login kembali ke menu siswa di bagian pilihan seleksi dan catat kembali PIN anda

Nah, itulah informasi seputar Areditasi BIDIKMISI 2016/2017. Apakah Adik-adik ingin lulus di PTN Favorit seperti ITB, UGM, IPB, UI, UB dll tahun ini ?? Oke, kami sudah menyiapkan Prediksi Soal SBMPTN 2016 yang lengkap dengan pembahasannya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2016. Jika berminat Silahkan Klik Disini

Subscribe to receive free email updates:

303 Responses to "PERTANYAAN SEPUTAR BIDIKMISI 2016/2017"

  1. kapan pendaftaran bidik misi 2016 dan sampai kapan berakhir.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Search aja di blog ini dk, sudah lengkap atau silahkan buka link http://www.e-sbmptn.com/search/label/BIDIK%20MISI

      Delete
    2. Jika lulusan 2013 2014 apakah masih bisa mendaftar bidik misi.. mohon infox

      Delete
  2. Bidikmisi bisa diikuti oleh alumni SMA tahun 2015? bagaimana cara/syarat syaratnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara nya sama seperti siswa SMA 2016 silahkan lakukan update data pada saat login ke pendaftaran bidikmisi. silahkan baca info lengkapnya di http://www.e-sbmptn.com/search/label/BIDIK%20MISI

      Delete
  3. bagaimana agar di SNMPTN agar tetap dapat bidikmisi walaupun mengikuti universitas Islam Negri Malang please bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa dk,. untuk UIN nanti diuruskan beasiswa dari pihak Kemenag dk. jika adik lulus di UIN nanti boleh di urus beasiswa seperti bidikmisi tapi dari kemenag dk.

      Delete
  4. Saya sudah dpt pin bidikmisi dan berhasil login. Terdapat kesalahan pada nama saya.

    "Dibagian atas kolom nama ada tulisan
    Jika terdapat kesalahan NAMA, silahkan perbarui NAMA Anda yang benar pada sistem PDSPK di kemdikbud, kemudian pilih tombol "PERBARUI NAMA" di sebelah kanan kolom NAMA SISWA."

    Apa yg hrs saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai instruksi dk, perbaharui nama adik. atau konsultasikan ke pihak sekolah.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. min, saya belum ngurus surat keterangan tidak mampu sampai saat ini, apakah bisa saya tidak melampirkan scan SKTM tersebut?
    terus saya juga mau nanya, misal saya ikut jalur snmptn tapi tidak lolos, bisa tidak saya mengikuti jalur sbmptn lagi atau mandiri padahal saya gagal dipilihan snmptn? jawab ya min, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk,..untuk SKTM masih bisa di upload belakangan.

      Delete
  7. Min,apakah sktm dari rt boleh dimasukkan pada bidik misi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca lagi syaratnya dik
      biasanya boleh.

      Delete
  8. Maaf mau tanya...gimana caranya merubah program studi yang sudah di finalisasi ...soalnya pas mau verifikasi pendaftaran di suruh merubah .. makasih

    ReplyDelete
  9. Kak bagaimana cara pembatalan bidik misi yang sudah diverifikasi dan finalisasi di snmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dibatalkan dik,. akan batal klo adik tidak lulus snmptn

      Delete
  10. Jika saya telah mendaftar bidik misi jalur SNMPTN Dan sambil menunggu pengumuman? apakah saya boleh mendaftarkan Diri lagi melalui jalur PMDKPN ?

    ReplyDelete
  11. kalau udah terdaftar di bidikmisi jalur snmptn,. lalu seandainya saja kita gk masuk jalur snmptn itu (na'udzubillah),. apakah kita masih bisa mendaftar di bidikmisi jalur sbmptn,.???? tolong d jwb...!!!

    ReplyDelete
  12. Misi numpang nanya .. Kalo misalnya kita udah daftar bidik misi jalur sbmptn, trus bisa ga kita daftar bidikmisi lagi jalur mandiri?? Makasih sebelum nya :D

    ReplyDelete
  13. Bidik misi sbm seleksi nya ngaruh juga ya sama nilai raport??

    ReplyDelete
  14. kalau sudah memperbaharui nama tetapi tetap tidak berubah, gimana?

    ReplyDelete
  15. bagaimana cara bagi siswa yang ikut jalur pbud ingin ikut beasiswa bidikmisi sedangkan pada langkah ke 8 tidak ada jalur seleksi pbud. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bidikmisi hanya boleh diikuti dengan jalur yang tersedia untuk bidikmisi dk, jadi diluar itu tidak bisa dk

      Delete
  16. kalau udah daftar bidikmisi di snmptn boleh nggak daftar bidikmisi lagi di pmdk????????

    ReplyDelete
  17. kalau udah daftar bidikmisi di snmptn boleh nggak daftar bidikmisi lagi di pmdk????????

    ReplyDelete
  18. kalau udah daftar bidikmisi di snmptn boleh nggak daftar bidikmisi lagi di pmdk????????

    ReplyDelete
  19. kalau udah daftar bidikmisi di snmptn boleh nggak daftar bidikmisi lagi di pmdk????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah bisa ditrima dua duanya ya kak? dan kalau ditrima bagaimana? mohon infonya, trimakasih sebelumnnya kak. mohon dijawab kak yaa. novandepe97@gmail.com

      Delete
  20. Min.. Mau nanya.. Apakah bidik misi diterima sampai semester akhir??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beasiswa bidikmisi akan diterima dari semester awal sampai semester akhir dk.

      Delete
  21. Jika sudah mengikuti snmptn apakah bisa juga mengikuti sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nama kita akan dihapus dari daftar peserta snmptn jika mengikuti bidikmisi sbmptn gratis?

      Delete
  22. Mau nanya.kok yg jalur snmptn tidak bisa Di pilih ya?

    ReplyDelete
  23. Min, mau tanya nih saya mengisi KAP dan PIN bidikmisi setelah finalisasi, apakah dikartu peserta saya nanti terdaftar sebagai peserta bidikmisi

    ReplyDelete
  24. kak nama di bidik misi sama di snmptn tidak sama, apa berpengaruh? sedangkan snmptn sudah saya finalisasi?

    ReplyDelete
  25. Kalau lulusan 2015 udah pernah daftar bidik misi tp ga lolos harus daftar lagi bidimisi ga buat sbmptn apa bisa pake pin sama kap tahun lalu ?

    ReplyDelete
  26. MIN apakah jalur bidik misi bisa di gunakan untuk semua perguruan tinggi? baik swasta maupun negri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. PTN semua dk, kecuali UIN. PTS ada beberapa dk.

      Delete
  27. min kan biaya yang disediakan bidikmisi untuk PTN persmester 2,4 juta. bagaimana kalau di PTN persemester lebih dari 2,4 juta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya persemester 3,6 juta dk. karena perbulannya minimal Rp 600 rbu dk.

      Delete
    2. 3,6 juta itu sudah untuk belanja adik. uang kul sudah dibayarkan juga dk.

      Delete
  28. Min, mau tanya, kalau snmptn diterima bidikmisinya apa otomatis lngsung ketrima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dk,. tapi nanti ada survei lagi ke rumah adik langsung. klo tidak sesuai dengan data (penpuan) karena ternyata adik mampu maka akan dibatalkan dk

      Delete
  29. Assalamualaikum..
    Kak saya mau tanya,, saya adalah salah satu dari peserta bidikmisi, tapi saya lupa memasukkan PIN dan KAP sampai waktunya berakhir. Apakah saya masih bisa untuk mengurus kembali bidikmisi saya jika saya telah lulus di universitas yang telah saya pilih melalui jalur snmptn?
    Mohon solusinya ya kak?
    Terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,.. setahu saya tidak bisa dk,. karena itulah wajib ketika verifikasi KAP dan PIN di borang pendaftaran SNMPTN. namun demikian coba tanya pihak Call Center atau Guru BK adik mengenai hal ini. trims

      Delete
  30. Min mau tanya lagi. Uang bidikmisi tahun 2016 kapan cairnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan ini menurut informasi yang saya dapat dk.

      Delete
  31. Kak saya peserta sbmptn 2015 dengan bidikmisi yg tdk lolos, tahun ini sya rencana saya akan mengikuti sbmptn lagi lalu bagaimana dgn bidikmisinya masih bisa digunakan atau perlu buat yg baru lagi ?

    ReplyDelete
  32. bang admin, apa lulusan 2014 masih bisa daftar bidikmisi?

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum kk..
    Mau tnyak,saya lulusan 2015 Yg gagal snmptn dan sbmptn thn lalu Dan mngikuti bidikmisi.rncna thn ni akn mngikuti sbmptn lg kk.apkah bidikmisi saya msih Bsa dgunakan TW hrs dftar Yg baru lg y kak? Mhon pnjelasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih punya KAP dan PIN dk ? silahkan login lagi dan perbarui akun adik.

      Delete
  34. Min kalau sudah kuliah terdaftar sbagai mahasiswi bidikmisi, kemudian ingin pindah universitas dalam prodi yang sama dengan sebelumnya. Apakah bidikmisinya masih berjalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung Kebijakan Kampusnya dk,. Ada yang membolehkan ada yang membatalkan bidikmisi tersebut.

      Delete
  35. Assalamu'alaikum. Mau tanya,Bagaimana jika lupa mengisikan KAP dan PIN bidikmisi di pendaftaran SNMPTN pada saat sudah berada tahap unduh kartu peserta? Apakah bisa di edit/perbaiki? Wassalam. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,... Maka untuk SNMPTN adik tidak terdaftar sebagai siswa bidikmisi dk. Sudah tidak dapat verifikasi KAP dan PIN lagi setelah finalisasi atau Cetak kartu SNMPTN dk. Saran saya gunakan kap dan pin untuk mendaftar SBMPTN ya dk.

      Delete
  36. Assalamualaikum kak, kak saya adalah lulusan tahun 2015 dan brencana untuk mendaftar bidimkisi pada tahun ini saya sudah meminta rekomendasi dari sekolah dan saya juga sudah penerima no pendaftaran dan kode aksesnya tapi kak saya tidak di beri kap dari pihak sekolah karna waktu tahun lalu saya tidak mendaftar snmptn tahun ini ketika saya mau daftar snmptn nya terlanjur sudah di tutup ka. jadi kak apakah saya masi bisa mendaftar bidikmisi tanpa kap? dimana saya bisa memperoleh kap dan pin ka? atau apakah jika kita mendaftar bidikmisi stelah itu akan diberi kap dan pin? jika tanpa kap dan pin saya juga tidak bisa mendaftar di sbmptn sbg pendaftar bidikmisi ya ka? saya mohon bantuannya kak jika kakak berkenan utk membalas komentar saya. terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,.. Untuk permasalahn ini coba adik hubungi langsung pihak Bidikmisi dk, melalui:

      Email: bidikmisi@kemdikbud.go.id
      bidikmisi@dikti.go.id
      Facebook: fb.me/program.bidik.misi
      Twitter : twitter.com/bidikmisi
      Zendesk: bidikmisi.zendesk.com

      Delete
    2. Bantu jawab ya, alumni 2015 memang sudah tidak bisa ikut seleksi snmptn kalau sbmptn masih bisa. Nah kalau sudah punya Kode akses dan No pendaftaran langsung login aja ke laman bidikmisi untuk memperbaharui akun supaya bisa dapat kap dan pin

      Delete
  37. Asalamualikum kak mau tanya, apa kap semua seleksi bisa di dapat, apa cuman beberapa kap seleksi yang ditentukan dari sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,.. Pendaftaran Bidikmisi hanya sekali dk,. jadi nanti akan dapat KAP dan PIN, KAP dan PIN ini bisa digunakan untuk pendaftaran SNMPTN, SBMPTN, jalur Mandiri, dll.

      Delete
    2. misal snmptn ambil bidikmisi apa seterusnya harus bidik misi pula seperti sbmptn pmdk jalur mandiri dll

      Delete
  38. kak mau tanya kalau misalnya ikut bidikmisi lewat jalur sbmptn,
    asal sekolah SMA saya di Bali, apakah bisa saya mengikuti tes sbmptn di luar Bali kak??? misalnya saya mengikuti tes di jawa timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tes SBMPTN boleh diluar bali dk,. adik sewaktu pendaftaran online pilih aja panloknya di jawa timur.

      Delete
    2. kak jalur undangan di pts itu apa sih maksudnya kok saya nggak paham ya?

      Delete
  39. Assalamu'alaikum. Mau tanya kak, kalau di snmptn udah daftar bidikmisi, di PMDK-PN apa boleh daftar bidikmisi lagi ?

    ReplyDelete
  40. Kak, saya kan alumni 2015. Dulusaya sempet ikut seleksi bidikmisi nih, tp ternyata snmptn dan sbmptnnya gagal. Nah misal tahun ini saya gak daftar lagi gt boleh enggak ya? Soalnya pengen ke uin kak, klo daftar uin kan gak bisa pake bidikmisi

    ReplyDelete
  41. Tapi katanya kalau bidikmisi cuma boleh mengikuti satu jalur kak ?

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum ..
    Saya mau tanya : " apakah boleh daftar bidikmisi di pts dan daftar bidikmisi di sbmptn ??

    Please Jawab ..!!!

    ReplyDelete
  43. Assalamualikum Min, izin bertanya. bagaimana dengan alumni 2015 tetapi sudah menjadi mahasiswa aktif tetapi ingin mencoba kembali salah satu seleksi masuk PTN, sebelumnya bukan penerima bidik misi serta belum terlibat dalam beasiswa apapun. apakah boleh mendaftar?

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum..
    Min, mau tanya..
    Bagaimana kalo alumni 2015 tetapi sdh menjadi mahasiswa aktif di slah satu PT dg bidikmisi, tetapi ingin mencoba kembali ikut Sbmptn apakah boleh? Apakah bisa ikut bidikmisi lagi?
    Mohon infonya...

    ReplyDelete
  45. kak, mw nanya,, kalau udah daftar pmdk jalur bidik misi
    apa juga bisa daftar sbmptn jalur bidik misi juga?
    untuk mendapatkan kap dan pin keduanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dk,.. gunakan kap dan pin bidikmisi yang sudah adik dapat

      Delete
  46. saya udah mengajukan penyuntingan saat itu dan dinyatakan sukaes menyunting. tetapi kenapa sampai sekarang penyuntingan saya belum terganti? trus bagaimana saya bisa ganti kesalahan data saya? tolong bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hubungi pihak panitia bidikmisi langsung untuk masalah adik ya.

      Delete
  47. min apakah yang tidak mempunyai dana bantuan pemerintah seperti KIP BSM KPS dikolom pendaftaran siswa bidikmisi di kosongkan saja? tapi disana tertera wajib diiisi bagaimana min sedangkan saya tidak punya diantara ke tiga itu :( terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat surat keterangan kurang mampu dari kepala desa dk

      Delete
  48. 3. Jika belum pernah direkomendasikan oleh sekolah, dapat mengajukan permohonan akun dengan menyertakan berbagai persyaratan yang telah ditentukan.
    Ini maksudnya gmna ya kak? syarat yang telah ditentukan ada dibagian mana, lalu ditujukan kepada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh daftar sendiri dk,..
      tapi harus punya surat keterangan kurang mampu dari kepala desa, atau surat lainnya yang menyatakan adik tidak mampu.

      Delete
    2. lalu daftar/kasih datanya ke bagian apa ya kak?

      Delete
    3. daftar via online dk,. data di upload,. search aja kotak search di atas sebelah kanan tentang tatacara pendaftaran Bidikmisi dk

      Delete
    4. Kak ketika ngisi biodatanya, ada tulisan data akan divalidasi ketika mendaftar ke univ. Kalo saya skrang udah semester 2. Apa harus yang baru mau daftar univ kak yang bisa daftar bidikmisi? Saya lulusan 2015.

      Delete
  49. Assalamu'alaikum
    Saya lulusan 2015, saya sudah terekomendasi untuk bidikmisi, tapi ada kesalahan nama pada biodata bidikmisi saya. Saya sudah menghubungi pihak sekolah dan responya di suruh daftar sbmptn aja dulu. Apa tidak masalah jika nama pada biodata bidikmisi dengan sbmptn berbeda?
    Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya nanti bakal bermasalah dk,tapi mungkin bisa diperbaiki seperti kata sekolah adk. coba adik hubungi pihak bidikmisi nya saja dk.

      Delete
  50. Assalamualaikum , kak sy ini sudah daftar bidikmisi cuman kata teman sy kalau udah daftar di snmptn tidak boleh daftar lagi di pmdk ,jadi bidikmisi sy cuman sy daftarkan di pmdk , sedangkan di snmptn tdk. Tapi ternyata bisa daftar dua duanya setelah sy lihat di komentar, . pertanyaan sy apakah kalaumisalx sy lulus di snmptn (amin) bisa daftar bidikmisi jalur lain kak, atau cara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,.. daftar bidikmisi snmptn itu sebelum pendaftaran snmptn dk. klo adik sudah lulus ptn adik bisa daftar beasiswa PPA atau bbm nanti setelah semester 1 dk.

      Delete
  51. saya adalah salah satu pendaftar bidikmisi tahun ini. saya terlambat untuk mengambil nomor KAP dan PIN melalui bidikmisi SNMPTN karena saya saat itu belum mengetahui kapan SNMPTN akan ditutup, penutupan SNMPTN 14 maret yang lalu, dan saat itu saya masih fokus sama UNBK. Saya sekarang harus bagaimana?? dan apakah seleksi mandiri yang masih dibuka saat ini melalui bidikmisi itu gratis seperti bidikmisi atau membayar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. adik daftar Bidikmisi dlu baru gunakan untuk seleksi SBMPTN atau Mandiri kap dan pin nya dk.

      Delete
    2. untuk jalur SBMPTN sudah tidak bisa mendapatkan nomer KAP dan PINnya lagi. dan sekarang yang tersisa hanya PMDK dan SELEKSI MANDIRI. saya ingin bertanya. apakah kedua jalur yang tersisa tersebut membutuhkan biaya ((membayar) atau bidikmisi (gratis)??

      Delete
    3. saya sudah mendaftar bidikmisi dan tertinggal 2 jalur itu saja

      Delete
  52. jika salah dalam pengisian kondisi ekonomi apakah masih bisa di ubah? bagaimana caranya? saya sudah melakukan koreksi data ekonomi tapi setelah itu ada tulisan :" Gagal ! Permohonan pengajuan koreksi data ekonomi Anda sebelumnya belum diproses oleh administrator" apa yang harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan pihak sekolah dk,. mungkin pihak sekolah lebih paham dk. karena klo standarnya itu ajukan permohonan penggantian data ke pihak bidikmisinya dk, baik via email atau alat elektronik lainnya.

      Delete
  53. Mau tanya kalo saya udah diterima di ptn tp belom mendapatkan formulir bidikmisi itu gmana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya daftar bidikmisi dlu dk, biar terdaftar sebagai penerima bidikmisi.

      Delete
    2. Kalo udah terlanjur gimana ya mas?
      Soalnya besok udah daftar ulang

      Delete
    3. Maka tidak terdaftar sebagai peserta bidikmisi dk, coba beasiswa yang lain saja dk. seperti PPA dan BBM atau orbit cek di kotak search di atas sebelah kanan pada web ini.

      Delete
    4. Kalo ngajukin bidikmisi tain depam gmana ya mas?

      Delete
  54. Mau tanyak ka' klw misalnya sya angkatan 2015 sdah mendafatr bidiknisi lalu di jalur SNMPTN dan SBMPTN baru tidak gol apakah masih bsa mendaftar ulng bidikmisi untuk thun ini tpi sya sdah kulia semesster 2 di salah satu PTN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa daftar tapi untuk masuk ajaran baru lagi dk.

      Delete
    2. jadi klw misalnya sya mau Daafatr lgi berarti sya jdi Maba ulang ya ka"

      Delete
    3. jadi klw misalnya sya mau Daafatr lgi berarti sya jdi Maba ulang ya ka"

      Delete
  55. apakah saat sudah mendapatkan bidikmisi bisa dicancle sebelum masuk kuliah? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya pihak bidikmisi nya via email ya dk.

      Delete
  56. Ka lulusan thn 2014 tdk bsa mndftr bidik misi?
    bukan kah brlaku untuk 3 thn lulusan trakhir?
    Trmksh ka. Maaf sblmnya.

    ReplyDelete
  57. Ka lulusanlulusan thn 2014 tdk bsa mndftr bidik misi?
    bukan kah brlaku untuk 3 thn lulusan trakhir?
    Trmksh ka. Maaf sblmnya.

    ReplyDelete
  58. kak, saya sudah selesai melengkapi semua data yg di bidikmisi tpi saya mau ngambil PIN & KAP seleksi yang PTS kok nggak bisa?

    ReplyDelete
  59. admin saya mau tanya, apakah boleh mendaftar dua jalur di bidikmisi. Misal jalur pertama SNMPTN dan menambah jalur lagi PMDK-PN ? Trm ksh

    ReplyDelete
  60. satu lagi kak, nama saya yang sesuai pdss Syarif Firdaus, tapi di situs bidikmisi di bagian kanan yng di bawah tulisan "berkas telah lengkap" nama sya jadi huruf besar SYARIF FIRDAUS. Tapi setelah kartu bidikmisi nya di cetak namanya sesuai aja kak sma yg di pdss Syarif Firdaus. apa gk bermasalah kak ? trm ksh.

    ReplyDelete
  61. mau tanya kak.. gimana sih cra ngisi bidikmisi pada menu jalur seleksi ? trimakasih kak

    ReplyDelete
  62. Tanya Kak...
    seumpama kalau snmptn masuk, tapi ngurus bidikmisi setelah masuk kuliah selama 1 semestet. Bisa gak kak?
    Tpi sbelumnya gak dftar bidikmisi. Langsung dftar snmptn aja.
    ...mohon penjelasan....

    ReplyDelete
  63. Tanya Kak...
    seumpama kalau snmptn masuk, tapi ngurus bidikmisi setelah masuk kuliah selama 1 semestet. Bisa gak kak?
    Tpi sbelumnya gak dftar bidikmisi. Langsung dftar snmptn aja.
    ...mohon penjelasan....

    ReplyDelete
  64. Kak kok saya gak bsa dpat kan kap n pin untuk sbmptn.. pda hal dta ny udah ok kak.. sya tmatan thun 2015,saya sudah perbarui akun kak..

    ReplyDelete
  65. kak mau tanya, kalo udh dftar bidikmisi di universitas biasa kalo mau masuk uin harus daftar lg kk ya?

    ReplyDelete
  66. Tanya, untuk daftar bidikmisi secara pribadi memasukkan nilai yang skala 4 gimana, dan nilai mulog apa termasuk?
    terimakasih

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum

    Nama saya ANDRI IRIYANTO

    Saya ingin bertanya. Baru saja saya mendaftar PNJ melalui BIDIKMISI. saat memasukkan JURUSAN SEKOLAH ASAL saya memilih SMK TEKNIK/GRAFIKA. Namun, saat usai memilih. pilihan yang tampil menjadi IPA.

    Maaf, itu jadinya bagaimana ya ?

    TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  68. Kak, Apakah masih bisa menjadi siswa jika ketika SNMPTN telat untuk masukan kap dan pin sehingga sekarang tidak bisa? jika sudah keterima apakah masih bisa mengajukan bidikmisi? jika bisa bagaiaman caranya,,?

    ReplyDelete
  69. Kak saya lulusan tahun 2015 mau daftar bidikmisi. apakah wajib!! rekomendasi sekolah atau boleh daftar manual di online. Trims. Trus apakah ada perbedaan masalah yang lebih di unggulkan dari 2 jalur tsb!

    ReplyDelete
  70. Jika saya sudah mendaftar bidikmisi pada pendaftaran snmptn apa saya perlu mendaftar kembali saat saya akan mendaftar sbmptn ??

    ReplyDelete
  71. apakah boleh mendaftar SBMPTN pakai bayar, jika lolos bidikmisi tetapi SNMPTN tidak lulus?

    ReplyDelete
  72. saya mahasiswa semester 4 dan penerima bidikmisi, saya mau cuti 2 semester, apakah setelah cuti saya masih bisa mendapatkan hak bidikmisi kembali?

    ReplyDelete
  73. saya mahasiswa semester 4 dan penerima bidikmisi, saya mau cuti 2 semester, apakah setelah cuti saya masih bisa mendapatkan hak bidikmisi kembali?

    ReplyDelete
  74. Ka mau nanya, saya mahasiswa semester 2 penerima bidikmisi, namun saya ingin mengikuti sbmptn kembali dengan jalur bidikmisi lagi, apakah bisa?

    ReplyDelete
  75. askum... kak mau tanya kalau seandainya sudah dapat kap dan pin tapi jurusannya di pmdk pn itu tidak sesuai dan maunya diubah. apakah bisa?

    ReplyDelete
  76. Kak, misalkan bsok saya dftar sbmptn sya kan pilih 2 universitas, tapi di bidikmisi cuma memperbolehkan 1 uniiv aja. itu misalkan saya pilih prodi di bidikmisinya universitas pilihan sbmptn yg pertama, trus taunya malah yang lolos di universitas yg pilihan yg kedua, itu gmna bidikmisinya bsa diganti gak? atas jawabannya diucapkan terimakasih:)

    ReplyDelete
  77. apakah biaya transport untuk mengikuti TES isi yogyakarta di tanggung bidik misi?

    ReplyDelete
  78. kak mau tanya, waktu jalur snmptn kan saya tidak mengkikuti pendaftaran bidikmisi karena sudah melewati batas pendaftaran bidikmisi.. nah kalo daftar lagi buat jalur sbmptn bisa engga?
    makasih

    ReplyDelete
  79. Ka mau tanya.. kalo saya minta kap dan pin sbmptn sekarang ngga papa..? Padahal kan sekarang belum pengumuman snmptn. Berpengaruh ke snmptn ngga ka?

    ReplyDelete
  80. Apakah Bidik Misi untuk Jalur SBMPTN hanya memperbolehkan kita memilih satu univ dan dua program studi? saya rencana-nya ingin memilih 2 univ dan 3 program studi di SBMPTN. Jika nantinya ternyata saya terpilih di pilihan ke 3 yang univnya bukan yg dipilih saat pengisian di borang jalur seleksi sbmptn pada portal bidik misi. Apakah saya masih bisa mendapatkan bantuan bidik misi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan adik hubungi
      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      untuk masalh ini

      Delete
  81. Jika saya memilih jalur seleksi bidik misi SBMPTN apakah saya masih bisa memilih jalur seleksi UMPN?

    ReplyDelete
  82. Kak izin bertanya kan saya, mau daftar sbmptn nah di wesitenya itu tanggal 11 mei, tapi saya mengklik daftar sbmptn di bidik misi saya tanggal 25 april dan saya udh dapat pin dan kap tapi saya blm mendaftar ke website sbmptn. Yang saya ingin tanyakan itu berpengaruh tidak sama snmptn saya? Mohon bantuannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. adik ikut bidikmisi snmptn tidak ?? klo ikut adik daftar SBMPTN nya harus setelah pengumuman dk

      Delete
  83. kak saya alumni smk 2015 rencananya mau daftar bidikmisi tpi kemaren belum di rekomendasi sekolah tpi untuk kali ini saya minta di rekomendasi, apakah nilai semester 6 diisa apa tidak sama nilai un. Tapi sewaktu saya isi nilai semester 6 pas di koreksi kosong

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan diskusikan dengan guru di sekolah adik masalah input nilai

      Delete
  84. Assalamualaikum, min saya peserta bidikmisi,tidak lolos seleksi snpmtn, saya mau coba sbmptn, belum menerima KAP dan PIN sbmptn , saya bingung min , tapi udah daftar sbmptn tapi tidak pake KAP dan PIN sbm di bidikmisi . Mohon bantuanya min . Terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi
      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      untuk masalah adk

      Delete
  85. Min mau tnya.. adk sya sudh dftar.. dn sdh pda tahap byr uang pndftaran.. tapi trnyata tahun lahir salah.. apakah bisa diperbaiki??

    ReplyDelete
  86. bagaimana jika sudah hari pembayaran tapi belum membayar biaya seleksi sbmptn 2016? apa masih bisa mendaftar kembali dengan data yang sama?

    ReplyDelete
  87. Ass.. kak.. kak sya udah mndptkan pin dan kap ny.. sya cma tnggal bayar aja.. trus pas sy log in ke bidikmisi gaa bsa kak.. katanya nisn sya gak trdaftar d bidikmisi.. padahal itu kan nisn yg direkomendasikan oleh sekolah kemaren.. gmna donk kak..? Apa sya masih bsa mngikuti sbmptn?? Mhon bntuannya..

    ReplyDelete
  88. .kak saya kan peserta bidikmisi di SNMPTN ,tetapi di SBMPTN gak pake jalur bidikmisi mlah jalur bukan peserta bidikmisi.

    Apakah dari masalah ku itu,aku bisa atau tidak mengikuti SBMPTN tanpa bidikmisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya ikut nimbrung:3 Kalau memang begitu kak, kapan saya bisa daftar? lantas dikenakan biaya registrasi ya kak? terima kasih sebelumnya:)

      Delete
  89. kak saya peserta snmptn tp bukan lwat bidik misi, tetapi saya mau daftar sbmptn lwat bidik misi, apa harus nunggu penggumuman snmptn dulu kak? tolong jawab kak

    ReplyDelete
  90. dihalaman bidikmisi tidak bisa di klik proses selanjutnya,sebabnya apa ya kak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin koneksi internet adik kurang stabil dk. gunakan koneksi yang stabil misalnya dari warnet dk

      Delete
  91. Min , mau tanya. Adik saya terdata pada bidikmisi 2016 , namun dia gak daftar SNMPTN ,Apa nanti pendaftaran SBMPTN tidak perlu bayar ke bank ? Atau adik saya tetap bayar pendaftaran dan menunggu pengumuman SNMPTN ?? Mohon di jawab win, penting

    ReplyDelete
  92. Assalamualaikum ka, saya mau nny kalo misalnya saya sudah mendaftar di web sbmptn, trs kan kalo mau lanjut login harus bayar dulu. Nah kan masa pembayaran ada tenggat waktunya, kalo misalnya sampai waktunya tenggat saya blm bayar. Berarti kan pendaftaran batal, kalo sudah batal. Apakah saya bisa mendaftar ulang.mohon balasannya kaa plis butuh cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk,..

      namun untuk lebih jelasnya silahkan adik hubungi
      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  93. Assalamualaikum.
    saya mau tanya, apakah saya masih bisa ikut bidikmisi kasusnya saya mau proses mendapatkan pin dan kap, tetapi saya memilih kotak warna biru muda. sedangkan disitu keterangannya bahwa peserta bidikmisi tidak bisa memilih kotak berwarna biru muda karena dapat menghilangkan status sebagai peserta bidikmisi. tapi saya terlanjur memilih. apakah ada alternatif agar saya bisa jadi peserta bidik misi untuk tahun ini.
    mohon bantuannya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasus nya sama saya, dan sudah terlanjur bayar.
      mohon jawabannya

      Delete
    2. silahan hubungi call center SBMPTN untuk masalah ini dk

      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  94. ass. min saya lulusan tahun 2015 dan belum kuliah, dan saya memperbaharui data bidikmisi untuk 2016. Apakah pin dan kap bidikmisi 2015 bisa digunakan untuk sbmptn 2016 ?.

    ReplyDelete
  95. Selamat sore. Saya peserta bidikmisi sbmptn, salah memilih prodi dan sudah sampai ke tahap cetak kartu peserta sbmptn. Apakah msh bisa ganti prodi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah mencetak tidak dapat ganti prodi lagi dk.

      untuk jelasnya silahkan hubungi
      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  96. Asalamualaikum.. Saya lulus SNMPTN tahun kemarin jalur bidik misi dan saat ini saya kuliah.. Tapi saya ingin mencoba SBMPTN tahun ini.. Pertanyaan saya jika saya lulus SBMPTN tahun ini apakah bidik misi saya masih berlaku.. Dan apakah saya akan dikenakan sanksi oleh universitas negri saya saat ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak berlaku lagi dk. pasti akan di beri sanksi oleh ptn saat ini. terkecuali adik langsung keluar dari ptn tersebut

      Delete
  97. kak saya lulusan 2015 saya ,kalo saya log in datanya bisa dsi tambahin gk ? soalnya waktu itu datanya gk kumplit

    ReplyDelete
  98. Kak, apakah peserta bidikmisi harus tetap membayar biaya pendaftaran sbmptn 2016 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca ketentuannya di: http://www.e-sbmptn.com/2016/04/cara-mendapatkan-kap-dan-pin-khusus.html

      Delete
  99. min gimana cara cetak kartu pserta bdikmisi dan formulir nya kok punya sya tdk bisa di unduh pdahal sudah ter conteng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca caranya di: http://www.e-sbmptn.com/2016/03/cetak-kartu-formulir-bidikmisi-20162017.html dk

      Delete
  100. Assalamualaikum kak. Kak, kalo saya sudah pilih jalur seleksi bidikmisi SBMPTN apa bisa pilih jalur PTS lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIdikmisi juga bisa digunakan di PTS dk,. namun baca dlu persyaratannya di PTS masing2 dan di situs bidikmisinya dk

      Delete
  101. Assalamu'alaikum kak saya sudah terlanjur bayar biaya seleksi sbmptn, tapi saya juga ikut bidikmisi jalur sbmptn, itu bagaimana ya kak? apakah bidikmisinya gugur? sedangkan pendaftaran sbmptn untuk bidikmisi dibuka tgl 11 mei jadi bagaimana ya kak? apakah saya mendaftar lagi tgl 11 mei nanti untuk melanjutkan bidikmisinya atau lanjut saja sbmptn yang sudah saya bayar? mohon jawabannya dengan sangat kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau adik ikut bidikmisi tapi tidak ikut SNMPTN maka pendaftaran SBMPTN sudah bisa dilakukan dk. tapi jika ikut SNMPTN maka pendaftaran SBMPTN baru bisa dilakukan setelah pengumuman SNMPTN. Nah, berhubung adik sudah bayar, adik mau daftar sekarang tapi tidak bisa ikut bidikmisi atau adik tunggu setelah pengumuman tapi uang pendaftaran SBMPTN hangus dan jangan mendaftar SBMPTN saat ini dulu.

      Delete
  102. Kalau misalnya kita lupa membayar biaya administrasi untuk yg non bidikmisi,apakah kita bisa daftar kembali ?

    ReplyDelete
  103. Kak ? Saya peserta snmptn non bidikmisi karna waktu itu saya tidak mengetahui batas waktunya. .
    Sekarang saya mau daftar bidikmisi sbmptn , apakah saya harus menunggu sampai pengumuman snmptn ?

    ReplyDelete
  104. Kak, kalau bayar biaya pendaftarannya lewat batas waktun yg di tentukan, masih bisa daftar lagi atau tidak ?

    ReplyDelete
  105. Kak,saya siswa alumni 2015 belum kuliah terus mau mendaftar bidik misi jalur sbmptn 2016,apabila kalau pihak sekolah sudah merekomendasikan dan mendaftarkan saya secara otomatis sudah ada KAP dan PIN? Mksh

    ReplyDelete
  106. Kak,saya siswa lulusan 2015,tahun lalu saya mendaftar jalur sbmptn dan gagal,dan akan mendaftar tahun ini bidik misi jalur simpan,apakah KAP dan PIN yg saya gunakan tahun lalu bisa dipakai untuk mendaftar bidikmisi sbmptn 2016? Makasih

    ReplyDelete
  107. Kak mau tanya, saya peserta snmptn namun wktu itu saya TIDAK MELALUI bidikmisi. Skrg saya mau mengikuti sbmptn MELALUI jalur bidik misi .. ituu brrti saya dftrnya yg mulai tgl 25 april atau tunggu yg mulai tgl 11 mei ya kak. Mohon responnya. Mksh sblmnya..

    ReplyDelete
  108. Kak mau tanya, kalo saya sudah mendapat KAP dan PIN untuk daftar SBMPTN dari jalur bidik misi, apa ketika saya lolos SBMPTN saya sudah dinyatakan penerima bidik misi? Soalnya saya mendapat KAP dan PIN sebelum saya memperbarui data yang ada, tapi setelah saya perbarui saya dinyatakan tidak memenuhi syarat, padahal saya sudah mendapat KAP dan PINnya, dan berhasil digunakan ketika saya mendaftar SBMPTN, tetapi jika saya saya lolos SBMPTN apakah saya terdaftar sebagai penerima bidik misi? Mohon bantuan nya ya kak. Terima Kasih

    ReplyDelete
  109. Min, ini mau tanya terkait kesalahan nama. Daftar SBMPTN lewat bidikmisi, sudah dapat KAP dan PIN SBPMTN, tetapi di laman bidikmisi nama kurang 1 huruf dan berakibat nama di SBMPTN juga salah. tetapi kartu belum dicetak. solusinya bagaimana Min?

    ReplyDelete