5 JALUR MASUK UGM T.A. 2015/2016

JALUR SELEKSI MASUK UGM T.A 2015/2016. Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu PTN terbaik dan banyak diidolakan di Indonesia. Hampir setiap tahunnya UGM diserbu oleh adik-adik peserta SNMPTN maupun SBMPTN. Nah, untuk masuk UGM ada beberapa seleksi yang bisa diikuti. Berikut adalah Ragam Jalur Seleksi Program Sarjana UGM T.A. 2015/2016

1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Biaya seleksi ditanggung pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi. Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN Klik Disini

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
SBMPTN merupakan pola seleksi mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN Klik Disini

3. Jalur Seleksi Prestasi
Jalur Prestasi merupakan seleksi masuk UGM berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi non akademik lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2015 dapat memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana. Jalur prestasi yang diselenggarakan oleh UGM adalah sebagai berikut: 

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU (PBUTM)
Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL KEMITRAAN (PBUK)
Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah nota kesepahaman (MoU) dengan mitra yang masih berlaku.

PENELUSURAN BIBIT UNGGUL BERPRESTASI (PBUB)
Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

PENELUSURAN BAKAT OLAHRAGA DAN SENI (PBOS)
Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

4. Jalur Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)

Seleksi Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2015, 2014, dan 2013 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi).

5. Jalur Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)
Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 JALUR MASUK UGM T.A. 2015/2016"

Post a Comment