PERTANYAAN SEPUTAR BIDIKMISI 2015/2016

Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak adik-adik sekalian mengenai bidik misi ?? telah kami rangkum di bawah ini. Diharapkan dengan adanya pertanyaan dan jawaban pertanyaan seputar Bidikmisi ini dapat menjawab kebingungan adik-adik selama ini. Berikut jawaban dan pertanyaan seputar Bidik Misi 2015/2016.

 
Apa saja syarat pendaftaran bidikmisi 2015/2016?

Jawaban
Syarat pendaftaran bidikmisi 2015 sedang kami susun dan akan kami kabarkan segera . Untuk sementara silahkan merujuk pada pedoman bidikmisi 2014 yang bisa diunduh pada alamat http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman

Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?




JAWABAN
Bidikmisi memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN. Penyerahannya diberikan langsung oleh PT.
Catatan: Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya)  Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara. Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.

Apakah Bidikmisi Gratis ?




JAWABAN
Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?




JAWABAN
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan terhadap yang berprestasi, bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang mana memberikan fasilitas pada yang tidak mampu untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?




JAWABAN
Jika sudah memilih salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai prosedur dan jadwal pendaftaran .

Apakah bisa perbarui data ?




JAWABAN
Untuk perubahan nama dan tanggal lahir, bisa melakukan permohonan perubahan nama dan tanggal lahir di menu biodata siswa, setiap pengajuan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pembatalan finalisasi, bisa mengajukan permohonan di menu dan login sekolah, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan permohonan di menu ekonomi di login siswa, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di menu rekomendasi siswa di login sekolah.

Apakah Mahasiswa Aktif Boleh Mendaftar ?




JAWABAN
Bidikmisi dikhususkan untuk calon mahasiswa. Untuk mahasiswa di PTN dibawah kemdikbud sudah disediakan beasiswa PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) dan BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa) yang bisa didaftar di bagian kemahasiswaan masing masing.
Dalam kondisi khusus dimana ada penerima bidikmisi ada yang mengundurkan diri, mahasiswa aktif pada angkatan yang sama bisa mengajukan diri / direkrut sebagai penerima bidikmisi.
Perlu diingat bahwa walaupun sudah menjadi mahasiswa, persyaratan menjadi penerima bidikmisi secara substantif tetap harus dipenuhi, yaitu harus tidak mampu secara ekonomi. Selain itu rekan rekan mahasiswa tetap harus memonitor tentang kelayakan penerima, misalkan ada yang ber gaya hidup mewah, mempunyai gadget dan biaya tidak murah bisa dilaporkan ke pusat ke alamat bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib memiliki KIP / KPS / BSM ?




JAWABAN
Pendaftar Bidikmisi diharapkan memiliki KIP / KPS / BSM , namun jika tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu atau surat lainnya yang membuktikan ketidakmampuan untuk memudahkan verifikasi nantinya.

Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?




JAWABAN
Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain.
Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan bagian kemahasiswaan / akadmik PT terkait.

Apakah Sekolah belum terakreditasi diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?




JAWABAN
Bagi sekolah yang belum terakreditasi ataupun yang akreditasinya masih dalam proses, pihak sekolah tetap bisa melakukan pendaftaran sekolah di laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/ dengan mengisikan nilai akreditasi dengan nol (0).

Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?




JAWABAN
Rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar 
  • Tidak mampu secara ekonomi
  • Berpotensi akademik baik
Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk diberikan solusi.
Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan.

Bagaimana penghentian bantuan karena cuti ?




JAWABAN
Cuti karena sakit atau alasan lain yang ditentukan oleh perguruan tinggi :
a. Dihentikan bantuannya dan digantikan dengan mahasiswa lain yang satu angkatan dan memenuhi persyaratan penerima Bidikmisi.
b. Khusus mahasiswa yang cuti karena sakit, perguruan tinggi harus mencarikan beasiswa/bantuan lain sebagai pengganti apabila mahasiswa tersebut telah aktif kembali.

Bagaimana Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Bidikmisi ?


JAWABAN
1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap) 
3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kmenterian keuangan)
4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)
Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.

Berapakah Besaran Biaya Bidikmisi ?




JAWABAN
Besaran Biaya Bidikmisi adalah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :
1. Komponen Biaya HIdup yang diberikan langsung sekecil kecilnya 600 ribu / bulan 
2. Komponen Biaya Pendidikan yang dikelola PT (tidak harus diberikan kepada mahasiswa penerima) sebesar besarnya 400 ribu / bulan 

Penerima Bidikmisi tidak dibebankan biaya pendidikan apapun yang dibayarkan untuk PT. untuk biaya pendidikan lainnya yang tidak wajib seperti field trip dan kunjungan industri teknisnya diatur oleh PT terkait tanpa membebani penerima Bidikmisi.
Kalaupun biaya SPP yang dibebankan pada mahasiswa reguler lebih kecil dari 2,4 juta / Semester. PT diperkenankan menggunakan sisa dana untuk pembinaan khusus penerima dan subsidi biaya pendidikan lain seperti biaya daftar ulang dan biaya gedung yang dibebankan selama masa studi. Mahasiswa Penerima berhak menerima detail alokasi anggaran sebesar 2,4 juta / semester

Berapakah Kuota Bidikmisi 2015/2016 ?




JAWABAN
Bidikmisi 2015 direncanakan untuk 60.000 penerima yang tersebar di ; - Seluruh PTN
- Seluruh PTS berakreditasi A di pulau Jawa, B di luar pulau Jawa dan C di daerah tertinggal

Dimana saya mendapatkan PIN ? Saya sudah mendapatkan KAP




JAWABAN
Pada saat anda mendaftar Bidikmisi sudah diberikan pasangan KAP dan PIN. 
Jika anda terlupa untuk mencatat PIN anda, bisa login kembali ke menu siswa di bagian pilihan seleksi dan catat kembali PIN anda

Subscribe to receive free email updates:

176 Responses to "PERTANYAAN SEPUTAR BIDIKMISI 2015/2016"

  1. admin saya ikut bidik misi ,sudah ada KAP sama PIN ,tapi saya mau daftar di UIN jadi KAP sama PIN nya untk SBMPTN sama atau ganti

    ReplyDelete
  2. ADMIN, SEKOLAH SAYA SELALU GAGAL DAFTAR KE BIDIK MISI,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saat ini halaman pendaftaran masih dalam perbaikan

      Delete
  3. Saya angkatan 2014 dan akan mengikuti seleksi lagi, apakah saya bisa menerima bidikmisi? Dan bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkatan 2014 sudah tidak bisa ikut bidikmisi dk.

      Delete
  4. apakah ada batasan jumlah pilihan PTN bagi siswa bidikmisi..?
    maksudnya dri info yg sya dapat, apkah bnar siswa bidikmisi hnya bsa memilih 1 PTN,2 jurusan ato 1 PTN,1 jurusan sja..? sedangkan memilih 2 PTN tdak dperbolehkan..?

    ReplyDelete
  5. Admin,
    Apakah mahasiswa bidikmisi dapat mengikuti seleksi beasiswa yang lain?
    Thank's

    ReplyDelete
  6. Admin,
    Apakah mahasiswa bidikmisi dapat mengikuti seleksi beasiswa yang lain?
    Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk, kalau di Universitasnya tergantung kebijakan kampus dk

      Delete
  7. apakah 600rb tsb termasuk biaya hidup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 600-700 rb/bulan rbu itu biaya hdup dk,. uang kuliah sudah dibayarkan

      Delete
  8. Bagaimana dengan pin dan kap bidikmisi tahun lalu, apakah masih bisa di pakai pada pendaftaran bidikmisi sbmptn tahun 2016?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya coba konsultasikan dulu dengan gru disekolah adik.

      Delete
  9. admin, apakah boleh siswa bidikmisi memilih 2 PTN,3 jurusan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih PTN sesuai ketentuan SNMPTN 2016 dk. Jika adik-adik lulus Bidikmisi dan lulus PTN pilihan di SNMPTN maka bidikmisi berlaku dk. dengan kata lain boleh dk. Namun untuk UIN coba cek, karena tahun lalu bidikmisi tidak berlaku untuk UIN.

      Delete
  10. Anak saya, Devi Arbiani Nasution terdaftar sebagai penerima beasiswa Bidik Misi Tahun 2015,dan sekarang lagi kuliah di Universitas Sumatera Utara S-1 Keperawatan, tapi sampai saat ini belum pernah menerima dana beasiswa tersebut dan setiap semester selalu membayar uang kuliah...., mohon pencerahan dari admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak Bapak lulus di USU melalui jalur apa Pak ?
      Seharusnya jika anak Bapak lulus melalui jalur SNMPTN/SBMPTN dan memang benar dinyatakan lulus seleksi Bidikmisi maka harus sudah mendapatkan biaya kuliah dari bidikmisi. Langkah yang harus bapak lakukan adalah menghubungi pihak bidikmisi dan melaporkan keluhan bapak.

      Delete
  11. Langkah apa yg akan dilakukan para mahasiswa yg belum mendapat dana beasiswa bidik misi tahun 2015..

    ReplyDelete
  12. Admin,gmana kalo pnghsilan gbungan keluarga 7jt tpi punya tanggungan 7?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhon maaf gmna apanya dk ? tlong pertanyaan nya diperjels

      Delete
    2. Baca disini dk >> http://www.e-sbmptn.com/2015/01/syarat-pendaftaran-bidikmisi-tahun-2015.htm

      Delete
  13. Min kalo sy dr jkarta terus skolah di pontianak , KK dan ktp ibu saya masih KK jakarta apkah bisa mndftar bdik misi?

    ReplyDelete
  14. Min, saya udah terima bidik misi apa boleh terima beasiswa Yang lain. ?

    ReplyDelete
  15. Min, saya udah terima bidik misi apa boleh terima beasiswa Yang lain. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beasiswa dari kampus itu tergantung kebijakan kampus dk. Biasanya adik-adik yang sudah mendapatkan bidikmisi tidak diperlehkan mendapat beasiswa sejenis lagi dikampus seperti beasiswa BBM, namun ada juga yang memperbolahkan beasiswa seperti beasiswa PPA dan beasiswa prestasi akademik lainnya.

      Kalau beasiswa dari no-kampus misalnya pemerintah daerah tempat adik tinggal biasanya boleh dk. jadi tergantung beasiswa seperti apa yang mau adik dapatkan lagi

      Delete
  16. min. kalau udah punya kps gak perlu surat keterangan tidak mampu?? soalnya disini susah banget ngurus surat keterangan tidak mampu. mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca disini dk >> http://www.e-sbmptn.com/2016/02/proses-cara-pendaftaran-bidikmisi.html

      Delete
  17. saya direkomendasikan sekolah min. kata pihak sekolah harus ada surat keterangan tidak mampu. sedangkan pas minta ke kelurahan katanya kps aja cukup. pas balek kesekolah katanya suruh cari info dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti pada tahun 2015 sudah di daftarkan oleh pihak sekolah dk ? No pendaftaran dan kode akses siswa adik pada tahun 2015 sudah ada dk ?

      Delete
  18. saya tamatan tahun ini. baru mau ngurus. tapi sekolah yang mau ngurusin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahun ini adik harus didaftarkan pihak sekolah dulu melalui http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ pada menu sekolah dk. hal itu jika memang adk. KPS sudah cukup sebagai bkti kalau adik kurang mampu dk, tidak perlu lagi surat keterangan tidak mampu dari kepala desa. Sekolah harus memberikan rekomendasi kepada pihak bidikmisi bahwa adik berhak direkomendasikan sebagai penerima biaya bidikmisi tahun ini.

      Untuk informasi lebih lengkap dari panitia bidikmisi adik bisa menghubungi melalui:
      Email bidikmisi@kemdikbud.go.id
      Facebook fb.me/program.bidik.misi
      Twitter twitter.com/bidikmisi
      Zendesk bidikmisi.zendesk.com
      Tlp. 021 57946100

      Delete
    2. Setelah didaftarkan sekolah melalui menu pendaftaran sekolah di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah . Selanjutnya Baru adik minta No. Pendaftaran dan Kode Akses Siswa, bidikmisi dari pihak sekolah dk.

      Delete
  19. ok. makasih ya min atas infonya. bener" membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 dk :)
      semoga sukses daftar bdikmisinya.

      Delete
  20. Untuk daftar bidikmisi sendiri itu sebenarnya ada tes nya gak min? Apa kalau dierima SNMPTN/SBMPTN itu sudah termasuk diterima bidikmisi? terus itu apa nilai persemester harus tetap/naik untuk tetap mendapatkan bidikmisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bidikmisi tidak pakai tes dk, sewaktu mendaftar bidikmisi adik juga diwajibkan menyertakan jenis seleksi yang adik ikuti sewaktu pengisian form bidikmisi. jadi kalau adik keterima bidikmisi dan lulus pada seleksi baik snmptn maupun sbmptn atau seleksi lainnya maka adik akan menerima bidikmisi. Tapi kalaupun adik lulus seleksi bidikmisi tapi tidak lulus di PTN maka bidikmisi tetap tidak akan diterima oleh adik. baca infonya di >> http://www.e-sbmptn.com/search/label/BIDIK%20MISI

      Delete
  21. Kak admin,apa seleksi snmptn 2016 di kenakan biaya...???
    Adik saya lagi ngurus seleksi snmptn 2016,katanya harus bayar sekian supaya bisa di daftarkan oleh sekolahnya.
    Makasih sebelumnya kak,mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seleksi SNMPTN gratis dk adik bisa baca di >> http://www.e-sbmptn.com/2016/01/pertanyaan-jawaban-seputar-snmptn-2016.html

      Delete
  22. Apakah kalau sudah mendaftar bidik misi snptn dan tidak diterima bisa mendaftar lagi di sbnptn dengan bidik misi juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk. baca di >> http://www.e-sbmptn.com/search/label/BIDIK%20MISI

      Delete
  23. Surat lainnya untuk pengganti KIP itu apakah seperti surat keterangan miskin yang dikeluarkan camat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat Keterangan Kurang mampu dari Kepala Desa saja dk.

      Delete
  24. Min, mau mastiin aja, jadi biaya kuliah peserta bidik misi itu uah terjamin semua? Termasuk uang pendaftarannya juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulus bidikmisi maka jika ikut sbmptn biaya gratis, kalau lulus di PTN uang kuliah gratis selama 8 semester untuk S1. uang saku juga diberi uang saku sebesar Rp 7.800.000 setiap tahun. Pertama kali masuk kuliah dapat uang transport dari kampung halaman, semakin jauh kampung halaman ke PTN maka semakin besar uang transpor. contoh anak padang kul di Aceh dapat uang transfort Rp. 5000.000

      Delete
  25. Jadi kalau lolos bidik misi jalur snmptn, kita bebas dari tanggungan biaya apapun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kuliah yang bebas dk,. kalau biaya beli diktat, buku, masih byar

      Delete
  26. Ka admin kalo semisalmya udah diterima nih bidik misi, nah pas semester 2 mau ngundurin diri itu gimana? Apa biaya yang selama perbulannya dikasih harus dikembalikan?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak dk,. namun bidikmisi adk akan dialihkan ke orang lain yang berhak dan pantas menerimanya.

      Delete
    2. Kalo pindah pro di untuk mahasiswa yang sudah dapat itu gimana?

      Delete
    3. sesuai kebijakan kampus masing2 dk. biasanya diberhentikan dan dikasi ke mahasiswa/i yang berhak lain

      Delete
    4. Apa perlu membuat surat pemgunduran diri ka?

      Delete
  27. Kak mau tanya tadi guru BK aku bilang Bidikmisi itu berlaku 2 tahun. itu jangka pendaftarannya atau jangka pemberiannya?

    ReplyDelete
  28. min,, klw mahasiswa mau pindah jurusan ke ptn lain bisa ga min ambil bidikmisi lagi?

    ReplyDelete
  29. Maaf, apakah bidikmisi harus sesuai dengan daerah tempat tinggal atau bisa seluruh Indonesia? Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Min, kalau bidikmisi sudah dapat nih smester 1 dan 2 mengambil uangnya, tiba2 semester 3 dapat tp gk di ambil, apakah bisa pencairan d'bidikmisi semester 4 nanti sekalian ngambilnya..
    Yang di semester 3 dan 4, terimakasih

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. min uang transpo sama biaya hidupnya itu bidikmisi kirim ke kitanya lewat apa?

    ReplyDelete
  34. min, apakah bidikmisi bisa melalui semua jalur seleksi? seperti SNMPTN, PMDK-PN, UMPN, Seleksi Mandiri PTS, seleksi mandiri PTN, dan SBMPTN? atau kah ada batas maksimal jalur seleksi yang dapat saya pilih?

    ReplyDelete
  35. Hallo kak. Mau tanya dong. Saya lulusan sma thn 2015. Tahun ini saya mau ambil bidik misi. Tpi masih bingung. Apa kalau kita diterima diPTN melalui jalur sbmptn ataupun UM sebagai maba bidik misi, keperluan seperti almamater dan buku pembimbing menggunakan uang pribadi atau sudah dibayar dari pemerintah? Terima kasih sbelumnya kak.

    ReplyDelete
  36. maaf saya mau tanya.. saya sudah daftar snmptn tetapi belum daftar bidikmisi. apakah masih ikut bidikmisi?

    ReplyDelete
  37. Admin saya tidak punya rumah sendiri,saya hidupnya menumpang.
    Lalu apakah saya harus menyertakan surat tagihan listrik dan bagimana dengan foto rumah?

    ReplyDelete
  38. Admin saya tidak punya rumah sendiri,saya hidupnya menumpang.
    Lalu apakah saya harus menyertakan surat tagihan listrik dan bagimana dengan foto rumah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. COba login dlu ke akun bidikmisinya ada keterangan untuk tidak punya rumah tidak ?

      Delete
  39. Kak nilai/rangking di isi oleh sekolah atau isi sendiri?
    Kalau isi sendri ga bisa di klik? Mohon di blas

    ReplyDelete
  40. admin, kalau ikutan snmptn pake bidikmisi kuotanya berapa ya? apa beda kuotanya sama yang ikutan snmptn gak pake bidikmisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota SNMPTN tetap sma dk. Jadi klo adik saat ini udah dapat KAP sama PIN bidikmisi dan ikut snmptn, maka jika nanti lulus adik sudah otomatis dapat Bidikmisi.

      Delete
  41. min saya mendapat bidikmisi semester dua ini, apa uang spp yang telah saya bayarkan di semester satu itu dikembalikan?

    ReplyDelete
  42. min saya mendapat bidikmisi semester dua ini, apa uang spp yang telah saya bayarkan di semester satu itu dikembalikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau kasusnya seperti ini sebaiknya tanya pihak kampus bagian kademiknya :)

      Delete
  43. Min nama saya itu aslinya pake tanda (,) tapi pada kolom nama bidikmisi tidak menghendaki tanda (,). Lalu bagaimana cara merubahnya? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Contoh Nama Pakai Tanda Koma nya dk ?

      Delete
    2. Misal nama saya Nia, Wijaya begitu min. Dan di akte saya asli ada tanda koma (,) nya

      Delete
    3. Ysdh tidak apa2 dk, jangan buat tanda koma nya

      Delete
    4. Tapi kan min namanya yang tertera di kolom biodata itu tidak dapat diganti. Nah lapor ke sistem PDSPK itu maksudnya bagaimana min?

      Delete
  44. Bagaimana proses penyaringan/seleksi bidik misi? Apakah jika daftar snmptn+bidikmisi ada 2 cara penyaringan/seleksi? Apakah jika bidik misi tidak keterima dapat mempengaruhi/menggeser snmptn saya? Mohon balas secara lengkap dan jelas terimakasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sleksinya beda dk, klo tidak lulus bidikmisi tidak berpengaruh pada SNMPTN, tapi klo lulus bidikmisi tapi SNMPTN gk lulus maka beasiswa gk dapet. abis gk kul kan :)

      Delete
  45. Saat seleksi snmptn, apakah antara siswa SNMPTN dengan SNMPTM+bidikmisi punya cara sistem khusus dan dibedakan cara seleksinya untuk keterima SNMPTN?

    ReplyDelete
  46. Min dalam seleksi snmptn memilih 2 ptn dan 3prodi. Dan di seleksi snmptn+bidikmisi hanya 1ptn,2prodi. Jadi bagaimana min? Apa pengisian prodi nya sama? Sedangkan saya memilih tiga prodi di jalur snmptn tanpa bidik misi. Mohon solusinya terima kasih

    ReplyDelete
  47. saya dan keluarga saya tinggal dirumah paman saya, desain rumahnya seperti prumnas, ayah saya hanya seorang wirswasta. apakah saya bisa mendapatkan bidikmisi jika foto rumah itu yang saya masukkan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk,. pada bagian opsi tinggal di rumah buat pilihan menumpang di rumah orang lain dk

      Delete
  48. Apakah semua ptn di indonesia melakukan pengecekan ke rumah penerima bidikmisi kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar dk, dicek walau sampai ke kampung2 terpencil dk.

      Delete
  49. Apakah pendaftar bidik misi bisa mengikuti jalur seleksi lebih dari satu,misalnya saya sudah daftar snmptn tapi saya juga ingin daftar pmdk-pn & SBMPTN,Apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk, baca aturan bidikmisi terbaru dk.

      Delete
  50. jika kakak/saudara kandung sedang menerima bidikmisi, apakah adik kandung bisa mendaftar bidikmisi min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama bisa mendaftar dan masih bisa diakses (artinya bisa login bidikmisi dengan jalur2 yg ada berarti bisa, kecuali ditulis maaf kakak/adik anda telah menerima beasiswa bidikmisi "hehe" selama bisa lanjutkan saja..

      Delete
  51. Min kalo snmptn bidikmisi itu apa bener cuma bisa 1 ptn 1 jurusan? Tolong dijawab dgn jls min

    ReplyDelete
  52. admin yang baik hatinya.. saya mau tanya. jadi gini misalnya saya mau daftar jalur snmptn,jalur pmdk pn dan kalau tidak masuk saya akan mempersiapkan jalur SBMPTN. nah pertanyaan saya. apakah diperbolehkan mendaftar di 3 jalur tersebut dengan bidikmisi saya? jawabannya masih banyak yg simpang siur.. jadi mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  53. admin yang baik hatinya.. saya mau tanya. jadi gini misalnya saya mau daftar jalur snmptn,jalur pmdk pn dan kalau tidak masuk saya akan mempersiapkan jalur SBMPTN. nah pertanyaan saya. apakah diperbolehkan mendaftar di 3 jalur tersebut dengan bidikmisi saya? apakah ada batasan maksimal mengenai jalur anak khusus bidikmisi? apakah bidikmisi bisa melalui semua jalur seleksi? jawabannya masih banyak yg simpang siur.. jadi mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  54. admin yang baik hatinya.. saya mau tanya. jadi gini misalnya saya mau daftar jalur snmptn,jalur pmdk pn dan kalau tidak masuk saya akan mempersiapkan jalur SBMPTN. nah pertanyaan saya. apakah diperbolehkan mendaftar di 3 jalur tersebut dengan bidikmisi saya? apakah ada batasan maksimal mengenai jalur anak khusus bidikmisi? apakah bidikmisi bisa melalui semua jalur seleksi? jawabannya masih banyak yg simpang siur.. jadi mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. BIsa Dimas,. misalnya udah daftar bidikmisi trus ikut snmptn dan ternyata tidak lulus, bidikmisi boleh digunakan lagi untuk pendaftaran SBMPTN dan seterusnya :)

      Untuk info lebih detail boleh baca aturan bidikmisi terbaru ya dimas :)

      Delete
  55. Mengapa kita disarankan daftar Bidikmisj dahulu sebelum daftar SNMPTN min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena pada borang SNMPTN ada menu yang mengharuskan konfirmasi KAP bidikmisi dk.

      Delete
    2. Borang itu apa kak? Dan disebelah mana nya ad menu konfirmasi KAP bidikmisi?

      Delete
    3. menu pengisian bidikmisi pada pendaftaran online snmptn dk. kalau adik sudah daftar snmptn pasti akan nampak disana menu bidikmisi dk.

      Delete
    4. Oke kak. Terimakasih buat infonya. Sngat membantu :)

      Delete
  56. Saya sudah mau memfinalisasi bidik misi tapi saat saya tekan simpan kenapa muncul pemberitahuan (Maaf! sistem masih dalam masa perbaikan.silakan ulangi nanti)

    ReplyDelete
  57. pada saat daftar snmptn itu input kap nya sesudah isi formulir kah? trus "Anda sudah tercatat sebagai Pelamar Beasiswa Bidikmisi dengan KAP" itu maksudnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan kap itu pada menu SNMPTN pada pendaftaran bidikmisi dk, kap itu di verifikasi pada menu snmptn agar bisa kalau lulus snmptn maka bidikmisi diterima dk

      Delete
  58. Saya sudah memfinalisasi snmptn namun saya belum verivikasi bidik misi. Lalu saya verifikasi, dan tertera tulisan anda menjadi pelamar bidikmisi. Apakah bidik misi itu berlaku? Karena di keterangan verifikasi dulu baru finalisasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlaku dk,. setelah verifikasi kap dan pin bidikmisi baru finalisasi dk

      Delete
    2. Lha kalau saya finalisasi snmptn dulu baru verifikasi bidik misi. Apa itu tidak papa?

      Delete
  59. tidak bisa verivikasi kap dan pin karna terjadi perbadaan data pada pdss dan bidik misi katanya min ?? solusinya bagaimana ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuaikan dlu datanya dengan yang di pdss adk dlu. tanya pihak sekolah yang telah mengisi data pdss adik

      Delete
  60. min foto bidikmisi klo kemeja bebas boleh ga? atau harus seragam?

    ReplyDelete
  61. saya mau bertanya min.
    tadi adik saya mengisi data bidik misi sudah sampai di setting pemilihan universitas namun ada kendala pemadaman listrik sehingga belum memproses ke menu slanjutnya, namun setelah pemadaman listrik adik saya membuka bidik misi dan mau menyeting ulang ternyata data telah di finalisasi.
    apakah masih bisa min untuk di setting ulang. . . ?

    ReplyDelete
  62. saya mau bertanya min.
    tadi adik saya mengisi data bidik misi sudah sampai di setting pemilihan universitas namun ada kendala pemadaman listrik sehingga belum memproses ke menu slanjutnya, namun setelah pemadaman listrik adik saya membuka bidik misi dan mau menyeting ulang ternyata data telah di finalisasi.
    apakah masih bisa min untuk di setting ulang. . . ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya hal seperti ini tidak pernah terjadi dk, karena finalisasi itu tidak dipengaruhi kematian listrik. untuk masalah apakah masih bisa di setting ulang tanyakan kepada guru BK nya ya dk. mungkin mereka bisa membantu.

      Delete
  63. kata guru bk adik saya sudah tidak di proses lagi min.
    apakah sudah tidak ada jalan lain untuk melanjutkan pendaftaran bidikmisi lagi min ?

    ReplyDelete
  64. Kalau verifikasi bidik misinya setelah finalisasi snmptn, bidik misinya masih berlaku nggak min?

    ReplyDelete
  65. Admin saya mau tanya, kk saya itu kk pamulang,tangsel tetapi skrng saya tinggal di limo,depok. Jika persyaratan Untuk membuat sktm menggunakan kk. Lalu saya buat sktmnya di kelurahan pamulang atau limo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat di alamat adik yang sesuai dengan KK adk.

      Delete
    2. Terus alamat untuk data di bidikmisi pake alamat mana min? Lalu jika kita sudah mendapatkan pin dan mendaftar snmptn tetapi sktmnya belum discan tidak apa apa kan min?

      Delete
  66. Admin, alamat di bidikmisi itu alamat tinggal sekarang apa alamat di kk? Soalnya alamat tinggal saya sekarang sudah bukan alamat yang di kk.

    ReplyDelete
  67. Admin, saya mau upload foto di pendaftaran bidikmisi kog gak bisa ? error terus padahal ukuran fotonya kurang dari 100kb? balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah resolusinya sudah benar 400 x 600 px dk ?

      Delete
  68. Min, KAP dan PIN Bidikmisi itu dapatnya dari mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pendaftaran Bidikmisi terlebih dahulu dk

      Delete
  69. kalau sudah terlanjur finalisasi snmptn sedangkan bidikmisi belum selesai datanya, apakah masih bisa mengikuti meneruskan bidikmisi ? balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah verifikasi KAP ssama PIN di SNMPTN dk? kalau sudah tidak masalah kalau di bidikmisi masih melakukan pengisian data dk.

      Delete
    2. soalnya saya dan teman sudah terlanjur finalisasi di snmptn,, belum verifikasi kap sama pin. masih bisa nerusin data bidikmisi kan kak?
      balas

      Delete
  70. pekerjaan ayah saya swasta. namun pada kartu keluarga pekerjaan ayah saya wiraswata karena pada saat memperbarui kk, pekerjaan tidak bisa dirubah. yang mau saya tanya dipada pilihan pekerjaan ayah, saya memilih pegawai swasta sedangkan di sktm pekerjaan ayah saya wiraswasta karena disesuaikan dengan kk. apakah itu tidak apa2?

    ReplyDelete
  71. Kakak Admin saya mau tanya, saya peserta bidikmisi 2016. Bolehkah peserta bidikmisi mengikuti lebih dari satu jalur seleksi di PTN? Misalnya saya ikut jalur SNMPTN dan PMDKPN juga. Apakah itu boleh?

    ReplyDelete
  72. Maaf saya ingin bertanya, bagaimana cara pembatalan finalisasi snmptn? Mohon bantuan dari admin, terimakasih.

    ReplyDelete
  73. Maaf saya ingin bertanya, bagaimana cara pembatalan finalisasi snmptn? Mohon bantuan dari admin, terimakasih.

    ReplyDelete
  74. Terjadi kesalahan nama dan tidak bisa diubah, diatas ada tulisan


    "Jika terdapat kesalahan NAMA, silahkan perbarui NAMA Anda yang benar pada sistem PDSPK di kemdikbud, kemudian pilih tombol "PERBARUI NAMA" di sebelah kanan kolom NAMA SISWA."

    Apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies

    1. Silahkan hubungi no di bawah ini untuk permasalahan adik

      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  75. Min... Saya mau nanya.. Kemarin kn saya sudah daftar bidikmisi.. Sudah dapat kap sama pinnya utk jalur sbmptn ... Tpi
    pas kap pin itu buat daftar sbmptn keterangannya kap pin tidak terdaftar.. Itu gimana? Mohon jawabanya.. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi no di bawah ini untuk permasalahn adik


      Call Center SBMPTN
      0804-1-456-456
      Melayani setiap hari
      pukul 08.00 - 20.00 WIB

      Delete
  76. min, apakah di semua prodi ada bidikmisinya?

    ReplyDelete
  77. Min Tanya.. Jika sudah menjadi mahasiswa semester 2 apakah bisa mendaftar bidikmisi ?

    ReplyDelete
  78. admin,saya mau tanya. saya seorang pelamar bidikmisi,apabila saya sudah lulus snmptm/sbmptn apakah saya dipastikan mendapatkan bidikmisi atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan ditinjau tim verifikasi langsung ke tempat tinggal adik, kalau data2 yang adik masukkan sewaktu pendaftaran benar dan valid sesuai di lapangan, Inshaa Allah kemungkinan terbesar lulus dk

      Delete
    2. Jadi min,misalnya saya orang medan tpi saya lulus nya di ptn padang. Jdi gimana? Admin kan bilang biaya transportasi semua di tanggung pihak bidikmisi. Sementara,apakah saya sudah dipastikan lulus bidikmisi atau pakai uang saya dulu nanti baru diganti oleh pihak bidikmisi,begitu min?

      Delete
  79. Min, saya mau tanya. saya ingin daftar seleksi mandiri Unsoed. tetapi di laman bidikmisi tidak ada pilihan Unsoed. Apakah itu berarti ujian mandiri unsoed tidak menerima bidikmisi atau harus tunggu?

    ReplyDelete
  80. Min saya mau tanya , nama saya tertera di pendaftar bidikmisi apa itu artinya saya sudah terdaftar dan apabila sya tidak lolos SNMPTN apa bisa dipakai untuk SBMPTN ? trimakasih mohon infonya

    ReplyDelete
  81. Admin, saya (lulusan thn 2015 dan belum menjadi mahasiswa) ingin mendaftar bidikmisi tetapi belum pernah direkomendasikan oleh sekolah. Jadi saya daftar secara pribadi. Nah di kolom DATA BANTUAN PEMERINTAH kita wajib mengisi kolom tersebut kan, pilihan bantuan pemerintahnya tuh ada KPS, KIP, dan BSM. Apabila saya tidak memiliki ketiga-tiga nya bagaimana? Sedangkan dipersyaratan apabila tidak memiliki KPS/KIP/BSM bisa menggunakan SKTM, tetapi tidak ada pilihan untuk SKTM.

    ReplyDelete
  82. Min kalo misalnya snmptn bidik misi, tapi sbmptn nya ga pake bidik misi bisa ga?

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum,
    Saya lulus bidikmisi di snmptn. Apa saya diperbolehkan mengikuti tes bidikmisi jalur mandiri di politeknik ?

    ReplyDelete
  84. Salam kak,
    Saya mau tanya, sebelumnya saya sudah daftar bidikmisi pmdkpn lalu sekarang saya mau daftar bidikmisi sbmptn, kira2 bisa gak kak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  85. Maaf kak saya mau nanya, kalo saya tdk ikut bidik misi tetapi saya dinyatakan lolos sbm/snm apakah biayanya sesuai penghasilan ortu? Dan apa msh bisa mendaftar jd penerima bidikmisi?

    ReplyDelete
  86. Maaf kak saya mau nanya, kalo saya tdk ikut bidik misi tetapi saya dinyatakan lolos sbm/snm apakah biayanya sesuai penghasilan ortu? Dan apa msh bisa mendaftar jd penerima bidikmisi?

    ReplyDelete
  87. Saya mau tanya , dalam seleksi SBMPTN itu yang calon penerima bidikmisi dengan yang regular/bukan calon penerima bidikmisi apakah nantinya seleksinya disendirikan ? Misalnya yang calon penerima bidikmisi saingannya dengan calon bidikmisi juga , apakah begitu?

    ReplyDelete
  88. Min saya mau nanya, klo kmrin pas dftr bidik misi tapi ga tercantum KAP sama PIN gmn? Bs diperbaiki gk? Saya uda lolos snmptn UPN tahun ini min

    ReplyDelete
  89. Jika calon penerima bidikmisi mendaftar SBMPTN tidak perlu membayar uang pendaftaran. Apakah juga berlaku pada UMPN ??

    ReplyDelete
  90. Min apa boleh bidikmisi dipakai untuk SBMPTN dan UM sekaligus?

    ReplyDelete
  91. Min,saya dinyatakan lulus snmptn nmun saya mendaftar sbmptn menggunakan kap dan pin dari bidikmisi tnpa melakukan pembayaran lagi. Apakah bidikmisi utk snmptn saya gugur?

    ReplyDelete
  92. Selamat siang admin, mw tanya nie, adik sy tahun 2015 diusulkan sekolah@ sebagai peserta bidik misi, tapi syng dy blm lulus di PTN y diinginkan, akhr@ skrng dy kuliah di D3 PTN dengan biasa sendiri, renc@ dy mw ikut tes lg di PTN, berharap rezeki dtng kepadanya thn 2016 ini, msh bolehkan dy ikt jalur bidik misi??tq

    ReplyDelete
  93. saya sudah mendapatkan KAP dan PIN snmptn, namun lupa verifikasi di situs snmptn dan sudah difinalisasi, skrg saya diterima di snmptn. bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum kak , kalau kita peserta didik misi yang gagal dari snmptn , dan ingin mengikuti jalur sbmptn apa kita bisa memakai kap dan pin dari bidik misi tapi jalur snmptn ?, trus bagaimana dengan prodinya , hal ini saya tanyakan karna dengar kabar daftar sbmptn dpt gratis ?

    Mohon segera dijawab ya kak

    ReplyDelete
  95. Assalamualaikum kak , kalau kita peserta didik misi yang gagal dari snmptn , dan ingin mengikuti jalur sbmptn apa kita bisa memakai kap dan pin dari bidik misi tapi jalur snmptn ?, trus bagaimana dengan prodinya , hal ini saya tanyakan karna dengar kabar daftar sbmptn dpt gratis ?

    Mohon segera dijawab ya kak

    ReplyDelete
  96. Min mau tanya, kalo semisal saya sudah daftar sbmptn secara akademik tapi sebenarnya ingin mendaftar secara bidik misi apa masih bisa dirubah?

    ReplyDelete
  97. kak mau tanya,apakah semua universitas menerima peserta bidikmisi lewat jalur sbmptn?

    mohon responnya kak...

    ReplyDelete
  98. min mau tanya, aku ketrima SNMPTN bidik misi, tapi aku mau nyobak jalur mandiri Ui lewat bidik misi juga, bermasalah gak ya min snmptn sama bidik misiku, mohon infonya

    ReplyDelete
  99. min mau tanya, aku ketrima SNMPTN bidik misi, tapi aku mau nyobak jalur mandiri Ui lewat bidik misi juga, bermasalah gak ya min snmptn sama bidik misiku, mohon infonya min

    ReplyDelete
  100. Admin saya mau nanya. Saya penerima bidikmisi lalu baru2 ini saya mendapatkan kartu indonesia pintar. Apakah saya bisa mendapatkan bantuan dana lagi dari KIP tersebut ?

    ReplyDelete
  101. kita kan bawa kartu peserta ujian sama surat kelulusan
    itu yang dilegalisir bersama foto yang skhu atau yang skl ?

    ReplyDelete
  102. persyaratan bidikmisi 2017 masih sma kaya 2016 gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada umumnya setiap tahunnya hampir sama dk.

      Delete
  103. assalamualaikum min .. sya mau tanya kalau penerima bidikmisi harus yang memiliki prestasi di bidang akademik saja atau non akademik juga bisa menerima min...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam dk,.. tidak harus dk, namun dianjurkan memiliki nilai yang bagus dan memang dari keluarga yang kurang mampu dk.

      Delete
  104. Kak admin, misal alamat di KK dan alamat yg kutinggali sekarang berbeda bagaimana? Karena tidak mungkin juga memperbarui KK, karena saya ngontrak berpindah-pindah terus. Mohon jawabannya terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. APakah adk bersama orang tua ?? jika tidak tuliskan alamat orang tua adik sekarang. karna yang akan di tinjau itu rumah orang tua adik, bukan kontrakan adik.

      Delete
  105. Ka admin sya mau tanya, sykan angkatan 2016 mau ikut sbm 2017, itu bisa daftar bidik misi gak...??

    ReplyDelete
  106. mf min mau nanya
    kalau mau menggati bidikmisi mahasiswa yang berhenti kuliah
    apa aja persyaratanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk syarat itu tergantung PTN masing-masing dk, coba tanyakan ke biro bidang akademik dk.

      Delete
  107. min, saya tidak memiliki kip/kps/bsm apakah saya tidak bisa mengikuti bidikmisi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk, nnti minta surat keterangan krang mampu dari kpala desa aja.

      Delete