PEMBAHASAN SOAL SMM PTN BARAT 2018


Pengertian UTBC & UTBK SBMPTN

Pengertian UTBC dan UTBK SBMPTN. Ada yang baru pada pelaksanaan ujian Sbmptn tahun ini, selain ujian keterampilan bagi beberapa prodi sbmptn seperti Seni dan Olahraga, terdapat juga ujian Sbmptn yang menggunakan komputer langsung yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jenis ujian seperti biasanya atau dengan kata lain Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melakukan Ujian Nasional (UN) sistem komputer (UTBK) atau sebelumnya dikenal juga dengan nama ujian CBT ini, sudah tidak bingung lagi, namun bagi adik-adik yang masih bingung silahkan baca dan pahami penjelasan singkat di bawah ini mengenai ujian UTBC dan UTBK Sbmptn. 

UTBK dan UTBC SBMPTN
Ujian UTBK Sbmptn
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem UTBK ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawab soal juga meggunakan kertas (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan tahun 2013 menggantikan ujian SNMPTN yang dihapuskan. Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat yang digunakan saja, kalau UTBK menggunakan Komputer sedangkan UTBC menggunakan Kertas.

Sistem ujian mana yang dipakai pada saat ujian SBMPTN 2018/2019?
Kedua sistem ujian baik UTBK maupun UTBC tetap di pakai pada saat pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik boleh menentukan untuk memilih sistem ujian yang mana saja, selama kuota masih tersedia. Untuk ujian sbmptn sistem UTBK biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, dan kuotanya sangat terbatas.

Penting!!!: Pendaftaran Ujian SBMPTN Sistem UTBK baru bisa dimulai pada tanggal 18 April (Setelah pengumuman SNMPTN 2018). Jadi kalau adik ingin melakukan pendaftaran saat ini maka hanya bisa melakukan pendaftaran SBMPTN dengan sistem ujian UTBC.
Demikianlah penjelasan mengenai Sistem ujian Sbmptn yang menggunakan UTBK dan UTBC, semoga bermanfaat. Bagi adik-adik yang ingin lolos PTN Favorit tahun ini, kami sudah menyediakan Materi Ebook lolos SBMPTN + Prediksi soal sbmptn 2018/2019 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem UTBK. Soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik berpeluang semakin besar lolos sbmptn. Untuk mendapatkan soal dan software soal SBMPTN silahkan klik Materi Plus Prediksi Soal SBMPTN 2018.

26 comments:

  1. jika matematika, kita menghitung hasilnya dimana kak? apakah nanti diberi kertas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya untuk ujian diberi kertas kosong untuk corat coret dk.

      Delete
  2. lebih aman utbc atau utbk dan ke akuratan nilainya lebih baik apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistem penilaian sama dk, gk ada yang beda. Bedanya cuman saat ujian satu menggunakan komputer/Android satu lagi menggunakan kertas. Klo adik suka pusing lihat lyar monitor maka akan lebih aman jika menggunakan kertas.

      Delete
  3. Soalnya beda atau sama saja kak?

    ReplyDelete
  4. Kalo soalnya gimana kak? Sama saja atau beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soal dan jumlah soal sama saja dk, medianya saja yang berbeda.

      Delete
  5. untuk utbk, komputer disediain atau kita bawa sendiri kak?

    ReplyDelete
  6. untuk utbk, pcnya disediain atau kita bawa sendiri kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PC/Komputer sdah disediakan panitia dk. Ujian yang bawa sendiri itu kalau menggunakan smartphone ANdroid dengan spesifikasi khusus, dan hanya berlaku di kota Bandung, berdasarkan keterangan terakhir.

      Delete
  7. Kak utk UTBK perangkatnya dri kita atau dari pihak Panitia SBMPTNnya?

    ReplyDelete
  8. Kak utk perangkat UTBK dari kita atau dri pihak SBMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UTKB perangkat PC/Komputer disediakan pihak panitia dk.

      Delete
  9. kalo ikut dua duanya apa boleh kak ?

    ReplyDelete
  10. untuk itu di semua daerah tes sbmptn pasti ada kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UTBK terbatas dibeberapa daerah dk

      Delete
  11. Kak kalau saya ambil utbk coret-coretan untuk soal matematikanya dimana?apakah diberi kertas kosong?
    Soalnya tahun lalu sy ikut sbm pkai kertas tpi gk diksih kertas ksong jdi coret-coretanya di soal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti akan disediakan sama panitia nya dk.

      Delete
  12. Kalo untuk utbc lembar jawabannya diperiksa manual/komputer ya?

    ReplyDelete
  13. Apakah utbk berlaku di daerah Jawa timur ?

    ReplyDelete
  14. Untuk mmemilih sistem apakah pada hari H atau jauh" hari kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat pendaftaran dan pengisian borang online SBMPTN dk.

      Delete
  15. kak saya udah bayar pendaftaranya, tapi belum saya isi data saya,dst. apakah saya bisa memilih utbk sekarang atau menunggu tanggal 18?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adik mendaftar sebelum tanggal 18 itu artinya adik masuk kelompo dengan sistem UTBC dk. Karena pendaftaran dengan sistem UTBK baru dimulai pada tanggal 18 April.

      Delete