PEMBAHASAN SOAL SMM PTN BARAT 2018


Ujian UTBC & UTBK SBMPTN

[www.e-sbmptn.com] Ujian UTBC & UTBK SBMPTN 2018. Informasi awal pelaksanaan SBMPTN 2018 telah tersedia. Jika pada tahun sebelumnya (2017) sistem ujian tulis dibagi menjadi ujian PBT dan CBT maka pada tahun ini namanya menjadi UTBC dan UTBK. Pada prinsipnya sama saja, hanya perbedaan nama saja. atau terjemahan dari PBT dan CBT. PBT adalah singkatan dari Paper Based Tests (Ujian Berbasis Kertas/Cetak) sedangkan UTBC adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Cetak. CBT merupakan singkatan dari Computer Based Test (Ujian berbasis komputer) sedangkan UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Jadi intinya sama saja, Jadi adik-adik tidak perlu terkecoh dengan istilah ini, adik-adik cukup pelajari Materi dan soal-soal sbmptn lebih sering, karena apapun basis (model) peraga ujiannya materinya tetap sama.


Berikut adalah penjelasan resmi mengenai UTBC & UTBK SBMPTN dari laman Sbmptn...

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem UTBK ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawab soal juga meggunakan kertas (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan tahun 2013 menggantikan ujian SNMPTN yang dihapuskan. Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat yang digunakan saja, kalau UTBK menggunakan Komputer sedangkan UTBC menggunakan Kertas.

Sistem ujian mana yang dipakai pada saat ujian SBMPTN 2018/2019?
Kedua sistem ujian baik UTBK maupun UTBC tetap di pakai pada saat pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik boleh menentukan untuk memilih sistem ujian selama kuota masih tersedia. Untuk ujian sbmptn sistem UTBK biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, dan kuotanya sangat terbatas.

Penting!!!: Pendaftaran Ujian SBMPTN Sistem UTBK baru bisa dimulai pada tanggal 18 April (Setelah pengumuman SNMPTN 2018). Jadi kalau adik ingin melakukan pendaftaran saat ini maka hanya bisa melakukan pendaftaran SBMPTN dengan sistem ujian UTBC.

SBMPTN 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai sistem ujian sbmptn utbc dan utbk, bagi adik-adik yang ingin segera menembus ptn / kampus negeri impiannya persiapkan diri sebaik mungkin. Miliki segera paket Materi dan Prediksi Soal SBMPTN 2018 dan Pembahasan yang telah kami sediakan.

No comments:

Post a Comment