PENGERTIAN DAN JENIS ISOMER KIMIA

Pengertian dan Jenis Isomer Kimia. Isomer adalah molekul yang mempunyai rumus kimia yang sama, namun mempunyai struktur yang berbeda. Berasal dari bahasa Yunani, isomer merupakan adaptasi dari kata ἰσομερής, isomerès; dimana isos berarti sama, dan méros artinya bagian. Isomer mempunyai jumlah atom yang sama untuk masing-masing unsur, tetapi mempunyai perbedaan susunan penempatan atom-atomnya. Isomer belum tentu mempunyai sifat-sifat yang sama, kecuali mempunyai gugus fungsi yang sama.

Jenis-jenis Isomer

Ada tiga tipe isomer yang akan dibahas di sini, yakni isomer kerangka, posisi, dan gugus fungsi.

Isomer rantai atau kerangka

Isomer rantai atau kerangka adalah molekul yang mempunyai kerangka yang berbeda, tetapi mempunyai rumus molekul yang sama. Isomer kerangka paling banyak terjadi pada alkana. Contoh isomer rantai atau kerangka adalah n-pentana, isopentana, dan neopentana.

Isomer 1Isomer 2Isomer 3
Kerangka Isomer Kimia
n-pentana
isopentana
neopentana

Isomer posisi

Isomer posisi atau regioisomer merupakan molekul yang mempunyai posisi gugus fungsi yang berbeda, melekat pada rantai induk yang sama. Pada contoh di bawah ini, gugus hidroksil (-OH) melekat pada n-pentana dalam tiga posisi yang berbeda.

Isomer 1Isomer 2Isomer 3

1-pentanol2-pentanol3-pentanol

Beberapa isomer aromatik ada karena gugus fungsi dapat diposisikan pada bagian yang berbeda pada cincin benzena. Sebagai contoh adalah xilenol. Xilenol mempunyai satu gugus hidroksil dan dua gugus metil sehingga mempunyai enam isomer.

Isomer gugus fungsi

Isomer gugus fungsi merupakan isomer struktur yang mempunyai rumus molekul yang sama, namun atom-atomnya terhubung dengan cara lain sehingga membentuk gugus fungsi yang berbeda. Sebagai contoh, sikloheksana dan 1-heksena mempunyai rumus molekul yang sama, yaitu C6H12. Kedua molekul tersebut dapat digolongkan menjadi isomer gugus fungsi, karena sikloheksana merupakan sikloalkana, sedangkan 1-heksena merupakan alkena.

Isomer 1Isomer 2


Isomer Gugus Fungsi
1-heksenasikloheksena

No comments:

Post a Comment