Ringkasan, Contoh Soal & Pembahasan Biologi Virus

Ringkasan, Contoh Soal & Pembahasan Biologi Virus. Kata virus berasal dari bahasa latin virion yang berarti racun. Hal tersebut berdasarkan sifat virus yang hampir semuanya dapat menyebabkan penyakit pada makhluk hidup. Virus hanya dapat memperbanyak diri dalam sel hidup, memiliki salah satu asam nukleat (DNA atau RNA) dengan selubung protein (kapsid), dan tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan. Virus mempunyai ukuran tubuh antara 25-300 nanometer ( 1 nm = 10 pangkat -9 m). Virus dapat diamati  menggunakan mikroskop elektron dengan perbesaran mencapai 50.000 kali.

A. Ciri-ciri Virus
  1. Virus hanya dapat hidup pada sel hidup atau bersifat parasit intraseluler obligat
  2. Virus memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan kelompok taksonomi lainnya
  3. Nama virus tergantung dari asam nukleat yang menyusun genomnya (materi atau partikel genetik), sehingga terdapat virus DNA dan juga virus RNA
  4. Virus tidak memiliki enzim metabolisme dan tidak memiliki ribosom ataupun perangkat/organel sel lainnya, namun beberapa virus memiliki enzim untuk proses replikasi dan transkripsi dengan melakukan kombinasi dengan enzim sel inang
  5. Virus tidak dikategorikan sel karena hanya berisi partikel penginfeksi yang terdiri dari asam nukleat yang terbungkus di dalam lapisan pelindung, pada beberapa kasus asam nukleatnya terdapat di dalam selubung membran
  6. Setiap tipe virus hanya dapat menginfeksi beberapa jenis inang tertentu
  7. Genom virus lebih beragam dari genom konvensional

B. Struktur Virus
Tubuh virus terbagi menjadi tiga bagian berikut:

virus influenza

1. Kepala Virus
Kepala virus berbentuk polihedral (segi banyak) yang berisi asam nukleat berupa DNA atau RNA. Pada bagian kepala virus diselubungi protein yang disebut kaspid. Kapsid yang paling kompleks ditemukan pada virus faga

2. Leher Virus
Leher sebagai penghubung antara kepala dan ekor.

3. Ekor Virus
Ekor virus berfungsi untuk melekatkan diri dan menginfeksi sel yang diserang virus. Bagian ini memiliki struktur tambahan berupa selubung ekor, lempengan dasar, dan serabut ekor. Pada setiap ujung serabut ekor terdapat reseptor yang berfungsi menerima rangsangan dari luar.


C. Perkembangbiakan Virus

Siklus Lisis: siklus lisis adalah reproduksi atau replikasi genom virus yang pada akhirnya menyebabkan kematian sel inang.

Siklus lisogenik: siklus lisogenik merupakan siklus replikasi geno, virus tanpa menghancurkan sel inang.


D. Bahaya Virus Bagi Kehidupan
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang tentunya akan merugikan dan membahayakan baik manusia, hewan, maupun tumbuhan;
  1. Influenza (flu) pada manusia. Penyakit ini disebabkan oleh Orthomyxovirus dan menyerang saluran pernapasan manusia.
  2. Flu burung pada unggas. Penyakit ini disebabkan oleh virus H5N1 (Avian Influenza) dan menyerang saluran pernapasan unggas. Virus ini dapat menular kepada manusia.
  3. Polio. Virus polio memiliki capsid dengan bentuk isokahendral, vironnya tidak berselubung, sferis, dan berukuran 20-30 nm, termasuk RNA virus. Manusia merupakan satu-satunya inang alami virus polio. Virus ini menyerang sel-sel yang membatasi saluran pencernaan dan sel-sel susunan saraf pusat, masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, atau pernapasan.
  4. Cacar (Smallpox). Virus Cacar (virus variola, smallpox virus) merupakan virus DNA dengan ukuran 250-400 nm.
  5. AIDS. HIV merupakan virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
  6. SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Disebabkan oleh virus baru yang bermutasi dari virus Corona. Virus ini menyerang sistem pernapasan.
  7. Hepatitis B. Virus ini berkembang di dalam jaringan hati, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel hati.
  8. Demam Berdarah Dengue (DBD). Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
  9. Virus New Castle Desease (NCD). Menyerang sistem syaraf pada ternak unggas, misal ayam. NCD umumnya disebut dengan tetelo
  10. Adenovirus penyebab penyakit saluran pernapasan, beberapa menyebabkan tumor pada hewan tertentu.
  11. Mosaik pada tembakau. Penyakit ini disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mozaic Virus) dan menyebabkan daun tembakau mengalami bercak-bercak kuning.

E. Manfaat Virus Bagi Kehidupan
Tidak semua virus bersifat merugikan. Berikut ini beberapa manfaat fan contoh virus yang bersifat menguntungkan.
  1. Virus dapat digunakan untuk memproduksi interferon. Interferon adalah protein yang diproduksi secara alami oleh sistem kekebalan tubuh akibat rangsangan biologis seperti virus, bakteri, dan protozoa. 
  2. Virus dapat digunakan untuk memproduksi profage. Profage adalah gabungan atau ikatan DNA virus dengan DNA bakteri/sel inang pada fase penggabungan daur lisogenik reproduksi virus.
  3. Virus dapat digunakan untuk memproduksi vaksin.
  4. Sebagai Anti bakterial

CONTOH SOAL VIRUS DAN PEMBAHASAN

Soal No.1
HIV sebagai penyebab penyakit AIDS akan mengakibatkan orang yang terinfeksi mengalami ....
A. Pengingkatan leukosit
B. Kerusakan hati dan limpa
C. Lemahnya sistem kekebalan
D. Peningkatan trombosit
E. Rusaknya sistem saraf

PEMBAHASAN:
HIV merupakan virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
Jawaban: C


Soal No.2 (UN 2012)
Bakteri Nitrosococcus, Nitrosomonas, dan Nitrobacter adalah bakteri yang menguntungkan tanaman karena ....
A. Mengubah senyawa amonia menjadi nitrat
B. Menyerap zat asam dalam tanah
C. Menyerap zat-zat organik dalam tanah
D. Meningkatkan nitrogen bebas dari udara
E. Mengubah senyawa bebas di udara

PEMBAHASAN:
Bakteri nitrifikasi merupakan kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrit dari senyawa amonia yang pada umumnya berlangsung secara aerob di dalam tanah. Bakteri nitrit misalnya Nitrosomonas dan Nitrisococcus, sedangkan bakteri nitrat misalnya Nitrobacter.
Jawaban: A 


Soal No.3 (UM UGM 2006)
Virus flu burung yang menyebabkan penyakit pada manusia dapat dianggap sebagai sel hidup
SEBAB
Virus flu burung mengandung bahan protein dan asam nukleat

PEMBAHASAN:
Virus flu burung yang menyebabkan penyakit pada manusia dapat dianggap sebagai sel hidup (makhluk hidup) karena dapat berkembang biak dengan cara replikasi pada jaringan tubuh sel inang. Virus flu burung juga mengandung bahan protein dan asam amino di dalam kapsidnya. Jadi, pernyataan dan alasan benar, tetapi tidak ada hubungan antara keduanya.
Jawaban: B

Untuk mendapatkan soal-soal biologi lainnya silahkan lihat disini, semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment