Cara Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017

Cara pendaftaran bidikmisi siswa
Cara Pendaftaran Bidikmisi

[www.e-sbmptn.com] Cara Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2017. Bidikmisi adalah bantuan pendidikan kepada siswa/i yang mengalami kekurangan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Bidikmisi selain diberikan kepada siswa yang kurang mampu juga haruslah siswa tersebut memiliki prestasi yang cukup baik di sekolahnya. Pendaftaran siswa/i yang akan mendaftar bidikmisi biasanya akan direkomendasikan oleh pihak sekolah sehingga nantinya yang menerima benar-benar siswa yang membutuhkan. Setelah didaftarkan oleh sekolah nantinya adik-adik juga akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses bidikmisi untuk login di situs bidikmisi. Disini admin e-sbmptn akan membagikan bagaimana cara mendaftar bidikmisi 2017/2018 oleh siswa.

Bagi adik-adik yang akan ikut seleksi SNMPTN dan SBMPTN, jika ingin mengikuti program bidikmisi juga haruslah mendaftar Bidikmisi terlebih dahulu, sehingga nantinya akan memperoleh KAP dan PIN yang dapat digunakan untuk mendaftar di SNMPTN dan SBMPTN. Perlu diketahui pada pendaftaran SBMPTN, KAP dan PIN ini nantinya akan berguna agar pendaftaran SBMPTN gratis tanpa dipungut biaya. Berikut panduan lengkap pendaftaran Bidikmisi 2017/2018 untuk siswa. Silahkan adik-adik cermati dan pahami sebaik mungkin.

Login Pendaftaran Siswa

  • Buka laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Login menggunakan nomor Pendaftaran dan Kode Akses. 
  • Klik Masuk (maka akan muncul dashboard pendaftaran bidikmisi)

Dashboard Pendaftaran Bidikmisi Siswa

Pada Dashboard siswa, terdapat menu dan langkah-langkah pendaftaran program bantuan biaya pendidikan Bidikmisi. Pada laman dashboard, tercantum langkah-langkah pendaftaran siswa yang wajib dipenuhi, diantaranya adalah: 
  1. Biodata Biodata pribadi siswa 
  2. Kondisi Ekonomi Data mengenai kondisi ekonomi orang tua 
  3. Data Keluarga Berisi mengenai daftar dan status keluarga siswa 
  4. Data Prestasi Daftar prestasi yang telah dicapai oleh siswa selama sekolah 
  5. Kondisi Rumah Data mengenai kondisi rumah yang ditempati 
  6. Aset Keluarga Data mengenai aset yang dimiliki oleh keluarga 
  7. Rencana Hidup Rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan 
  8. Jalur seleksi Pengisian jalur seleksi yang akan diikuti

Pelengkapan Data Bidikmisi

Pada pelengkapan data bidikmisi ini, adik-adik harus melakukan 10 (sepuluh) langkah pengisian data dan pencetakan yang terdiri dari: Pengisian Biodata, Pengisian Data Kondisi Ekonomi, Pengisian Data Keluarga, Pengisian Data Prestasi, Pengisian Data Rumah, Pengisian Data Aset, Pengisian Data Rencana Hidup/Tinggal, Pemilihan Jenis seleksi, Cetak kartu peserta, dan Cetak Formulir. Mari kita urai satu persatu.


1. Pengisian Biodata Bidikmisi

Pada laman form biodata, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data biodata siswa, diantaranya adalah:
  • NISN. Nomor Induk Siswa Nasional. Apabila siswa tidak memiliki NISN, maka gunakan NIS dari sekolah lalu tambahkan angka 0 hingga berjumlah 10 digit. Contoh, NIS dari sekolah 10396 maka NISN penggantinya adalah 1039600000.
  • Nama Siswa. Nama sesuai raport/ijazah jenjang pendidikan sebelumnya. Nama yang digunakan disini harus sama persis dengan nama yang digunakan untuk SBMPTN, SNMPTN dan seleksi lainnya.
  • Jenis Kelamin. Pilih sesuai Jenis kelamin siswa (adik-adik).
  • Agama. Isikan sesuai dengan agama adik (Agama yang dipeluk saat ini).
  • Tempat Lahir. isikan Kabupaten/Kota tempat kelahiran siswa.
  • Tanggal Lahir. Tanggal lahir siswa, harus adik isi sesuai dengan ijazah sebelumnya
  • Alamat. isi dengan alamat surat menyurat yang mudah dihubungi. Bisa diisikan alamat rumah orang tua saja.
  • Email. isi dengan alamat email yang valid dan bisa dihubungi.
  • Kode Pos. isi dengan kode pos daerah tempat tinggal.
  • No. Telepon. No Telepon yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada). 
  • No. Handphone. No Handphone yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada). Setelah melengkapi form biodata bidikmisi ini, klik pada tombol Simpan 
Setelah menekan/klik tombol maka hasil pengisian biodata akan ditampilkan dan bisa dilanjutkan untuk memasukkan foto diri. Mengunggah foto pribadi tidak diwajibkan namun sangat disarankan sebagai data pendukung. Cara memasukkan atau unggah foto pendaftaran bidikmisi adalah:
  • Tekan tombol Pilih file foto pribadi 
  • Pilih foto dari lokal disk laptop atau flashdisk adik-adik
  • lalu tekan tombol Simpan. 
Foto yang diupload ukurannya tidak boleh melebihi 300Kb. Khusus untuk fotopribadi, ukuran foto harus sama dengan 400x600 pixel. Untuk cara mengecilkan ukuran file yang diupload, silahkan klik dan baca cara mengubah ukuran pas foto bidikmisi, snmptn, dan sbmptn.


2. Pengisian Data Kondisi Ekonomi 

Apabila adik-adik (siswa) pertama kali memasuki menu ekonomi, siswa akan masuk ke halaman Form Ekonomi yang menampilkan form untuk mengisi/melengkapi data kondisi ekonomi orang tua. Pada halaman Form Ekonomi, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data ekonomi keluarga siswa.
Untuk tata cara lengkap pengisian Data Kondisi Ekonomi Orang Tua Bidikmisi silahkan klik disini.


3. Pengisian Data Keluarga

Apabila siswa belum pernah melengkapi data keluarga sebelumnya, maka siswa secara otomatis akan masuk ke halaman Form Keluarga. Pada halaman Form Keluarga, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data keluarga siswa.
Untuk tata cara lengkap pengisian Data Keluarga (Bidikmisi) silahkan klik disini.


4. Pengisian Data Prestasi

Halaman pada menu Prestasi digunakan apabila siswa pernah meraih prestasi semasa sekolah. Melalui halaman ini siswa mengklaim seluruh prestasi yang pernah dicapai sebelumnya.
Untuk tata cara lengkap pengisian Data Prestasi Bidikmisi silahkan klik disini.
5. Pengisian Data Rumah (segera di update)
6. Pengisian Data Aset (segera di update)
7. Pengisian Data Rencana Hidup/Tinggal (segera di update)
8. Pemilihan jenis seleksi (segera di update)
9. Pencetakan Kartu Peserta Bidikmisi (segera di update)
10. Pencetakan Formulir Bidikmisi (segera di update)

4 komentar:

  1. Bisakah kita login bidikmisi menggunakan nomor pendaftaran tahun lalu ?

    ReplyDelete
  2. Bisakah Siswa yang lulus tahun 2016 mendaftar bidikmisi 2017 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dk,. lakukan pembaharuan data dk.

      Delete
  3. saya lullus snmptn tapi tidak mendaftar bidikmisi sampai saat finalisasi karena kode akses sekolah tidak ada. apakah say boleh mendaftar bidikmisi di PTN penerima? atau harus ikut seleksi yang lain?

    ReplyDelete