Cara Pengisian Data Kondisi Ekonomi Bidikmisi 2017

[www.e-sbmptn.com] Pengisian Data Kondisi Ekonomi 2017/2018. Apabila adik-adik (siswa) pertama kali memasuki menu ekonomi, siswa akan masuk ke halaman Form Ekonomi yang menampilkan form untuk mengisi/melengkapi data kondisi ekonomi orang tua. Pada halaman Form Ekonomi, terdapat beberapa isian yang perlu diisi siswa guna melengkapi data ekonomi keluarga siswa, diantaranya adalah: 

Cara isi data kondisi ekonomi orang tua bidikmisi
Data kondisi ekonomi orang tua (Bidikmisi)
  • Pekerjaan Ayah/Wali. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ayah saat ini
  • Penghasilan Ayah. Pilih pilihan yang sesuai dengan rata-rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terkahir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-
  • Bantuan pemerintah (Jika Ada).  Pada form ini juga ditampilkan formulir bantuan pemerintah. Jika merupakan pemegang bantuan-bantuan ini silahkan Anda isi kolom isian ini. Pastikan juga data yang Anda isikan benar-benar valid. Kosongkan jika Anda bukan pemegang bantuan-bantuan ini.
  • Pekerjaan Ibu. Isi dengan pekerjaan yang sedang ditekuni Ibu saat ini.
  • Penghasilan Ibu. Untuk penghasilan ibu silahkan adik-adik pilih pilihan yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-'
  • Total Hutang Kepada Pihak Lain. Jika orang tua memiliki hutang kepada pihak lain maka silahkan isikan berapa totalnya. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan Cicilan hutang yang dibayarkan per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Total Piutang Kepada Pihak Lain. Isi dengan jumlah piutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan. Isi dengan jumlah cicilan piutang dibayar per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).
  • Tabungan Keluarga. Isi dengan Tabungan Keluarga Bentuk Kas / Giro atau setara kas lainnya
Penting!!: Perlu diketahui bahwa data pada form Ekonomi setelah disimpan tidak dapat dirubah kembali, maka dari itu disarankan untuk lebih teliti dalam mengisi form ini. 

Setelah data disimpan, secara otomatis adik-adik (siswa) akan masuk ke dalam Halaman Ekonomi yang menampilkan informasi kondisi ekonomi yang sebelumnya diinput. Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto SKTM melalui panel sebelah kanan pada halaman Ekonomi. Caranya adalah:
  • Klik/tekan tombol Pilih file foto scan SKTM lalu pilih filenya pada komputer. 
  • File foto harus berukuran tidak lebih dari 300Kb.
  • Setelah foto dipilih, lalu tekan tombol Simpan


Pertanyaan dan Jawaban Seputar Pengisian Data Kondisi Ekonomi Bidikmisi

Mengapa setelah mengisi bagian kondisi ekonomi saya dinyatakan tidak layak?

Jawab:
Jika anda sudah mengisi laman pendaftaran bidikmisi untuk siswa, pada bagian kondisi ada keterangan bahwa saya tidak layak menerima bidikmisi, kenapa ini terjadi ada kemungkinan sistem mencatat pendapatan yang anda isikan lebih besar daripada maksimal pendapatan orang tua yang diperkenankan yaitu 3 juta rupiah per bulan ada kemungkinan sistem mencatat jumlah pendapatan orang tua dibagi jumlah tanggungan lebih besar dari 750 ribu rupiah.
Jika ternyata anda percaya bahwa isian yang dilakukan tidak benar, bisa mengajukan permohonan pembetulan kondisi ekonomi pada laman yang sama, permohonan yang diajukan akan direview oleh operator dan akan diputuskan paling lama 7 hari kerja.
JIka nanti ternyata anda menemukan ada kandidat lain yang tidak layak dengan tanda tanda misalkan bergaya hidup mewah, atau ada laporan masyarakat keluarganya sering umroh, mohon dilaporkan ke panitia bidikmisi PT untuk diverifikasi ulang kelayakannya. Kandidat yang memalsu data akan dikenai sanksi sampai dengan pembatalan penerimaan di PT terkait.
Kami menganggap setiap pelanggaran terhadap peraturan merupakan hal yang sangat serius sehingga akan ditindaklanjuti dengan sangat serius.

0 komentar

Post a Comment