TIGA JENIS SELEKSI MASUK KAMPUS TERPOPULER

Seleksi Masuk Kampus (Stan,Snmptn,Sbmptn)
[E-SBMPTN.COM] Seleksi kampus merupakan seleksi untuk menyaring calon-calon mahasiswa/i baru yang biasanya diadakan setiap tahunnya. Seleksi ini terbagi menjadi seleksi yang bersifat ujian tes tertulis dan ada juga yang tanpa tes tertulis. Selain jenis tesnya, seleksi masuk kampus ini juga ada yang berbayar (contoh: sbmptn, pkn stan, umptkin, umbpt, stis, seleksi mandiri, dan jenis lainnya) dan terdapat juga yang tidak berbayar atau ditanggung pemerinta seperti; snmptn, spanptkin, dan jalur undangan lain.

Dari kesemua jenis seleksi masuk kampus diatas, setidaknya ada tiga seleksi yang hampir setiap tahunnya sangat diminati oleh calon mahasiswa baru (camaba). Berdasarkan pantauan e-sbmptn.com ketiga jenis seleksi tersebut adalah: seleksi SNMPTN, seleksi SBMPTN, dan seleksi usm PKN STAN. Pada kenyataannya SNMPTN dan SBMPTN sudah sangat populer dikalangan adik-adik SMA yang akan lulus. Nah, pada postingan saya yang berjudul "TIGA SELEKSI MASUK KAMPUS TERPOPULER" ini saya akan mencoba menguraikan secara ringkas mengenai ketiga seleksi tersebut.


#1. SELEKSI SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Seleksi SNMPTN merupakan seleksi yang diadakan tanpa melakukan ujian tertulis. Syarat mengikuti tes ini siswa sudah harus lulus UN. Kemungkinan kelulusan ditentukan oleh nilai raport, nilai un, akreditasi sekolah, dan kesesuai jurusan di SMA/Sederajat dengan jurusan yang dipilih pada saat mengikuti seleksi snmptn. Selain kriteria ini biasanya kelulusan juga ditentukan oleh seberapa baik kualitas sekolah adik-adik dimata kampus yang dituju (khusus yang sudah pernah lulus snmptn pada tahun sebelumnya). Biasanya sekolah yang siswanya sudah pernah diterima di kampus tersebut namun membatalkan kelulusan maka pihak kampus akan memblacklist sekolah tersebut untuk beberapa tahun. Jadi kalo sudah lulus sebaiknya diambil agar tidak menyusahkan sekolah dan adik-adik stambuknya. SNMPTN tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. Untuk informasi snmptn lainnya silahkan klik SNMPTN.

#2. SELEKSI SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Berbeda dengan SNMPTN, seleksi SBMPTN merupakan seleksi bersama yang bisa diikuti oleh seluruh adik-adik tamatan SMK/MA/SMK/sederajat sifatnya adalah ujian tertulis (pbt atau cbt). Nilai raport, akreditasi sekolah, nilai un tidak berpengaruh pada seleksi ini. Adik-adik akan lulus jika bisa menjawab soal dengan baik dan benar dan memenuhi standar kelulusan masing-masing jurusan yang dipilih, jika adik-adik menjawab benar dan memenuhi standar kelulusan maka dapat dipastikan 100% adik-adik lulus di kampus pilihan. Untuk mendaftar seleksi SBMPTN adik-adik akan dikenakan biaya pendaftara sebesar Rp 200.000,- (dapat berubah untuk tahun berikutnya). Khusus untuk adik-adik yang ikut daftar BIDIKMISI akan  digratiskan dari biaya pendaftaran. Jadi untuk lulus SBMPTN adik-adik harus berjuang dan terus berlatih soal, karena kulusan adik-adik murni atas usaha adik-adik sendiri. Untuk melihat model-model soalnya adik-adik bisa klik di Prediksi Soal SBMPTN & Pembahasan 


#3. SELEKSI PKN STAN (USM Politeknik Keuangan Negara STAN)

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN merupakan seleksi yang pendaftarannya berbayar sebesar Rp 250.000,-. Seleksi PKN Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan seleksi yang paling sulit untuk dihadapi. Ada tiga tahap tes yang hasur adik-adik lalui, masing-masing tahap akan menyisihkan peserta yang gagas atau tidak lulus tes. Selain hal tersebut PKN STAN merupakan kampus yang menyediakan sistem ikatan dinas, artinya seletah lulus kemungkinan besar akan ditempatkan sebagai PNS, sehingga seleksi ini sangat diminati, saingan yang banyak tentunya, dan persyaratan yang ketat (seperti nilai raport minimal 70 dengan skala 100 atau 2,8 dengan skala 4). Namun jika adik-adik belajar tekun dan bersungguh-sungguh, pasti besar kemungkinan akan lulus. Untuk mendapatkan contoh soal tpa dan bahasa inggris pkn stan silahkan adik-adik silahkan klik soalpknstan.

Nah demikianlah jenis-jenis seleksi masuk kampus yang populer menurut saya, jika adik-adik memiliki jenis seleksi lain, silahkan tampahkan di kolom komentar. Selamat bejar dan jangan pernah letih untuk berlatih. Ada kata bijak yang perlu adik-adik ingat:
Jika kamu tak tahan lelahnya belajar maka kamu akan merasakan perihnya kebodohan
-iman Syafi'i-

0 komentar

Post a Comment