PENDAFTARAN SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 2016/2017

INFO PENDAFTARAN SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 2016/2017. APA ITU SPAN-PTKIN ?? SPAN-PTKIN 2016/2017 merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan TInggi Keagamaan Islam Negeri) ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN.

APA TUJUAN DIADAKANNYA SPAN-PTKIN 2016/2017 ??
  • Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya melalui SPAN-PTKIN untuk memperoleh pendidikan tinggi di UIN/IAIN/STAIN
  • Mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi melalui seleksi siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah


CARA PENDAFTARAN SPAN-PTKIN 2016/2017 UNTUK SEKOLAH:


CARA PENDAFTARAN SPAN PTKIN 2016/2017 UNTUK SISWA:


SISTEM PEMERINGKATAN SPAN-PTKIN 2016/2017:
Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2016, mulai semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima). Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan Panitia Nasional dan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SPAN-PTKIN 2016.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI SPAN-PTKIN 2016/2017:
Peserta dapat mengecek kelulusan pada web span-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran.

No comments:

Post a Comment