Jadwal Pendaftaran dan Tata Cara Mengikuti PMDK PN 2016/2017

PMDK PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri ) - Jalur PMDK-PN 2016/2017 merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

PMDK PN
Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur PMDK-PN 2016/2017 tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur PMDK-PN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN dapat diakses pihak sekoiah melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line.

Selain mengakses situs www.pmdk.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam PMDK-PN ini. Selanjutnya kami mengharapkan kerjasama semua pihak yang terkait dengan sistem PMDK-PN sehingga proses ini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.


Ketentuan Umum dan PersyaratanPMDK PN 2016/2017

Ketentuan Umum

  • PMDK-PN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMDK-PN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti PMDK-PN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
  • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2016.

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester
Penerimaan
Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus PMDK-PN 2016, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima.


Jadwal Pendaftaran PMDK PN 2016/2017
TanggalUraian
9 Februari - 15 April 2016Penyebaran dan request undangan
10 Februari - 29 April 2016Pengisian data oleh sekolah 
10 Februari - 2 Mei 2016Pengisian data oleh siswa
10 Februari - 9 Mei 2016Penerimaan berkas (Cap pos terakhir 9 Mei 2016)
30 Mei 2016Pengumuman


Program Studi dan Jumlah Pilihan PMDK PN 2016/2017
Pendaftar boleh memilih 3 pilihan dari 2 Politeknik dengan program studi yang berbeda

Tata Cara Mengikuti PMDK PN 2016/2017
Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016 berhak mengikuti PMDK-PN. Untuk mengikuti PMDK-PN.
  • Siswa pendaftar harus di rekomendasikan terlebih dahulu oleh pihak sekolah
  • Siswa pendaftar melakukan pengisian data
Biaya Pendaftaran PMDK PN 2016/2017
Siswa pelamar tidak dikenai biaya pendaftaran.


Prinsip dan Mekanisme Seleksi PMDK PN 2016/2017

Prinsip Seleksi

  • Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  • Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  • Seleksi dilaksanakan secara objektif dan adil dengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri masing-masing.
  • Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:
  • Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di Politeknik Negeri pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di Politeknik Negeri pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Alur dan Prosedur Pendaftaran PMDK-PN 2016/2017
Download Alur dan Prosedur Pendaftaran PMDK-PN Download Buku Petunjuk untuk Sekolah
Download Buku Petunjuk untuk Siswa


Bidikmisi (PMDK PN)
  • Siswa yang akan melanjutkan studi di PTN tetapi terkendala dengan biaya dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  • Bagi pendaftar PMDKPN yang juga melamar sebagai peserta BIDIKMISI, keputusan DITERIMA BIDIKMISI atau TIDAK DITERIMA tergantung dari evaluasi masing-masing Politeknik. Dengan kata lain, apabila anda DITERIMA di Politeknik tujuan, BELUM TENTU DITERIMA BIDIKMISI JUGA

Alamat Panitia PMDK PN

Tim Pusat
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Jl. Raya ITS - Kampus ITS Sukolilo
Surabaya 60111, INDONESIA
Telp : 62 31 594 7280
Fax : 62 31 594 6114
Tim Lokal
Seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (42 Politeknik Negeri Se Indonesia). Lihat halaman Daftar Politeknik


Nah, demikianlah informasi seputar Jadwal Pendaftaran dan Tata Cara Mengikuti PMDK PN 2016/2017. Bagi adik-adik yang belum lulus di SNMPTN/PMDK PN jangan berkecil hati, raih kesempatan adik-adik untuk lulus di PTN Favorit melalui Ujian SBMPTN. Kami juga sudah menyiapkan Prediksi Soal SBMPTN 2016 ITS yang lengkap dengan pembahasannya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2016/2017. Jika berminat Silahkan Klik Disini !!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Pendaftaran dan Tata Cara Mengikuti PMDK PN 2016/2017"

Post a Comment