UNIVERSITAS YANG TEPAT UNTUK JURUSAN SOSHUM (IPS)

Universitas yang Bagus Untuk Jurusan Soshum (IPS). Pendaftaran SNMPTN Tahun 2016 akan digelar dua hari lagi, tepatnya tanggal 29/02/2016. Nah, bagi adik-adik pelajar SMA/sederajat yang berprestasi, tentunya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2016 ini  menjadi gerbang terbaik untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia. Kendati demikian, adik-adik harus cermat dalam memilih prodi maupun universitas, supaya lolos seleksi dan tidak menyesal di kemudian hari. 

Universitas Yang Tepat Untuk Jurusan Soshum (IPS)
Selain kelompok sains dan teknologi (saintek), prodi-prodi di kelompok sosial dan humaniora (soshum) juga tak bisa dianggap remeh lantaran memiliki persaingan yang sama ketat. Berikut ini beberapa jurusan favorit kelompok soshum dari tahun ke tahun, beserta kampus yang memiliki akreditasi A Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk prodi terkait.

1. Prodi Manajemen
Sebanyak 144 ribu pelajar memilih manajemen pada SNMPTN 2014. Tak heran, pada SNMPTN 2015 prodi ini kembali menduduki jumlah peminat tertinggi untuk kelompok soshum. Peluang karier prodi manajemen cukup beragam seperti, konsultan manajemen dan bisnis, manajer atau konsultan pemasaran, sampai wirausaha.

Prodi Manajemen yang memiliki akreditasi A banyak tersedia di perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Bengkulu, Universitas Brawijaya (UB), Universitas Dipenogoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Universitas Jember, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Sriwijaya (Unsri), dan Universitas Sumatera Utara (USU).

2. Prodi Akuntansi
Prodi ini tepat bagi para individu yang teliti. Tak hanya itu, peluang karier lulusan akuntansi juga cukup luas. Prodi ini masuk tiga besar terfavorit pada SNMPTN 2015. Sedangkan pada SNMPTN 2014 jumlah peminatnya mencapai 110 ribu siswa.

Jumlah peminat yang banyak pada prodi akuntansi sebanding dengan pilihan kampus terbaik yang tersedia di Tanah Air. Kampus-kampus tersebut meliputi Unair, Universitas Bengkulu, UB, Undip, UGM, Unhas, UI, Unsoed, Unpad, UNS, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Universitas Udayana (Unud).

3. Prodi Ilmu Komunikasi
Ilmu komunikasi belakangan semakin diminati para calon mahasiswa. Jurusan ini memiliki peluang karier yang sangat luas. Bahkan banyak perusahaan bersedia menerima lulusan komunikasi untuk ditempatkan pada bidang di luar keilmuannya. Setidaknya 50 ribu peserta SNMPTN 2015 mendaftar prodi ini.

Beberapa kampus yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk prodi ilmu komunikasi di antaranya, Unair, Undip, UGM, UI, Unsoed, Universitas Lampung (Unila), Unpad dan UNS.

4. Prodi Hukum/Ilmu Hukum

Selain prestise, masuk ke prodi hukum juga memberikan berbagai pengalaman menarik, seperti berbagai praktik hukum yang cukup luas mulai dari hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Meski tak masuk tiga besar prodi favorit, pada SNMPTN 2014 peminat prodi ini mencapai lebih dari 70 ribu siswa. PTN yang memiliki akreditasi prodi hukum A di antaranya, Unair, Undip, UGM, UI, Universitas Bengkulu, UB, Unhas, Universitas Jambi (Unja), Universitas Jember (Unej), Unsoed, Unila, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Unsrat, Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Unud.

Sumber: okezone[dot]com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNIVERSITAS YANG TEPAT UNTUK JURUSAN SOSHUM (IPS)"

Post a Comment