PERBEDAAN UJIAN TULIS SISTEM CBT DAN PBT PADA SBMPTN 2016/2017

Ujian Sbmptn CBT, Ujian SBMPTN PBT, Perbedaan ujian CBT dan PBT Sbmptn, Pengertian CBT dan PBT dalam Sbmptn, Beda CBT dan PBT pada SBMPTN, Ujian tulis SBMPTN sistem CBT, Ujian SBMPTN sistem PBT.

Oke, kali ini admin akan mengupas tentang: Perbedaan Ujian Tulis Sistem CBT dan PBT pada seleksi SBMPTN. Pada pelaksanaan ujian Sbmptn saat ini, sistem ujian tulis yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu: ujian Sbmptn yang menggunakan komputer langsung atau dikenal Computer Based Test (CBT) dan jenis ujian tulis seperti biasanya atau dengan kata lain Paper Based Test (PBT). Nah, mungkin sebahagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melakukan Ujian Nasional (UN) sistem CBT tentu sudah paham, namun bagi adik-adik yang masih bingung tentang ujian Sbmptn sistem CBT ini, silahkan baca dan pahami penjelasan singkat di bawah ini mengenai CBT dan PBT.
Perbedaan CBT dan PBT
Ujian Cbt Sbmptn

Computer Based Test (CBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi.

Paper Based Test (PBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam Paper (kertas) dan menjawab soal juga meggunakan kertas lembar jawaban komputer (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn pertama kali diadakan (2013). Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat yang digunakan saja, kalau CBT menggunakan Komputer sedangkan PBT menggunakan Kerta.

Sistem ujian mana yang dipakai pada saat ujian SBMPTN 2017/2018?
Kedua sistem ujian baik PBT maupun CBT tetap di pakai pada saat pelaksanaan ujian tahun ini. Adik-adik bebas menentukan untuk memilih sistem ujian. Untuk ujian sbmptn sistem CBT biasanya dipengaruhi oleh panlok ujian, jadi jika kuota sudah terpenuhi maka sistem akan dialihkan ke PBT. Soal dan lama waktu pengerjaan soal SBMPTN CBT dan PBT tetap sama.

Demikianlah penjelasan mengenai Sistem ujian Sbmptn yang menggunakan CBT dan PBT, semoga bermanfaat. Bagi adik-adik yang ingin lolos PTN Favorit tahun ini, kami sudah menyediakan Ebook lolos SBMPTN + Prediksi soal sbmptn 2017/2018 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem CBT. Soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik berpeluang semakin besar lolos sbmptn. Untuk mendapatkan soal dan software soal SBMPTN silahkan klik disini !!!.

0 komentar

Post a Comment