PENGERTIAN CBT DAN PBT DALAM UJIAN SBMPTN

Pengetian CBT dan PBT SBMPTN. Ada yang baru pada pelaksanaan ujian Sbmptn tahun ini, selain ujian keterampilan bagi beberapa prodi sbmptn seperti Seni dan Olahraga, terdapat juga ujian Sbmptn yang menggunakan komputer langsung atau dikenal Computer Based Test (CBT) dan jenis ujian seperti biasanya atau dengan kata lain Paper Based Test (PBT). Nah, mungkin sebagian dari adik-adik yang sekolahnya sudah pernah melakukan Ujian Nasional (UN) sistem CBT ini sudah tidak bingun lagi, namun bagi adik-adik yang masih bingung silahkan baca dan pahami penjelasan singkat di bawah ini mengenai CBT dan PBT. 

Ujian CBT Sbmptn
Computer Based Test (CBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian Sbmptn dan tidak menggunakan kertas lagi.

Paper Based Test (PBT) adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis dan menggunakan kertas. Semua soal disajikan di dalam kertas dan menjawab soal juga megguanakan kertas (LJK) seperti pada ujian-ujian sbmptn sebelumnya (2015, 2014, 2013). Jadi perbedaan mendasarnya hanya pada alat yang digunakan saja, kalau CBT menggunakan Komputer sedangkan PBT menggunakan Kerta.

Demikianlah penjelasan mengenai Sistem ujian Sbmptn yang menggunakan CBT dan PBT, semoga bermanfaat. Bagi adik-adik yang ingin memiliki prediksi soal sbmptn 2016 dan pembahasan juga software simulasi sbmptn untuk melatih ujian sistem CBT bisa klik disini !!!.

Subscribe to receive free email updates:

70 Responses to "PENGERTIAN CBT DAN PBT DALAM UJIAN SBMPTN"

  1. Min, itu b'arti qta boleh milih kan mau daftar ujian tertulis.ny untuk CBT atau PBT?? Nggk mungkin kan min ujian tertulis.ny 2x??

    ReplyDelete
  2. Kita boleh pilih dk mau ujian sistem CBT atau PBT asal di tempat adik melakukan ujian memang sudah tersedia fasilitas CBT, kalau belum ya sistem ujiannya tetap PBT (Ujian tulis menggunakan kertas seperti tahun2 yang sudh lewat)

    ReplyDelete
  3. apakah bisa mengikuti keduanya? dikarenakan waktu pelaksanaan tidak berbarengan.
    trims

    ReplyDelete
  4. Min mau tnya nih, soal un 2016 cbt Dan pbt sama nggak ? Apa soal Nya beda2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya sama dk, aplikasinya yang beda, satu pakai komputer satu lagi ujian kertas seperti UN UN sebelumnya dk

      Delete
  5. Min, minta daftar ptn apa saja yang menerapkan cbt. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum diumumkan di wilayah mana saja yang menyediakan sistem CBT dk. nanti akan di infokan

      Delete
  6. maaf min mau tanya..
    kedua jenis tes (PBT dan CBT) itu pesertanya harus ada di lokasi ujian yg sudah ditentukan??
    atau yg PBT saja yg ada dilokasi ujian sedangkan CBT bisa dari luarkota ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosedurnya sama seperti PBT dk, hanya media ujiannya saja yang berbeda dk.

      Delete
  7. Min, mau nanya Kalau Seandainya lulus Snmptn bolehkah ikut sbmptn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak boleh dk,. karena jadwal daftar ulang SNMPTN sama dengan ujian sbmptn dk.

      Delete
  8. Min, seandainya tetap daftar sbmptn Karena takut snmptn tak lulus, Soalnya Untuk pendaftaran CBT dibuka tgl 25 april sampai 9 mei sedangkan pengumuman hasil seleksi snmptn masih tgl 10 mei nya. Itu bagaimana min soalnya untuk berjaga jaga.. Maksdnya apakah Kita boleh daftar dulu.. soalnya kan Tgl 25 April - 9 mei, kita kan belum tau hasil seleksi snmptnnya?

    ReplyDelete
  9. Kak.. gini nih misalkan kita dapat snmptn nah terus kita milih dijogja sama dikaltimm.. tapi kita keterimanya dikaltim.. sebenernya minatnya dijogja..
    Jadi gimana solusinya??
    Trus PBT itu ke kampusnya langsung kah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di kaltim ga usah di ambil, ikut aja sbm tp kalo daftar sbm artinya snm yang di kaltim di lepas..

      Delete
  10. Min, saya sudah daftar Snmptn Tapi kemaren pas saya log in kenapa tidak bisa yaa min?
    Dan juga Pemberian Nomer UN untuk snmptn apakah saat mencetak kartu Snmptn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Login baru bisa mulai 22 maret ya dk,. iya benar memasukkan no un sewaktu akan melakukan pencetakan kartu Peserta dk.

      Delete
  11. Maaf min mau nanya lagii, Apakah pendaftar sbmptn harus ikut ujian Cbt sama pbt atau bisa milih salah satunya?
    Nah untuk tempat pelaksanaan ujiannya siapa yg menentukan min?

    ReplyDelete
  12. Min barusan saya liat jadwal ujian cbt nya, dari 28-30 mei, berarti kita bisa ikut sbm dulu dong sebelum verifikasi bagi yg keterima undangan?! Mohon pemcerahannya

    ReplyDelete
  13. ...sedangkan verifikasi tanggal 31 mei

    ReplyDelete
  14. Min klo cbt apa ujiannya di lakukan di lain tempat? Dan tidak ditentukan ?

    ReplyDelete
  15. Min kalau kita ujianx pake cbt trus udah ujian hasil ujiannya langsung ada atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak dk,. jawaban adik tersimpan di database dan tidak langsung ditampilkan, agar pengumumannya bersamaan dengan PBT.

      Delete
  16. Min mau tanya klo cbt dan pbt buat smp itu cbt brp paket?pbt brp paket?katanya cbt ada 142 paket benar?apakah cbt dan pbt soalnya sama?bantu jawab ya min penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata siapa dk ? apa sumbernya dari panitia SBMPTN dk ?

      Delete
  17. Min, itu kan ada pbt sama cbt apa ada kuota khusus untuk cbtnya sendiri..?

    ReplyDelete
  18. Min soal sbm itu beda ga setiap jurusan yg dipilih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, ya. Soal SBM itu sama saja, kok, sepanjang dalam rumpun yang sama. Soalnya cuma dibedakan antara IPA/Saintek dengan IPS/Soshum

      Delete
  19. Min pelaksanaan tes SBMPTN itu di PTN yang kita pilih langsung atau PTN terdekat ya ?

    ReplyDelete
  20. Min tanya lagi dong, apakah tes SBMPTN dengan metode PBT lebih di prioritaskan ?

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Min, tanya donk itu kalo tes CBT kita bisa mengulang soal yg belum dinkerjakan di awal2 gak? Apa harus urut? Kan terkadang kita ngerjakan soal di loncat2 mana yang mudah dulu. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus urut mba, saya UN kemaren sistem cbt, mba bisa ulang2 di samping kanan monitor ada daftar nomer, mba bisa ke soal nomer berapa aja dengan cara klik nomer yang ada di daftar..
      soal tersebut juga bisa di tandai bila ragu2..
      nanti soal tersebut nomernya akan bewarna kuning..

      Delete
  23. Min lebih baik menggunakan cbt atau pbt? Apa plus minus Dari keduanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kenyamanan adik, klo adik tidak nyaman di depan layar monitor maka sebaiknya ambil yang PBT saja dk

      Delete
  24. Min sistem cbt di UN sama SBM beda ga? kalo misalnya udah jawab tapi pgn di cancel jd gajadi jwb. Ada caranya ga min? Soalnya kalo UN ga ada,cuma bisa ganti jawaban

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistemnya pasti tidak berbeda jauh dk.

      Delete
  25. bismillah admin saya mau nanya.
    pada saat pendaftaran SBMPTN kita bisa memilih antara CBT dan PBT? apakah ada universitas dan prodi yang khusus untuk CBT dan PBT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem dapat kita pilih sendiri dk, boleh CBT atau PBT dk.

      Delete
  26. sistem cbt dan pbt itu kalau masalah penerimaan sbmptn itu di ambil sekian orang atau bagaimana,
    maksudnya dari sistem cbt di ambil sekian orang lolos,
    sistem pbt di ambil sekian orang,
    mohon pencerahan nya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai daya tampung dk,. sistem cbt dan pbt tidak berpengaruh (tidak menentukan kuota) dk. jadi CBT dan PBT hanya sistem ujian dan peserta bebas memilih mana yang dikehendaki dk

      Delete
  27. Min kalo lulusan tahun 2015 ada 3 kotak pilih yang mana waktu pendaftaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo adik tidak ikut bidikmisi silahkan pilih kota yang pertama ya dk (biru muda)

      Delete
  28. Min, saya sudah daftar sbmptn trus di kartu peserta saya cuma ada "LOKASI UJIAN (PBT)" berarti saya gak ikut cbt kan? Atau lokasi cbt nya bisa dilihat ditempat lain? Mohon jawab min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dk, klo di kartu peserta PBT maka ujiannya PBT bukan CBT dk, PBT dan CBT dapat kita tentukan sendiri pada saat pendaftaran dk.

      Delete
  29. assalamualaikum min pbt di bukanya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran SBMPTN sudah buka mulai 25 April dk baik PBT maupun CBT

      Delete
  30. assalamualaikum min pbt dibukanya kapan liat di web dari tanggal 2 mei bner ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran SBMPTN sudah buka mulai 25 April dk baik PBT maupun CBT

      Delete
  31. min,saya tinggal di aceh,tapi saya mau ujian di medan,saya mau daftar di bank bni atau mandiri yang ada di aceh,apakah bisa ujian di medan min? atau harus bayar di bank yang di medan supaya bisa ujian di medan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dk,. tapi nanti adik pilih panlok di pendaftaran sbmptn nya ambil yang panlok Medan ya dk.

      Delete
  32. pembanyaran untuk IPC brapa min?
    apa sama dengan ipa atau ips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran Pendaftaran SBMPTN sama dk 200 rbu.

      Delete
  33. Siap tes ke UPN jogja , UGM ilmu pemerinthan dan politik UIN Suka ilmu perpus UNDIP ilmu perpus ,semoga dpt diterima di slh satu nya. aminn ,doain kawan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga adik Mardinathan di luluskan pada salah satu PTN tersebut, amin :)

      Delete
  34. Min kan kalo ngerjain sbm suka gak berurut ngerjainnya. Kalo cbt bisa ngack gitu gak ya ngerjainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa dk, belum ada info resmi masalah ini dari pihak panitia dk

      Delete
  35. Min, mau nanya. Kan saya d daftarin sbmptnnya sama tempat bimbel, trs ntar ada pilihan gtu ga mau ngambil cbt/pbt? Atau ngacak pas kita kebagian tempatnya?

    ReplyDelete
  36. Admin...sy ikut SBMPTN tp knp sy tes nya di UNJ jakarta sedangkan tinggal di Bogor...apakah krn sy milih UNJ?tks

    ReplyDelete
  37. Admin...sy ikut SBMPTN tp knp sy tes nya di UNJ jakarta sedangkan tinggal di Bogor...apakah krn sy milih UNJ?tks

    ReplyDelete
  38. permisi admin.....saya mau bertanya , saya pilih 3 PTN di bandung trus saya sudah mencetak kartu peserta ujian trus saya mendapat sistem ujian PBT dan saya masih bingung di mana lokasi ujian PBT tersebut min , kira kira sistem ujian PBT lokasi nya di mana ya min?

    ReplyDelete
  39. Kak,saya mau tanya. Kalo misalnya saya sekarang sudah diterima di unnes jalur snmptn trus saya mau daftar sbmptn juga, tapi jurusan yang di unnes itu saya pilih lagi di pilihan ketiga.boleh nggak kak? Soalnya saya pengennya di undip tapi sudah diterima di fisika unnes dan fisika unnes itu PG nya rendah.mohon dijawab ya kak, saya bingung sekali.
    terima kasih

    ReplyDelete
  40. cara mengetahui kita ikut pbt atay cbt itu darimana min? aku barusan daftar sbm, terus bingung aku ikut cbt atau pbt

    ReplyDelete
  41. min mau nanya jika kita salah milih panlok, apakah bisa diubah kembali panloknya?

    ReplyDelete
  42. min.. dmana aja PTN yg nyediain CBT??

    ReplyDelete
  43. Min, bagaimana jika kartu peserta tes belum sempat tersimpan? Masih bsa di dapatkan? Kalau bsa bagaimana caranya?
    Karena pada saat mau simpan kartus tesnya internet error kemudian kembali ke halaman awal.

    ReplyDelete
  44. Min, bagaimana jika kartu peserta tes belum sempat tersimpan? Masih bsa di dapatkan? Kalau bsa bagaimana caranya?
    Karena pada saat mau simpan kartus tesnya internet error kemudian kembali ke halaman awal.

    ReplyDelete
  45. Maaf admun, aku mau nanya kalau aku daftar sbmptn
    Di ptn pertama aku pilih undip ptn kedua pilih unnes ptn ketiga pilih uin boleh nggak?

    ReplyDelete
  46. Apakah PBT tahun ini masih menggunakan kertas LJK min ?

    ReplyDelete
  47. Maaf mau tanya, adik saya kelupaan memilih CBT atau PBT, dan waktu sudah lewat, apakah dimasukkan dalam gugur atau bagaimana?

    ReplyDelete