UNSYIAH BATALKAN KELULUSAN SNMPTN 386 SISWA

UNSYIAH BATALKAN KELULUSAN SNMPTN 386 SISWA | BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menggugurkan kelulusan 386 calon mahasiswa. Mereka diterima di kampus tersebut lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015.

Ratusan lulusan SMA/sederajat itu gagal menjadi mahasiswa Unsyiah karena tidak lulus verifikasi data rapor dan dokumen. Tahapan tersebut wajib diikuti setiap peserta yang lulus SNMPTN mulai tahun ini.

Humas Unsyiah, Ilham Maulana, menjelaskan, dari 2.350 calon mahasiswa yang lulus SNMPTN di Unsyiah, hanya 1.964 orang yang berhasil melewati tahapan verifikasi. Artinya ada 386 orang gugur dalam proses ini, dan dokumen mereka dianggap bermasalah.

www.e-sbmptn.com
"Di antara yang gagal menjadi mahasiswa Unsyiah tersebut, terdapat mereka yang memang tidak datang, atau tidak menyerahkan dokumen asli saat verifikasi yang dilakukan seminggu yang lalu," kata Ilham, Senin (1/6/2015).

Unsyiah sebelumnya telah mengumumkan hasil tahapan verifikasi pertama bagi calon mahasiswa yang lulus SNMPTN. Ada 466 nama saat itu tak lulus, namun masih diberikan kesempatan melengkapi dokumennya untuk verifikasi tahapan kedua.

"Beberapa di antara mereka ditemukan kejanggalan pada dokumen yang mereka serahkan. Namun kepala sekolah tempat para siswa ini berasal diberi kesempatan untuk datang ke Unsyiah dan mengklarifikasi berbagai kejanggalan yang ditemukan oleh tim verifikasi," tutur Ilham.

Hingga berakhirnya masa verifikasi hanya sebagian yang melengkapi dokumen yang diminta tim. Dengan begitu, Unsyiah sah menyingkirkan 386 nama dari 2.350 lulusan SNMPTN kali ini.

Sementara itu tim Unsyiah juga akan memeriksa dokumen dan keabsahan data 706 pelamar beasiswa Bidikmisi yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN. Verifikasi ini untuk memastikan kelayakan memperoleh beasiswa.

"Jumlah calon penerima beasiswa Bidikmisi yang sudah lulus seleksi itu bisa saja berkurang lagi setelah mereka menjalani proses verifikasi nantinya. Jadwal verifikasi dan pendaftaran ulang diumumkan via laman resmi Unsyiah," ujar Ilham.

SBMPTN Unsyiah
Sementara itu jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 di Unsyiah mencapai 14.813 orang, naik 193 peserta dibanding tahun lalu. Dari total pendaftar, 2.009 orang di antaranya pelamar bidikmisi.

Pendaftar yang memilih jurusan campuran (IPC) masih mendominasi yakni 6.592 orang. Kelompok sains teknologi (IPA) diminati 4.565 orang, sedangkan sisanya memilih jurusan sosial humaniora (IPS).

"Ujian tulis seleksi jalur ini akan dilaksanakan Selasa, 9 Juni dan hasilnya diumumkan sebulan kemudian," tutur Ilham. 
Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/06/01/65/1158289/unsyiah-coret-386-siswa-yang-lulus-snmptn

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UNSYIAH BATALKAN KELULUSAN SNMPTN 386 SISWA"

Post a Comment