Tips Mengerjakan Soal Tkd saintek SBMPTN

Tips Mengerjakan Soal Tkd saintek SBMPTN. Tips Mengerjakan Soal SBMPTN Tkd Saintek. Secara umum, soal-soal sbmptn diracang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yang pola soalnya mirip dengan soal-soal yang telah ada. Namun, tidak sedikit dari adik-adik yang terkadang salah dalam belajar soal-soal snmptn tahun lalu, yang patut diingat, SBMPTN sama sekali bukan ulangan harian sekolah, yang biasanya kita ketahui dengan pasti cara pengerjaan soalnya sesuai teori yang diberikan. Namun, cara penyelesaian soal sbmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertamakali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana menguasai setiap konsep dalam tiap butir soal sbmptn nanti. Pasalnya, soal-soal yang terlihat sulit di SNMPTN tertulis tahun lalu, seringkali hanya karena kita tidak paham bagaimana melihatnya dari sudut yang lebih sederhana.

http://www.e-sbmptn.com/2017/01/prediksi-soal-sbmptn-dan-pembahasan.html
Tips dan Cara Lulus SBMPTN 2017
Bagi adik-adik ingin lulus SBMPTN di PTN Favorit tahun ini, kami sudah menyiapkan Ebook Lolos SBMPTN dan Prediksi Soal SBMPTN 2017/2018 yang lengkap dengan pembahasannya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2017/2018. Silahkan Klik Disini untuk informasi selengkapnya.
Banyak adik-adik yang ketika melihat soal-soal yang cukup kompleks, mereka cenderung menghindar, padahal, bisa saja soal sejenis pernah mereka kerjakan, namun karena kurangnya penguasaan konsep tiap soal, maka gagalah soal itu untuk bisa ia kerjakan. Oleh karena itu, pengusasaan konsep dari pasal-pasal sbmptn sangat penting untuk kita kuasai. Sesuai dengan judul di atas, admin akan sedikit berbagi bagaimana cara mempelajari soal-soal sbmptn sesuai dengan karekteriskitnya masing-masing:

- Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) -
1. Matematika Dasar
Mungkin, ini adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki nilai standar rata-rata nasional yang cukup tinggi, yang jelas, mata pelajaran mat-das ini adalah kesempatan besar bagi peserta sbmptn untuk memperoleh poin maksimal di SBMPTN hari pertama. Patut diperhatikan, dalam mengerjakan soal mat-das seperti ini, terkadang bukan rumus yang kita pergunakan, tapi bagaimana kita mentransformasikan visualisasi dari soal-soal mat-das dalam bentuk persamaan matematika yang lebih umum.

2. Bahasa Indonesia
Mengenai mapel yang satu ini, admin tidak bisa bicara banyak mengenai tips mengerjakan soal-soalnya. Namun, jikalau bisa, Anda harus menguasai beberapa topik yang sering muncul dalam mata pelajaran ini. Contohnya; kutipan langsung, kalimat utama, daftar pustaka, dll. Hal ini akan sangat membantu apabila muncul beberapa jenis soal yang sudah kita kuasai konsepnya. Paling tidak, anda bisa memastikan angka lebih di mapel ini.

3. Bahasa Inggris
Sejak tahun 2011, mata pelajaran ini selalu dihiasi teks-teks panjang berbahasa inggris dan kita disuruh mencari suatu jawaban berdasarkan tulisan tersebut. Tahun 2011 dan 2012 pun boleh dikatakan tidak keluar aturan grammar untuk ujian mata pelajaran ini. Oleh karena itu, perlu kira kuasai kemampuan membaca teks cepat dengan menandai bagian-bagian penting dari teks tersebut (annotating text). Yang pasti, usahakan sebelum membaca artikelnya, kita melihat dulu hal yang dipermasalahkan dalam soal.

- Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) -  

1. Matematika IPA
Untuk mata pelajaran ini, hanya sedikit tips yang bisa admin sarankan mengingat bentuk tiap soalnya yang relatif sangat kompleks. Yang pasti, matematika saintek (ipa) berfokus pada subjek pelajaran yang notabene-nya tidak dipelajari di ips. Kunci dalam mengerjakan soal-soal ini adalah penguasaan dalam materi-materi yang berkaitan dengan fungsi, teknik integrasi/diferensiasi dan interpretasi dari setiap persamaan matematika. Tidak lupa, penguasaan fungsi trigonometri jadi faktor penting juga dalam menghadapi soal-soal ini.

2. Kimia
Jika kita bicara materi pelajaran kimia SMA, jelas soal-soal yang ada tidak akan terlepas dari konsep mol, dimana, secara sederhana mol diartikan sebagai satuan kuantitatif untuk partikel sejumlah bilangan avogadro. Beberapa poin penting dari materi ini juga terkait dengan persamaan reaksi kimia dan dinamikanya, juga konsep sifat-sifat unsur dalam sistem periodik.

3. Fisika
Banyak yang berasumsi bahwa salah satu mata pelajaran yang paling sulit di snmptn/sbmptn adalah fisika, ya, admin sendiri sulit untuk manafikan hal ini. Tapi, admin punya tips sederhana dalam mengerjakan soal-soal fisika sbmptn yang berbasis konsep ini. Pertama, analisa dimensi, sederhananya, kita harus tahu satuan apa yang diketahui dan satuan apa yang ditanyakan, jika hal ini sudah kita kuasai, ada baiknya kita tahu juga faktor-faktor konstanta yang mungkin ada dalam perhitungannya. Kedua, interpretasi soal yang baik, artinya, kita harus tahu cerita yang dipermasalahkan dalam soal dan bagaimana fenomenanya secara nyata, hal ini penting untuk mempermudah kita dalam menganalisa hukum-hukum apa saja yang berlaku dalam satu soal itu.
4. Biologi
Khusus untuk mata pelajaran ini, admin sarankan untuk belajar dari Soal Prediksi Sbmptn dan soal-soal Snmptn tahun lalu dengan memahami konsep tiap butir soalnya. Alasannya, jika adik-adik belajar dari awal bahan-bahan biologi SMA, ini akan sangat menguras waktu dalam persiapan menghadapi sbmptn. Selain itu, patut kita kuasai kosakata umum yang sering dijadikan isilah dalam biologi, misal; fag(makan), lisis(pecah/hancur), dermis(kulit) dll.

Kira-kira, itulah yang bisa admin berikan perihal tips sederhana dalam menghadapi / mengerjakan soal-soal sbmptn, khususnya soal-soal SBMPTN Tkd Saintek (IPA). Untuk lebih jelasnya, adik-adik bisa meninggalkan komentar di artikel ini jika ada yang patut ditambahkan atau dikoreksi. Semoga dapat membantu adik-adik sekalian yang sedang mempersiapkan mengikuti SBMPTN jalur Ujian Tulis.

7 comments:

  1. terimakasih atas tipsnya :)
    GBU

    ReplyDelete
  2. Biasa nya TKD saintek SBMPTN berapa soal ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di http://www.e-sbmptn.com/2013/10/download-soal-sbmptn-gratis.html ya dk :)

      Delete
  3. kak denger* soal tpa 45 soal ya? respon mimin :)

    ReplyDelete
  4. apa benar soal TKD itu harus benar satu di masing-masing mata pelajaran?? jika tidak nilai mati!! pencerahan min.

    ReplyDelete
  5. terimah kasih min atas info nya.

    ReplyDelete