Faktor-Faktor Keberhasilan Lulus Ujian SBMPTN 2015/2016

Faktor-Faktor Keberhasilan Lulus Ujian SBMPTN 2015/2016. Berdasarkan hasil survey terdapat 2 faktor utama yang menentukan keberhasilan lulus ujian. Faktor tersebut ialah faktor teknis dan faktor non teknis. Yang termasuk dalam faktor teknis ialah belajar, tahap belajar ini meliputi serangkaian proses seperti, membaca, menghafal, memahami, berlatih, dsb.
Faktor Non Teknis Ujian
Akan tetapi, tahukah anda faktor teknis ini hanya mencakup 75% dari syarat agar bisa lulus ujian. Sisa 25% meliputi persiapan mental, pemilihan alat tulis yang sesuai dengar standar ujian, ketelitian, dsb.

Berikut ini beberapa tips sederhana dan bermanfaat yang perlu diperhatikan untuk mendukung faktor non teknis ketika menghadapi ujian
  1. Persiapkan Fisik Anda Konsentrasi prima sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, maka diperlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan dianjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian.
  2. Lakukan Persiapan Mental. Tidak kalah penting ialah persiapan mental. Aturlah emosi agar tetap tenang, hindari perasaan tegang, cemas, khawatir sebab jika tidak mampu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberikan dampak negatif. Salah satu cara untuk mengendalikan emosia ialah dengan berdoa.
  3. Periksa Soal. Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda. Periksalah kertas jawaban anda. Kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapi dan tidak boleh terlipat. Mintalah kertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor, rusak, dan terlipat.
  4. Baca Perintah Ujian Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru, sebab sering kali mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.
  5. Kerjakan Soal dari yang Termudah Kerjakan soal dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu, lalu teruskan ke tingkat yang lebih sulit. Kerjakan soal-soal yang ada dengan tenang dan tidak terburu-buru. Untuk soal pilihan ganda, berhati-hatilah ketika melingkari, jangan sampai satu nomor terisi dua kali.
  6. Sisihkan 5% dari Total Waktu untuk Periksa Kembali Jawaban. Periksa kembali seluruh jawabanmu mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dahulu keluar. Pastikan lembar jawaban anda bersih, tidak ada bekas coretan dan serbuk penghapus yang tertinggal.
  7. Tutup dengan Doa. Ucapkan rasa terimakasih kepada Tuhan karena sudah membimbing anda selama proses ujian
Itulah beberapa faktor non teknis yang bisa adik terapkan tips-tips nya. Silahkan dibagikan buat teman-teman adik, agar semua tau dan dapat menerapkannya. Semoga sukses di SBMPTN 2015/2016.

15 comments:

  1. terima kasih sarannya min :)

    ReplyDelete
  2. assallam
    min, klo No PIN hilang gmn ? ttpi sdh bayar dan dpt krtu peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera hubungi call center sbmptn untuk msalah ini.

      Delete
  3. semoga lulus sbmptn tahun ini amiin ....

    ReplyDelete
  4. Semoga lulusss demi masadepan dan kebahagiaan orangtuaa amin amin yarabbb

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa lulus agar bisa mmbahagiakan orang tua

    ReplyDelete
  6. bismillah , road to success :) amin o:)

    ReplyDelete
  7. bismillah , road to success . amin :) o:)

    ReplyDelete
  8. Pendaftaran SBMPTN Tahun 2016 sebentar lagi akan resmi Dibuka. Persiapan yg matang menjadi Kunci berhasilnya nanti menghadapai Ujian. Semangat, :)

    Pilihan:1-2.Institut Teknologi Bandung (ITB).
    3. Universitas Sumatera Utara (USU).

    Amin. :)

    ReplyDelete
  9. Walaupun ambil alih jenjang dari D3 Kebidanan ke D4 Bidan Pendidik, karena tujuannya di PTN, masuknya tetap jalur ujian tulis yg soalnya sama seperti SBMPTN.
    Harus belajar pelajaran SMA lagi.
    Semangaat daah !!
    Semoga bisa masuk di universitas harapan. Aamiin

    ReplyDelete
  10. Minta doanya gan, biar di terima di ptn tujuan saya :D

    ReplyDelete