UNPAD Paling Diminati Pendaftar SNMPTN 2015

UNPAD Jadi Favorit dan Paling Diminati Pendaftar SNMPTN 2015. Berdasarkan data yang dimiliki panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015, PTN yang paling banyak diminati oleh para peserta adalah Universitas Padjadjaran (Unpad). Jumlah tersebut didapat dari data paling akhir pada Minggu 15 Maret, pukul 23.59 WIB.


Koordinator Sekretariat Pokja Humas Panitia SNMPTN 2015 mengakui bahwa tiga tahun terakhir Unpad menjadi kampus terfavorit di SNMPTN. Dia pun memberi alasan kampus di bilangan Bandung itu bisa mendapat predikat paling diminati.

"Unpad menjadi kampus yang paling banyak peminatnya karena berada di provinsi dengan jumlah kelulusan yang sangat banyak," ujar Bambang, saat dihubungi Okezone, Rabu (18/3/2015).

Selain itu, tutur Bambang, Provinsi Jawa Timur juga memiliki potensi peminat terbanyak. Tetapi, tetap di bawah Jabar.

Bambang melanjutkan, Jabar menjadi pilihan para siswa karena paling mudah memilih kampus yang baik dan dekat.

"Pertimbangannya dari pembiayaan, rasa aman dengan orangtua. Unpad banyak diminati tidak hanya di Jawa Barat, tapi juga di DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat. Misalnya, fakultas hukum (FH) menjadi incaran bagi siswa dari Sumatera Utara karena banyak yang ingin berkecimpung di dunia hukum," ucapnya.

Kemudian yang juga membuat Unpad menjadi kampus primadona karena memiliki 50 program studi (prodi). Kuota atau daya tampung Unpad pada jalur SNMPTN memiliki porsi 50 persen seperti PTN lainnya.

"Kampus-kampus lain seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Universitas Sumatera Utara (USU) juga cukup besar daya tampungnya. Sesuai permendikbud, SNMPTN memiliki daya tampung minimum 50 persen," ungkapnya.

Selain prodi dan penduduknya yang banyak, para siswa memilih Unpad karena akreditasi A. Prodi yang paling banyak peminatnya, jelas Bambang, tidak ada perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu. "Saya menduga tidak ada pergeseran. Kalau tahun lalu untuk kelompok IPS yang unggul yaitu prodi ilmu komunikasi, ilmu hukum, manajemen, hubungan internasional (HI), dan administrasi negara. Sedangkan kelompok IPA yang paling banyak peminatnya yaitu kedokteran, teknik informatika, farmasi, psikologi, dan kedokteran gigi," tuturnya.
 
Sumber: http://news.okezone.com
 

No comments:

Post a Comment