PERSYARATAN & KETENTUAN STIS 2015/2016 JALUR UMUM IKATAN DINAS

Persyaratan Pendaftaran STIS 2015/2016
Persyaratan dan Ketentuan STIS 2016 Jalur UMUM Ikatan Dinas
Syarat dan Ketentuan Bagi Peserta Pendaftaran Seleksi STIS 2016/2017. Syarat Pendaftaran STIS 2016/2017 ini harus dipenuhi dan jangan dilanggar. Untuk Ketentuan lengkap tentang Syarat Pendaftaran STIS 2016/2017 dapat dilihat di bawah ini:

Syarat dan Ketentuan Ujian STIS 2016/2017
Persyaratan dan Ketentuan STIS 2016/2017
  1. Syarat Seleksi STIS 2016/2017
    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (total maupun parsial), dan bebas narkoba.
    2. Lulus Ujian Nasional.
      1. Calon lulusan tahun 2016 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut: (a) Ijazah, atau (b) Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau (c) Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
      2. Lulusan sebelum tahun 2016 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
    3. Peserta program D3 berasal dari SMA/MA peminatan IPA/IPS untuk wilayah tertentu (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua). Untuk peminatan IPA, Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Untuk peminatan IPS, Nilai Matematika minimal 80,00 atau B+ dan nilai Bahasa Inggris minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I. Nilai bukan hasil pembulatan atau rata-rata. Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
    4. Peserta program D4 berasal dari SMA/MA peminatan IPA. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70,00 atau B pada kelas XII semester I (bukan hasil pembulatan atau rata-rata). Untuk rapor yang terdiri dari nilai kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap, yang dilihat adalah nilai kompetensi pengetahuan. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
    5. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2016 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1994).
    6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan pengangkatan sebagai CPNS.
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    8. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
    9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
    10. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
  2. Syarat Penerimaan STIS 2016/2017
    1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
    2. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

    Untuk Jadwal Pendaftaran dan Ujian STIS 2016/2017 Klik Disini 

53 comments:

  1. kak, untuk persyaratan" 1.) Sehat jasmani dan rohani(dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba."

    bagaimana dengan mata minus dan berkacamata, apakah menjadi penghambat untuk masuk ke STIS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak masalah dk, asal jangan buta warna saja dk.

      Delete
  2. .kak pendaftaran tahun 2016 dimulai kapan?

    ReplyDelete
  3. kak, berapa minus maks nya kak? dan tes keshatannya tu apa kak? ada kesmaptaannya kak?

    ReplyDelete
  4. Ka stis apa khusus buat ipa saja , jika lulusan ips bagaimana ?

    ReplyDelete
  5. Kak apa ada lampiran atau berkas berkas yang harus diurus seperti skck atau mcu gitu ?

    ReplyDelete
  6. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna, dan bebas narkoba

    ini dibuktikan dengan apa kak? surat keterangan dari rsud setempatkah?

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. sebaiknya hentikan merokok mulai sekarang, karena nanti akan ada tes narkoba, setau saya rokok juga mengandung nikotin dan tar, takutnya terdeteksi sewaktu tes narkoba.

      Delete
    2. Untuk tes kesehatannya kita tes sendiri atau di tes di situ kak??

      Delete
    3. Cek kesehatan di Rumah Sakit dk (Sendiri)

      Delete
  8. Berkas yang perlu disiapkan apa aja kak

    ReplyDelete
  9. Kak.. tidak ada ketentuan tinggi dan berat badan kan?

    ReplyDelete
  10. kak kalo dari smk kesehatan boleh daftar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dk,. adik ikut STAN aja dk.

      Delete
  11. dari smk jurusan akuntansi boleh daftar atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baca dari syarat gk boleh dk. adik ikut STAN aja lebih cocok dk

      Delete
  12. Bg, kalau gigi gak rapi boleh gak?
    Thanks bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk,.. asal jangan gk punya gigi lagi ya dk. hehe

      Delete
  13. kak,kalau sudah memakai kacamata, apakah masih bisa berkesempatan mengikuti pendaftaran di STIS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari syarat di atas tidak ada larangan dk, silahkan dicoba saja dk.

      Delete
  14. Kak, daya tampung maba di STIS berapa sih? Nyampe ribuan nggak?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. daya tampung untuk STIS hanya 500 maba dk.

      Delete
  15. Kak, apakah stis menggunakan persyaratan khusus seperti tinggi badan? alx sya pendek. Thanks

    ReplyDelete
  16. Kak , untuk lulusan tahun sebelum tahun 2016 , gimana ya persyaratan nilainya ?

    ReplyDelete
  17. Kak minimial umur daftar stis brpa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal tamat sma dk,. maksimal umur 22 tahun.
      http://www.e-sbmptn.com/2016/03/jadwal-pendaftaran-ujian-stis-tahun.html

      Delete
  18. kak kalau smk jurusan pertanian bisa pa ngak?

    ReplyDelete
  19. Apakah pendaftaran awal harus menyerahkan foto copy rapot untuk diseleksi terlebih dahulu? Atau semua boleh mendaftar setelah itu seperti ketentuan diatas bahwa menyerahkan rapotnya setelah lulus ujian tahap II?

    ReplyDelete
  20. kak kalau mendaftar di STIS harus pake skck,skbs, dan skbn ya ?

    ReplyDelete
  21. kak kalau region jawa timur itu bisa lewat program peminatan ips?

    ReplyDelete
  22. Kak mau tanya. Tentang nomor 7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain. Itu maksudnya gmna? Maf sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  23. Kak kalau yg surat bebas narkoba sama surat keterangan sehat itu dikumpulinnya waktu udah keterima tahap 2 atau waktu pendaftarannya?

    ReplyDelete
  24. Kalau buta warna sebagian gk bisa kah lolos? Tolong jawab

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum kak, itu tes kesehatan Jasmani,

    Kalau orang gemuk, bisa gak mendaftar.?

    ReplyDelete
  26. Kak tolong jawab ya, selain persyaratan diatas, ada batasan minimal UN ga? Atau emang cuman rapot doang, jawab ya

    ReplyDelete
  27. Saya rencananya mau ikut tes stis tahun depan

    ReplyDelete
  28. Saya rencananya mau ikut tes stis tahun depan

    ReplyDelete
  29. kak, kalau tinggi badan ada masalah ga? atau minimalnya itu berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stau saya berdasarkan syarat tidak ada ketentuan tinggi badan dik, coba baca lagi syarat di atas ya dk.

      Delete
  30. Kalau gigi berlubang gmn kak
    Bs lolos ndak?

    ReplyDelete