SYARAT CARA UPLOAD PAS FOTO SNMPTN 2016/2017

Cara upload foto SNMPTN 2016/2017. Sering sekali adik-adik mengalami kegagalan sewaktu mengunggah foto pendaftaran SNMPTN. Hal ini tentu karena adik-adik tidak memperhatikan betul tentang syarat-syarat agar foto bisa di unggah. Nah, agar foto Snmptn bisa diunggah, maka Foto SNMPTN yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut:

1. Wajah siswa terlihat jelas
2. Pakaian rapi
3. Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel
4. Format JPEG (.jpg)
5. Ukuran file tidak lebih dari 1 MB

6. Untuk mengubah ukuran Pas Foto Klik Disini !!! Berikut ini tampilan Cara Upload Foto SNMPTN 2016
Contoh Pas Foto SNMPTN/SBMPTN 2016/2017
Berikut ini adalah contoh pas foto SNMPTN dan SBMPTN yang baik untuk pendaftaran siswa:






Subscribe to receive free email updates:

117 Responses to "SYARAT CARA UPLOAD PAS FOTO SNMPTN 2016/2017"

  1. Bagaimana jika saya mengenakan kacamata di pas foto? Jika salah bagaimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kaca matanya memang bukan kacamata bergaya (hitam) dan sifatnya transfaran yang memang adik butuhkan untuk bantuan melihat sah-sah saja dk. tidak ada larangan.

      Delete
  2. Kalo berjilbab apa ada warna khusus dan apa bajunya juga harus kelihatan berkerah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada syarat khusus dk. jika berjilbab tidak harus kelihatan memakai baju berkerah dk.

      Delete
  3. klo ukuran file fotonya kecil skitar 25kb bisa gak pak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, asal jangan lebih dari 1 MB saja dk

      Delete
  4. Kok saya gak bisa ngupload foto sih? Padahal ukutannya skitar 57 kb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah 400 pixel x 600 pixel dk ? baca cara pengaturannya dengan klik di >> Cara Pengaturan Ukuran Pas FOto SNMPTN SBMPTN & BIDIKMISI

      Delete
  5. Min, foto bisa diganti tidak kalau sudah di upload?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dik asal belum difinalisasi dan belum setak kartu :). Baca cara pengaturannya dengan klik di >> Cara Pengaturan Ukuran Pas FOto SNMPTN SBMPTN & BIDIKMISI

      Delete
  6. Backgroundnya gimana? Harus merah/biru apa bebas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya berwarna, Backgroundnya Bebas, namun lebih bagus jika Merah atau Biru.

      Delete
  7. klo misal saya backgroundnya biru tapi saya laki laki gimana? tidak apa apa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dk, tidak ada aturan kalau backgroung merah atau biru itu untuk laki2 atau perempuan :)

      Delete
  8. kak kalo fotonya aku rambutnya dikedepanin sebelah boleh gak? apa harus dikebelakangin semua?

    ReplyDelete
  9. Kalau saya tidak punya baju berkerah dan saya menggunakan foto menggunakan t-shirt bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo belum difinalisasi sebaiknya ganti. T-Shirt yang berkerah boleh

      Delete
  10. Kalau saya paspoto bukan di studio dan latar warna putih gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya berwarna kan ? klo berwarna tidak apa2 asal jangan hitam putih.

      Delete
  11. Replies
    1. bajunya boleh bebas asal rapi, untuk cowok jangan pakek kaos oblong ya. :)

      Delete
  12. Ka, kalau tida kelihatan kuping boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah finalisasi dan cetak kartu ? klo blum diganti aja ya :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat boleh, tapi foto berwarna ya dk, bukan hitam putih

      Delete
  14. Kak saya berjilbab tp seragamnya wajib kelihatan lambang osisnya ga? Lalu saya tdk ada nametag dan bendera merah putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak dk. asal rapi, mukak tampak jelas dan foto berwarna sudah bisa dk

      Delete
  15. Ka kalo kupingnya ga keliatan ngaruh ga sih di snmptn?

    ReplyDelete
  16. kak aku sudah terlanjur finalisasi dan poni nutupin kening + telinga tidak terlihat, itu boleh ?

    ReplyDelete
  17. kak aku sudah terlanjur finalisasi dan poni nutupin kening + telinga tidak terlihat, itu boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah finalisasi ya sudah tidak apa2 dk. kan wajahnya masi keliatan kan dk.

      Delete
  18. apakah memakai baju pramuka diperbolehkan ?

    ReplyDelete
  19. Min, saat foto diunggah, kenapa tidak bisa di crop? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di ubah dulu ukurannya sebelum di upload dk

      Delete
  20. Min saya uda upload bs, tp kok foto saya ga keluar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resolusinya mungkin belum tepat dk, di ubah dlu ya

      Delete
  21. Min, saya sudah finalisasi tapi belum cetak kartu, foto yg saya upload sepertinya ada kesalahan, mungkin resolusinya terlalu tinggi dan ukurannya terlalu besar, karena foto syaa tidak mau muncul, dan hanya bewarna hitam saja, apakah masih bisa ditukar? Kalau bisa bagaimana caranya? Kalau tidak, apakah itu akan berpengaruh pada snmptn saya? Apakah ada kemungkinan saya tidak diluluskan karena itu? Terimakasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba saja dulu dk, biasanya kalau sudah finalisasi tidak bisa di edit lagi.

      Delete
  22. Kak saya ada masalah dengan foto saya. Sebelum finalisasi wajah saya udh kelihatan jelas. Trus setelah finalisasi foto saya ganti nggk seperti tadi, cuman kelihatan baju sama temboknya aja. Wajah saya gk kelihatan. Itu berpengaruh pada seleksi kelulusan apa ngk kak? Mohon bantuannya kak

    ReplyDelete
  23. Kak foto saya juga setelah difinalisasi tidak pas letaknya.
    Dahi ke atas dan telinga kanan tidak kelihatan.
    Apakah itu bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peringatan: " Siswa Dapat Menghubungi Sekolah Untuk Memperbaiki Pas Foto yang belum memenuhi syarat" (tulisan berwarna MERAH) hanya peringatan saja bagi adik-adik yang merasa pas fotonya belum sesuai atau pas cetak kartu fotonya tidak nampak.

      Jadi Jika menurut adik-adik Pas Foto sudah rapi maka abaikan saja peringatan di atas dk.

      Delete
  24. kak kalo close up di persyaratannya , apa harus di crop dimulai dr bahu keatas? bukan setengah badan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat contoh di atas dk. ikuti seperti itu ya.

      Delete
  25. kak admin saya mau nanya , saya sudah finalisasi pendaftaran snmptn dan unggah foto , foto saya muncul tapi katanya harus menghubungi pihak sekolah karena ada kesalah pada foto , bagaimna ini kak?apakah akan berpengaruh pada kelulusan?mohon di bls yah kak mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peringatan: " Siswa Dapat Menghubungi Sekolah Untuk Memperbaiki Pas Foto yang belum memenuhi syarat" (tulisan berwarna MERAH) hanya peringatan saja bagi adik-adik yang merasa pas fotonya belum sesuai atau pas cetak kartu fotonya tidak nampak.

      Jadi Jika menurut adik-adik Pas Foto sudah rapi maka abaikan saja peringatan di atas dk.

      Delete
    2. jadi tulisan merah itu untuk yg sdh finalisasi tapi mungkin rasio fotonya yg gk sekitar 400x600 pix min? trus setelah final trnyata yg keluar tdk sesuai syarat mis. mukanya gkkelihatan.. tp klo kita udah yakin foto kita sekitaran 4x6 dan wajah terlihat jelas itu. gkusah hubungin sklh kan?

      Delete
    3. iya dik,. klo foto adik sudah jelas dan bgus, gk da yang kepotong, tidak perlu lapor ke sekolah lagi.

      Delete
    4. jika terjadi kesalahan seperti itu, apa masih bisa pihak sekolah mengubah foto kita? walaupun masa pendaftaran sudah lewat, kak?

      Delete
  26. kak admin, saya mau tanya , kalo pas fotonya itu hasil dari screenshoot.an hp terus formatnya udah diubah ke jpg, gambarnya udah jelas/keluar di laman pendaftaran dan udah difinalisasi, gapapa kan kak hasil dari screenshootan hp tapi udah diubah ke jpg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk pa2 dk,. yang penting foto adik jelas.

      Delete
  27. bagaimana jika pilihan belum difinalisasi karena foto tidak sesuai dengan yang diminta? cara memfinalisasi dan mengganti foto sekarang bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Finalisasi akan otomatis dilakukan jika adik belum finalisasi. jadi coba cetak kartu,. jika foto tidak sesuai adik bisa laporkan kembali ke sekolah untuk solusinya.

      Delete
  28. Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel, itu artinya ukuran foto boleh lebih kan? Jika ada keluar tulisan merah itu artinya foto salah atau sekedar peringatan saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar peringatan dk,. coba cek foto adik klo sudah rapi tidak masalah. contoh foto yang rapi bisa lihat foto pada postingan di atas dk.

      Delete
  29. ka admin kalo pake kacamata boleh ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah adik memakai kaca mata ?
      tidak ada persyaratan yang tidak memboleh untuk memakai kaca mata dk asal masih tampak jelas. Atau coba hubungi pihak Call Centernya dk.

      Delete
  30. assallamuallaikum. saya adin sekolah, mau tanya bagaiana cara memperbaiki pas foto yang diaploud siswa tetapi ternyata tdk memenuhi syarat, karena terpotong, sehingga wajahnya tidak kelihatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalan,.. untuk admin silahkan tanya ke pihak panitia snmptn melalui call center mbak.

      Delete
  31. iya saya pakai kacamata ka admin

    ReplyDelete
  32. Kak admin, kalau fotonya terbalik gimana kak? Tapi kalau di zoom, fotonya gak terbalik kak.

    ReplyDelete
  33. ka saya udah finalisasi tapi blm cetak kertu, disitu 400x600 itu minimal kan? waktu itu sempet buka account snmptn saya foto saya gaada yg ada malah gambar pic yg potong pas saya refresh ada lg cmn saya takut tp barusan saya buka account lagi buat liat tp foto saya gakenapa2 cmn pas saya klik fotonya 409x614 ? walau terakhir saya buka tidak knp2 apakah saya perlu ganti saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah print kartu ? kalau tidak kepotong berarti tidak apa2 dk.

      Delete
  34. Min, saya sudah finalisasi. Tapi pas mau cetak kartu ada tulisan untuk menghubungi pihak sekolah karena foto tidak memenuhi syarat. Itu bagaimana yang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya peringatan saja bagi yang ingin memperbaiki foto dk.
      klo foto sudah rapi dan tampak jelas menutu adik tidak perlu di ganti lagi ke sekolah dk.

      Delete
  35. Min,saya sudah finalisasi tetapi potonya kepotong bahunya sedikit Tapi mukanya terlihat jelas dan terdapat tulisan merah,itu bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa2 kalau wajah tampak jelas dk. TUlisan merah hanya peringatan bagi adik-adik yang fotonya rusak alias tidak jelas atau kepotong dibagian wajah shingga tidak jelas.

      Delete
  36. Kak, saya sudah cetak kartu tapi tadi baru diberitahu teman fotonya salah. Foto saya kelihatan tangan kak. Itu ngaruh tidak sama hasil snm nya? Mohon jawabannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah posisi adik close up ??
      klo iya selama wajah tampak jelas maka tidak masalah dk.
      Asal tidak foto begaya dan selfie mode ya dk.

      Delete
  37. min, jika ada tulisan "Siswa dapat menghubungi sekolah untuk memperbaiki pas foto yang belum memenuhi syarat." berwarna merah. bagaimana cara mengganti pas fotonya?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya peringatan dk. klo foto adik sudah jelas diabaikan saja.

      Delete
  38. Kak kalau fotonya kliatan gigi dikit boleh gak ? Udah difinalisasi, bingung gimana gantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dk,. mukanya masih jelas kan dk ?

      Delete
  39. kak ini foto sy kan salah. sy sdh menghubungi pihak sekolah dan kata pihak sekolah sy disuruh upload foto lagi. lalu itu cara upload foto yg sudah finalisasi bagaimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya pihak sekolahnya dk,. karena yang berhak untuk mengganti foto setelah finalisasi adalah pihak sekolah dan panitia SNMPTN dk.

      Delete
    2. Kak saya pernah tanya guru saya buat ganti foto saya tp katanya nggak bisa. Soalnya fotone tada blur

      Delete
  40. Kak admin saya mau ikut sbmptn tahun 2016 tapi saya lulusan tahun 2015 apalah boleh saya pakai foto yg udah tahun 2015.

    ReplyDelete
  41. kalo misal fotonya <1mb tapi png filenya gmn? saya lupa ngebenerinnya udh terlanjur terdaftar snmptn

    ReplyDelete
  42. kalo misal fotonya <1mb tapi png filenya gmn? saya lupa ngebenerinnya udh terlanjur terdaftar snmptn

    ReplyDelete
  43. Kak saya pernah tanya guru saya buat ganti foto saya tp katanya nggak bisa. Soalnya fotone rada blur

    ReplyDelete
  44. Kak, kalo foto saya sudah diubah ukurannya sesuai aturan, tapi fotonya ngga saya crop, jadi tangannya masih keliatan. Nggapapa kak ?

    ReplyDelete
  45. saya sdh upload foto dengan ukuran 399x504 106 kb tp kok gk bs terus knp ya?

    ReplyDelete
  46. katanya kalo fotonya ga memenuhi syarat ga di ikutkan sbmptn, itu gmana min? saya mau upload takut salah nih

    ReplyDelete
  47. Kalau foto sbmptn sudah di upload bagaimana cara mengetahui foto tidak memenuhi syarat.

    ReplyDelete
  48. Kalau foto sbmptn sudah di upload bagaimana cara mengetahui foto tidak memenuhi syarat.

    ReplyDelete
  49. ka klw foto tahun lalu boleh kah?

    ReplyDelete
  50. ka klw foto tahun lalu boleh kah?

    ReplyDelete
  51. Min klau fotonya nampak gigi bleh gak ?

    ReplyDelete
  52. Siang kak, kalo scan fotonya yg 3 x 4 bisa diedit jdi 4x6?

    ReplyDelete
  53. Min. Kalau foto nya tidak ada pada kartu peserta . Lalu main tempel manual gakpapa kah?

    ReplyDelete
  54. min, kalo foto yang tidak ada pada kartu peserta. lalu sudah difinalisasi dan di cetak. bagaimana solusinya, agar foto bisa tampil lagi di kartu sbmptn tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. setelah saya cari" informasi, solusi yang tepat buat masalah saya dan mba susi yaitu, dengan cara menghubungi panlok (panitia lokal) di kota tempat pelaksanaan ujian. semoga membantu

      Delete
  55. kak ini saya unggah foto kelihatannya kebesaran mau saya ganti tidak bisa itu gimana

    ReplyDelete
  56. kalo kartu snmptnnya hitam putih masih bisa ga? terlanjur hitam putih gabisa di print lg T_T

    ReplyDelete
  57. Kak, klo saya udah finalisasi ukuran foto 4x6 sama resolusinya 300dpi tapi pas di kartunya letak foto nggk pas itu gimana ya kak??

    ReplyDelete
  58. kak kalo udah di finalisasi foto masih bisa diganti gak ya? soalnya ukuran fotonya kekecilan, jadi keliatan kurang jelas :(

    ReplyDelete
  59. Klo ada bagian foto yang hitam sdikit bagaimana ,apa tidak papa ,atau mungkin kesalahan saat ngeprint?

    ReplyDelete
  60. Say mau tanya. Ukuran foto saya sudah pas 400x600 pixel. Namun 72 dpi. Apakah berpengaruh?

    ReplyDelete
  61. Pak mau nanya bagaimana jika saya terlanjur mengupload foto tetapi wajah nya hanya setengah? terima kasih

    ReplyDelete
  62. Gan boleh ga upload foto backround nya gorden warna biru tua

    ReplyDelete
  63. Kak bagaimana kalau fotonya tidak penuh? Atau ada garis hitam dipinggir foto?

    ReplyDelete
  64. Kak kan katanya minimal resolusinya 400x600 kan. Punya saya 900x1400 trus 72dpi. Saya udh terlanjur finalisasi. Apakah itu bermasalah? Apa saya bisa gak lulus karena itu? Makasih kak

    ReplyDelete
  65. Klo backroundnya warnalain bisa gk min,selain warna merah dan biru?

    ReplyDelete
  66. ka mau tanya fotoku yg dikartu peserta sepertinya kurang pas, jadi nggak penuh gitu masih ada hitam2nya nggk ketutup foto semua. itu bermasalh ngggak ya?

    ReplyDelete
  67. ka, saya mau masukin foto tapi belum mengerti apakah ukurannya sudah 4x6 atau belum? saya sudah masukin kap dan pin tapi belum mengunggah foto, apakah saya boleh keluar dulu, nanti setelah yakin ukuran foto saya masukin daftar lagi. bisa g ya ka?

    ReplyDelete
  68. Kak pakai seragam sekolah itu mesti gak sih? Aku lulusan tahun ini. Kalau pakai kemeja putih gitu gapapa?

    ReplyDelete
  69. foto saya 300x400 pixel min sudah terlanjur di finalisasi tapi resolusinya 300dpi gimana bisa ga tuh ?

    ReplyDelete
  70. foto saya 300x400 pixel min sudah terlanjur di finalisasi tapi resolusinya 300dpi gimana bisa ga tuh ?

    ReplyDelete
  71. Apakah jika foto salah akan disuruh pulang?

    ReplyDelete