SYARAT PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN 2016/2017

Apa saja syarat untuk pendaftaran bidikmisi 2016/2017? Syarat pendaftaran bidikmisi 2016 sedang disusun oleh panitia dan akan dikabarkan segera . Pendaftaran Bidikmisi ini berlaku untu Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, dan Bidikmisi Tes Mandiri. Untuk mengetahui syarat pendaftaran bidikmisi 2016/2017 bisa di lihat di bawah ini:

Pendaftaran Bidikmisi
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017
No Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 04 Februari 2016 01 September 2016
2 Pendaftaran Siswa 04 Februari 2016 01 September 2016
3 SNMPTN 25 Februari 2016 11 Maret 2016
4 SBMPTN 22 April 2016 18 Mei 2016

Syarat pendaftaran bidikmisi 2016/2017 ? 
Persyaratan untuk mendaftar Bidikmisi tahun 2016 adalah sebagai berikut:
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016;
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
        1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
        2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
        3) Seleksi Mandiri PTN
    b. Politeknik, UT, dan ISI
    c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "SYARAT PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN 2016/2017"

  1. tesnya tgl berapa untuk pendaftaran bidik misi itn

    ReplyDelete
  2. Untuk bidikmisi, apa bebas biaya dari pertama masuk atau dri semester tiga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pertama masuk kuliah dk sampai semester 8.

      Delete
  3. Umur saya saat ini 21 tahun, apa masih bisa ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lulusan sekolah tahun berapa dk ? klo lulusan 2015 dan 2016 maka bisa dk

      Delete
  4. assalamualaikum,
    min saya mau nanya kalau lulusan 2015 masih bisa gak ikut bidikmisi 2016 ?
    lalau kalau bisa apa mnedaftarnya harus melalaui rekomendasi sekolah dulu atau perbaharui akun saja ?
    soalnya sudah saya coba gak bisa2 min,
    mohon jawabanya ya min.
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. Bisa dk, Sebelumnya sudah daftar bidikmisi tahun lalu dk ?
    Kalau belum minta rekomendasi ke sekolah adik dlu.

    info lainnya baca di >> http://www.e-sbmptn.com/2016/02/proses-cara-pendaftaran-bidikmisi.html

    ReplyDelete
  6. Maaf sy mau tanya kt mau daftar bidikmisi tetapi banyak siswa siswi yg nilai masuk komputer salah tdk sm dgn nilai cetak,km sdh minta bantuan guru spy bs d rm knp mereka blng sdh terlambat.maaf apa mungkin bs d bantu...trima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mhn maaf untuk pendaftaran bidikmisi snmptn ya dk ?
      Priode pendaftaran bidikmisi sangat panjang dk seperti yang adik lihat pada jadwal di atas.

      Delete
  7. assalamualaikum,
    min mau tanya kalo lulusan tahu 2014 apakah masih bisa ikut bidikmisi
    mohon jawabannya
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ikut bidikmisi hanya lulusan 2015 dan 2016 dk.

      Delete
  8. Maaf min mau tanya kira-kira berkas untuk lampiran pendaftaran bidikmisi itu apa saja ya min?kita lampirkan setelah di scan terlebih dahulu ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti setelah adik mengisi diborang bidikmisi akan adik ketahui apa2 saja yang diperlukan dk.

      Delete
  9. kalo mau daftar bidikmisi sbm itu udah dari direkomendasiin pas snm atau beda lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi pendaftaran bidikmisi hanya sekali dk, jadi langsung bisa digunakan untuk snmptn, bidikmisi, dan jalur lainnya yang memperbolehkan bidikmisi dk

      Delete
  10. Maaf mau tanya untuk berkas bidik misi 2016 yang dikirim itu apa saja?
    saya belum lulus, berkas ini akan saya kirim untuk pendaftaran PMDK-PN 2016.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca syaratnya dk,. apa2 saja yang dsuruh dikirim ?
      apa memang ada berkas yang dsuruh dkirim ?
      karna untuk SNMPTN saya lihat tidak ada berkas yang dikirim yang ada di uload.

      Delete
  11. Berkas berkas yg harus di kirim apa saja dan di kirim kemana mas/mbak admin ?mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca syaratnya dk,. apa2 saja yang dsuruh dikirim ?
      apa memang ada berkas yang dsuruh dkirim ?
      karna untuk SNMPTN saya lihat tidak ada berkas yang dikirim yang ada di uload.

      Delete
  12. berkas yang harus di kirim apa saja, berkas bidik misi pun harus di kirim ke pmdk-pn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca syaratnya dk,. apa2 saja yang dsuruh dikirim ?
      apa memang ada berkas yang dsuruh dkirim ?
      karna untuk SNMPTN saya lihat tidak ada berkas yang dikirim yang ada di uload.

      Delete
  13. admin sbmptn...umur saya masuk 23 tahun ikut sbmptn besok..apa bisa itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kmu lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 bisa ikut SBMPTN, untuk bidikmisi hanya untuk lulusan tahun 2015 dan 2016 berapapun umur adik tidak masalah asal berada pada dua lulusan tersebut dk.

      Delete
  14. Saya baru mau masuk umur 20 tp sya lulusan tahun 2014 apa sya bisa ikut bidikmisi,masa sih gara2 lulsannya akan memutuskan harapan sya untuk bisa kuliah.mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa ikut lagi dk. bidikmisi hanya untuk 2 tahun lulusan, seharusnya adik bisa coba tahun 2014 dan 2015 ada dua kesempatan dk. nanti masi ada kok beasiswa di dalam kampus, adik cukup bernilai bagus saja :)

      Delete
  15. maaf pak buk,. adik saya lulus biodikmisi snmptn di ptn upn veteran yogya,, setelah itu apa yang harus dilakukan lagi?

    ReplyDelete
  16. Mf mbk.. tadi aku barusan masuk situs sbmptn trus aku dftr tu..pdhal bukanya tgl 18 mei mbk dan aku udh mndpt pin aku dan aku juga dapat nmor pembyrn.. jdi pertanyaan.. cara pembyaran nya gimna.. dan apa jj persyartan yg di buthkn di jalur sbmptn bidik misi mbak . Mksih .. dan aku juga hrus byar pda tgl 14 mei pkul 14:00 mbk gimna tu.. aku dftrnya pke smartphone aku.. tlong pnjlsnnya mbak

    ReplyDelete
  17. Asalamualaikum.... kak saya mau nanya. allhamdulilah saya lulus snmptn dan saya peserta pendaftar bidikmisi apakah secara otomatis saya keterima sebagai penerima bidikmisi? dan saat daftar ulang di ptn apakah saya bayar atau gratis? tolong jawab

    terima kasih

    ReplyDelete
  18. Syalom,
    Ka mau tanya dong, kan aku mau ikut seleksi sbmptn ni ujiannya tanggal 31 mei, katanya wawancara bidikmisi itu juga tanggal 31 mei. Gimana ni kalo aku lagi ujian ters yang lain lgi wawancara apa yg ikut sbmptn wawancaranya d tgl lain atau harus di hari itu yah?

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum, kak gimana dengan pendaftaran sbmptn bidikmisi apa harus ada bukti pembayaran ?

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum, kak gimana dengan pendaftaran sbmptn bidikmisi apa harus ada bukti pembayaran ?

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum kak, saya bulan july tahun 2017 berumur 21tahun. Apakah saya masih bisa mengikuti tes sbmptn tahun 2017 besok?mohon sekali balasannya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asalkan adik tamatan tahun 2015,2016 atau 2017.

      Delete