Cara Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran oleh siswa. PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Berikut ini admin bagikan cara Cara Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN 2015/2016.
Snmptn
Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN
  1. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Nilai yang telah diisikan oleh pihak sekolah harus diverifikasi oleh siswa. Nilai dapat diverifikasi secara bertahap. Nilai yang telah diverifikasi artinya sudah benar sehingga tidak dapat diubah lagi.

Untuk dapat login ke sistem PDSS, siswa harus mendapatkan password dari pihak sekolah. Setelah mendapatkan password, siswa dapat login ke sistem PDSS menggunakan NISN dan password tersebut.

Login PDSS Siswa

Tampilan awal PDSS adalah sebagai berikut:
Klik tombol Halaman untuk Siswa. Pada layar, akan muncul tampilan berikut:
Masukkan NISN dan password pada form di atas. Jika siswa baru pertama kali login, maka siswa akan diarahkan halaman untuk mengganti password berikut:

Segera ganti password, lalu klik tombol Ganti Password. Jika password berhasil diganti, maka muncul tampilan seperti berikut:

Klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan tahapan verifikasi nilai siswa. Siswa akan diarahkan pada halaman verifikasi nilai siswa seperti berikut:

Verifikasi Nilai

Verifikasi Nilai PDSS SNMPTN 2016. Siswa harus melakukan verifikasi nilai yang telah diisikan oleh sekolah.Verifikasi nilai harus dilakukan untuk setiap kelas, setiap semester, dan setiap mata pelajaran. Verifikasi nilai dapat dilakukan secara bertahap, seiring dengan proses pengisian nilai oleh pihak sekolah.


Selain nilai, verifikasi juga harus dilakukan terhadap catatan status khusus yang mungkin ada pada semester tertentu, seperti:
-       pindah sekolah
-       ikut pertukaran pelajar (dari dalam atau luar negeri)
-       cuti karena alasan tertentu seperti sakit
-       dan lain-lain

Pastikan tidak ada nilai yang salah atau berbeda dengan rapor siswa.Pastikan pula seluruh catatan status khusus sudah diisikan oleh sekolah. Jika ada nilai atau status khusus yang salah atau tidak lengkap, jangan melakukan verifikasi. Segera unduh nilai dan laporkan kesalahan kepada Kepala Sekolah. Jika perbaikan sudah dilakukan, barulah verifikasi dapat dilakukan. Nilai atau status khusus yang sudah diverifikasi TIDAK DAPAT diubah kembali. Jadi pastikan semua data sudah benar baru diverifikasi ya adik-adik.

Melihat Nilai yang Belum Diverifikasi
Setelah masuk ke halaman nilai siswa, siswa dapat melihat nilai yang sudah diverifikasi dan nilai yang belum diverifikasi sesuai tab yang tersedia seperti pada tampilan berikut:

Klik tab Belum Verifikasi untuk dapat melihat nilai-nilai yang belum diverifikasi. Contoh tampilannya adalah sebagai berikut:


Periksa dengan teliti nilai pada setiap semester. Selain nilai, periksa juga catatan status khusus yang mungkin ada pada semester tertentu.

Klik tombol Unduh Seluruh Nilai yang Belum Diverifikasi, jika ada nilai atau status khusus yang salah atau tidak lengkap. Segera perbaiki kesalahan dengan melaporkannya kepada Kepala Sekolah.

Melakukan Verifikasi Nilai
Untuk melakukan verifikasi nilai, beri tanda centang di depan pernyataan seperti berikut ini, lalu klik tombol Verifikasi. Pernyataan ini ada di bagian bawah daftar nilai dan status khusus yang belum diverifikasi.

Perbaikan Nilai

Jika ada nilai atau status khusus yang salah atau tidak lengkap, jangan melakukan verifikasi. Laporkan kesalahan nilai kepada pihak sekolah agar bisa segera diperbaiki. Sebagai data pendukung saat melaporkan nilai yang salah, siswa dapat mengunduh daftar nilai dan mencetaknya. Nilai dapat diunduh per semester atau langsung seluruhnya. Klik tombol Unduh Seluruh Nilai yang Belum Diverifikasi atau tanda unduh pada semester yang mengandung kesalahan nilai. Tanda unduh pada setiap semester dapat dilihat pada tampilan berikut (diberi kotak merah):


Selain itu admin E-SBMPTN juga menyediakan Ebook Materi & Prediksi Soal SBMPTN 2016 serta bonus-bonus lainnya yang pastinya akan membantu adik-adik lulus di PTN UNPAD atau universitas lainnya, Inshaa Allah. Bagi adik-adik yang berminat silahkan Klik Disini !!

Subscribe to receive free email updates:

36 Responses to "Cara Pengisian dan Verifikasi PDSS SNMPTN"

  1. kalau terlanjur keverif tapi ternyata nilainya baru 1 semester gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca yang tulisan merah di atas dk. Biasanya tidak bisa diubah lagi. mungkin belum rezeki adik. Tapi Coba saja diusahakn hubungi Call Center SNMPTN.

      Delete
  2. Saya mau verif tp verif paling bawah nya hilang, trus gimana kalo mau munculin lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kendala teknis seperti ini silahkan hubungi call center atau pihak sekolah dk

      Delete
  3. iya gimana kalo tulisan verifnya hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kendala teknis seperti ini silahkan hubungi call center atau pihak sekolah dk

      Delete
  4. saya belum mengunduh nisn dan password siswa, dan pdss telah dituup. bagaimana saya bisa mendapatkan password siswa? terima kasih

    ReplyDelete
  5. Apabila Siswa melakukan verifikasi nilai tetapi nilai raport tersebut ada yang salah lalu sudah diperbaiki oleh kepala sekolah, selanjutnya siswa tersebut harus melakukan verifikasi nilai kembali, akan tetapi disitu tidak terdapat tombol untuk verifikasi nilai. Bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kendala teknis seperti ini silahkan hubungi call center atau pihak sekolah dk

      Delete
  6. Saya belum verifikasi rtapi tombol verifikasinya tidak ada. bagaimana? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kendala teknis seperti ini silahkan hubungi call center atau pihak sekolah dk

      Delete
  7. Bingung nih tentang SNMPTN. Kan katanya cuma sekolah yang bisa daftarin siswanya. Tapi kalo misalnya sekolahnya gak mau daftarin siswanya gimana? Soalnya pas kemaren saya tanya ke guru malah di bilangin kaya gini "udah gak usah mikirin itu dulu, pikirin dulu ujian praktiknya." Tapi pas saya cek Verifikasi nilai siswa terakhir hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal seperti ini yang bertanggung jawab pihak sekolahnya dk. Silahkan tanyakan ke pihak sekolah adik lagi sebagai pertanggung jawaban mereka. kalau adik tidak Verifikasi maka otomatis adik tidak akan di ikutsertakan dalam seleksi yang berhak mendaftar snmptn tahun ini

      Delete
  8. kak tulisan verifiksinya tidak ada , apakah akan terverifikasi sendiri ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan hubungi pihak Call Center SNMPTN untuk kendala teknis dk.

      Delete
  9. ka misal saya minta perbaikan nilai tapi sampai jam 23.59 sekolah belum juga memperbaiki karena server penuh jadi sekolah ga bisa login. karena udah minta perbaikan tombol verifikasi kan ga muncul sebelum sekolah memperbaiki, itu nanti sistem akan memverifikasi secara otomatis nilai yang udah terlanjur salah atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update: iya dk,. "Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir."

      Delete
    2. Update: iya dk,. "Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir."

      Delete
  10. Ka klo udah ganti password tapi belum masuk verifikasi,gmna ka?..udah diferifikasi langsung apa belom?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan info di pdss.snmptn.ac.id proses verifikasi sudah tidak bisa lagi dk.

      Delete
    2. Update: iya dk,. "Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir."

      Delete
    3. Maksud a kan saya udah ganti pasword tpi blm masuk verifikasi...brarti udah gk bisa ikut snmptn ka?..apa gmna?...

      Delete
  11. Kalau belum verifikasi apakah akan terverifikasi secara otomatis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dk,. "Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir."

      Delete
  12. kak gimana kalo nilai raport nya tidak ada yang salah, dan belum mengklik tombol veritifikasi apakah masih bisa ikut snmptn.? apa serverkan memveritivikasi otomatis ketika sudah tenggat waktu..?

    ReplyDelete
  13. Kk mau nanya klw ngisi pdds nya lewat dri tangga yg di tentukan oleh penyelenggara gmna ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksdnya dk ? bisa diperjelas pertanyaannya ?

      Delete
    2. kak gimana kalo nilai raport nya tidak ada yang salah, dan belum mengklik tombol veritifikasi apakah masih bisa ikut snmptn.? apa serverkan memveritivikasi otomatis ketika sudah tenggat waktu..?

      Delete
  14. ka saya blum verifikasi nilai, tapi pas verifikasi sudah tutup, apakah masih bisa ikut snmptn

    ReplyDelete
  15. Kalo belum verfikasi nilai apa masih bisa ikut snptn?

    ReplyDelete
  16. Saya sudah login dan telah mengganti password, pada saat penanggalan yang sudah ditentukan dalam verifikasi nilai. Tetapi pada saya login, terdapat hanya nilai rapor 1-5 dan tidak ada angka(nilai) *dengan catatan: jika anda merubah perbaikan maka.... lupa dah. Jadi sama saya tidak di verifikasi,karena takut ada kekeliruan. Apakah masih bisa mengikuti SNMPTN?

    ReplyDelete
  17. saya mau bertanya kepada bapak/ibu tentang SNMPTN saya dari SMK NAMIRA TECH NUSANTARA MEDAN. kenapa siswa tidak bisa masuk saat login. dan terus menampilkan bacaan seperti ini
    Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2016 berdasarkan:
    a. Status akreditasi sekolah, dan
    b. Evaluasi pemeringkatan siswa berdasarkan
    mata pelajaran pada semester 3, 4, dan 5 yang diujikan dalam UN 2016.

    mohon penjelasannya yaaaa.. terima kasih

    ReplyDelete
  18. Saya salah dalam mengisi formulir snmptn. Yang seharusnya diisi adalah no nis tapi saya mengisinya dengan no nisn. Dan saya sudah finalisasi.
    Bagaimana itu ya? Apakah itu berpengaruh ke seleksi snmptn? Dan apakah itu masih bisa dirubah?

    ReplyDelete
  19. Ka saya beda username/nisn yang di pdss dengan di web nisn kemdikbud itu gimana ka?

    ReplyDelete