DOWNLOAD SOAL KALIMAT FAKTA DAN OPINI

Sebelum adik-adik mengerjakan Soal Kalimat Fakta dan Kalimat Opini, maka ada baiknya jika adik-adik mengetahui terlebih dahulu apa itu fakta dan apa itu opini ? serta bagaimana cara membedakan suatu kalimat itu fakta atau opini. Berikut admin E-Sbmptn sajikan materi singkat dan ringkas mengenai kalimat fakta dan opini.

Definisi Pengertian Fakta dan Opini
Fakta merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Dengan kata lain, fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan. Sedangkan Opini adalah pendapat seseorang mengenai suatu hal yang kebenarannya belum pasti.

Berikut Perbedaan Fakta dan Opini:

Fakta
1. Kebenarannya bersifat objektif.
2. Merupakan kenyataan yang sebenarnya terjadi.
3. Ada yang disertai dengan angka sebagai data pendukung.

Opini
1. Kebenarannya bersifat subjektif.
2. Menunjukkan peristiwa yang belum tentu terjadi.
3. Tidak didukung dengan data yang akurat.

Bagaimana Cara Mengetahui Kalimat Fakta dan Opini ?
Agar dapat mengetahui suatu kalimat merupakan fakta atau opini, bisa dengan menerapkan ciri-ciri masing-masing kalimat tersebut. Jika suatu kalimat terdapat angka, data yang akurat, dan bersifat objektif, maka kalimat tersebut merupakan kalimat fakta. Jika dalam suatu kalimat terdapat kata seperti menurut saya, saya rasa, bisa jadi, seharusnya, sebaiknya, tidak mungkin, dan sangat, maka kalimat tersebut termasuk kalimat opini.

Kalimat Fakta dan Kalimat Opini
Contoh - Contoh Kalimat Fakta
1. Singa adalah hewan pemakan daging.
2. Semarang adalah ibukota Jawa Tengah.
3. Bulan Januari terdiri dari 31 hari.
4. Matahari terbit dari sebelah timur.
5. Satu menit terdiri dari 60 detik.
6. Jokowi terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.
7. Kota Bandung berada dalam wilayah Jawa Barat.
8. Buaya termasuk hewan reptil.
9. Bulan termasuk benda mati.
10. Jeruk mengandung vitamin C.

Contoh - contoh Kalimat Opini
1. Makan dua buah pisang dapat mengenyangkan tubuh.
2. Udara di Bandung sangat dingin.
3. Bakso itu sangat enak.
4. Koruptor harus dihukum seberat-beratnya.
5. Es campur nikmat dimunum saat cuaca panas.
6. Jeruk itu rasanya sangat manis.
7. Seharusnya pemerintah lebih tegas dalam mengatasi masalah korupsi.
8. Indonesia bisa menjadi negara maju.
9. Tahu dan tempe sangat enak dimakan saat masih hangat.
10. Harga sembako kian mahal.

Itulah ulasan mengenai faka dan opini. Sebagai bahan latihan untuk membedakan antara fakta dan opini, coba Adik baca soal latihan menentukan kalimat fakta dan kalimat opini di bawah ini, kalau bisa sertakan jawaban adik-adik di kolom komentar. Nanti akan saya sertakan kunci jawaban dan pembahasannya. Selamat berlatih :)

1. (1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ÂșC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) C. (2) dan (3)
B. (1) dan (3) D. (2) dan (4)


2. Pemerintah kembali menurunkan bahan bakar minyak (BBM) terutama jenis premium. Bersamaan dengan penurunan harga premium untuk kedua kalinya, harga bahan bakar jenis solar pun diturunkan. Harga minyak dunia yang terus merosot mendorong munculnya kebijakan penurunanBBM.

Kalangan industri mestinya sudah bisa menghitung kembali biaya produksi yang berujung pada penurunan harga. Apalagi, harga bahan bakar industri pun mengalami hal yang sama.

Dengan turunnya harga premium dan solar, diharapkan harga kebutuhan pokok ikut turun. Dengan demikian, daya beli publik terangkat, diikuti peningkatan konsumsi yang mendorong peningkatan produksi. Hal itu mampu memperkecil peluang terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK).

Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ...
A. paragraf I kalimat II
B. paragraf II kalimat I
C. paragraf III kalimat I
D. paragraf III kalimat III

3. (1) Tenaga listrik pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison pada tahun 1879. (2) Saat itu, dia berhasil menemukan bola lampu pijar yang sangat terkenal sampai ke seluruh dunia. (3) Saat itu Thomas Alva Edison masih berusia 17 tahun. (4) Penemuan listrik tersebut sangat terasa manfaatnya oleh semua negara termasuk Indonesia. (5) Jika hal itu tidak terjadi mungkin di Indonesia listrik tidak masuk ke pelosok desa.
Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (4) dan (5)


4. (1) Memberikan “asupan” makanan yang sehat edan seimbang adalah cara yang baik untuk memastikan tumbuh kembang serta menjaga tubuh tetap sehat dan kuat. (2) Pola makan yang dianjurkan adalah yang mengandung tiga kelompok zat nutrisi, yaitu sumber zat tenaga, pembangun, dan pengatur. (3) Makanan yang tergolong dalam sumber zat tenaga adalah nasi, tepung-tepungan, umbi-umbian, gula dan minyak. (4) Sumber zat pembangun terdapat pada makanan seperti ikan, telur, kacang-kacangan. (5) Sedang sumber zat pengatur banyak terdapat pada sayur dan buah, terutama yang berwarna hijau dankuning.

Kalimat yang berisikan fakta pada paragraph tersbut adalah . . .
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


5. Tindak konsiten dan berkelanjutan merupakan tantangan kita. Baru saja dipertontonkan lagi kelemahan kita pada bencana gempa Bengkulu dan sumatera Barat. Bantuan segera diangkat dengan pesawat terbang ke Bengkulu dan padang. Segera pula tampak lewat laporan multimedia keluh kesah warga luar ibu kota provinsi yang belum mendapatkan bantuan. Setelah dua minggu pun keluhan itu masih terdengar dan tampak.

Opini pada tajuk tersebut rencana tersbut adalah . . .
A. Penanganan bencana di negara kita masih lemah
B. bantuan harus segera dikirimkan kepada korban bencana alam
C. pemerintah memberikan bantuan kepada korban bencan secara merata
D. laporan multimedia dapat membantu dalam penanganan bencana
 
.:: DOWNLOAD SOAL DAN PEMBAHASAN ::.

0 komentar:

Post a Comment