Kata Serapan: Kegunaan dan Cara Penyerapan Kata-kata Asing

Bahasa yang terdapat dalam masyarakat mengalami perubahan. Umumnya perubahan itu akibat dari pengaruh luar yang menghasilkan kemajuan dari berbagai bahasa tersebut. Begitu pula Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia bersifat dinamis dan terbuka untuk menerima pembaharuan. Banyak kosakata dari bahasa asing dan bahasa daerah yang diadopsi menjadi bahasa serapan. Kata serapan berguna untuk lebih memperjelas pikiran yang terkandung di dalam kata-kata tersebut.

Cara Penyerapan Kata-kata Asing
Masuknya kata-kata serapan dalam bahasa Indonesia ditempuh dengan berbagai cara. Berikut ini adalah cara-cara tersebut.
 Soal Kata Serapan
A. Cara Adopsi
Cara adopsi terjadi apabila pemakaian bahasa mengambil bentuk dan makna kata asing secara keseluruhan. Contoh kata hasil penyerapan cara adopsi adalah kata supermarket, mall, plaza, dan hotdog.
 
B. Cara Adaptasi
Cara adopsi terjadi apabila pemakaian bahasa hanya mengambil makna asing tersebut, ejaan dan cara penulisannya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia. Contoh kata hasil cara adaptasi adalah reformasi, pluralisasi, akseptabilitas, dan maksimal.

C. Cara Penerjemahan
Cara penerjemahan ini terjadi apabila pemakai bahasa mengambil konsep yang terkandung dalam bahasa asing tersebut. Lalu, kata tersebut dicari padanannya dalam bahasa Indonesia. Kata tumpang tindih, percepatan, proyek rintisan, dan uji coba adalah kata-kata yang lahir karena proses penerjemahan dari bahasa inggris overlap, acceleration, pilot project, dan try out.

D. Cara Kreasi
Cara kreasi terjadi apabila pemakai bahasa hanya mengambil konsep dasar yang ada pada sumbernya. Lalu, dicari padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Sekilas, cara ini mirip dengan cara penerjemahan namun cara ini berbeda. Cara Kreasi tidak menuntut bentuk fisik yang mirip seperti penerjemahan. Contoh kata yang lahir karena proses kreasi adalah effective menjadi berhasil guna dan shuttle menjadi ulang alik.

Jika dibandingkan dengan cara-cara lain, cara adaptasi merupakan cara penyerapan bahasa asing yang cukup rumit. Pemerintah mengeluarkan Pedoman Penulisan Istilah untuk memelihara keseragaman pengadaptasiannya.


Contoh Soal Kata Serapan 

Soal 1.
Paman mengajak kami berbelanja di Atrium Shopping Center.
Kata serapan yang dimiringkan seharusnya ...
A. Shopping Center Atrium
B. Belanja Pusat Atrium
C. Pusat Belanja Atrium
D. Atrium Pusat Belanja
E. Atrium Pusat Belanja

Penulisan kata serapan yang baku terdapat dalam kalimat ...
A. Mereka berlima memproklamirkan diri sebagai kelompok pecinta alam
B. Kami melakukan senam erobik setiap minggu sekali.
C. Aktivitas Gunung Galunggung selalu dipantau oleh Badan Meteorologi dan Geofisika.
D. Jalan itu juga dibangun dengan tehnik cakar ayam
E. Kakak membuka usaha foto copy di halaman samping rumah

Menteng Park Appartement terletak di wilayah yang strategis.
Kata serapan yang dimiringkan seharusnya ...
A. Apartemen Taman Menteng
B. Taman Apartemen Menteng
C. Menteng Taman Apartemen
D. Apartemen Daerah Menteng
E. Daerah Apartemen Menteng

No comments:

Post a Comment