Bagian-Bagian Penting Pidato

Untuk menyusun sebuah pidato yang bagus tentu kita harus memperhatikan Unsur-unsur apa saja yang harus ada di dalam sebuah pidato agar pidato tersebut dapat menarik dan tidak membosankan para pendengarnya. Nah, dikesempatan ini admin E-SBMPTN akan membahas mengenai Bagian-Bagian Penting Penyusun Pidato tersebut. Berikut ini unsur-unsur pidato.

Bagian Penting Pidato Soekarno

Bagian pembuka berisi tentang:
  1. Salam pembuka
  2. Sapaan kepada para pendengar
  3. Memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
Para undangan,
Bapak-bapak, ibu-ibu, serta rekan-rekan yang saya hormati. Saat ini, kita berada dalam keadaan yang sangat membahagiakan. Oleh karena itu, marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

2. Bagian Isi Pidato
Bagian isi dari suatu pidato berisi tentang Pokok-pokok yang ingin disampaikan kepada pendengar.

Contoh bagian isi pidato:
Hadirin yang saya hormati.
Kegiatan ini diadakan bukan tanpa tujuan. Tujuan pokok kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pertanian. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik awal gerakan gemar bertani. Dengan begitu, pertanian di daerah ini akan lebih memasyarakat dan maju.

Bagian penutup sebuah pidato terdiri dari:
  1. Ucapan terima kasih
  2. Ucapan maaf bila ada kesalahaan saat berpidato
  3. Harapan-harapan yang berhubungan dengan pokok atau isi pidato
  4. Salam penutup
Contoh Bagian Penutup Pidato:
Kegiatan ini diadakan dengan harapan semoga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua. Mudah-mudahan usaha kita ini diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Terimakasih atas perhatiannya. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bagian-bagian penyusun pidato, semoga menambah wawasan dan semoga bermanfaat tentunya.

0 komentar:

Post a Comment