Tips dan Teknik Ampuh Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris
Tips dan Teknik Ampuh Belajar Percakapan Bahasa Inggris. Belajar percakapan bahasa Inggris memang gampang-gampang susah. Banyak orang yang mungkin mengatakannya sebagai salah satu hal yang paling sulit, namun tidak banyak yang mengatakannya sebagai perkara mudah. Saat Anda merasa kesulitan dalam bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris, kemungkinan besar Anda harus mengubah cara belajar yang digunakan sehari-hari. Kemudian, bagaimana cara meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris? Ada beberapa cara untuk meningkatkan kapabilitas yang kita miliki dalam belajar bahasa Inggris. Simak 5 Tips/Teknik Jitu dalam belajar percakapan bahasa Inggris berikut ini.

Praktik dan Praktik
Seperti yang sudah sering kita bahas, bahwa belajar bahasa Inggris itu hampir sama dengan berenang. Anda akan bisa karena praktik, dan tanpa praktik Anda hanya berperan sebagai penonton sementara teman-teman Anda melesat jauh kemampuannya.

Praktik berbicara adalah mutlak dilakukan apabila Anda ingin memperbaiki sistem percakapan yang Anda miliki. Dalam konteks ini, cobalah untuk mengajak beberapa orang teman yang bisa berbahasa Inggris untuk menjadi lawan bicara Anda.

Kalau Anda Malu Berbicara Langsung, Coba Dulu Berbicara Melalui Tulisan
Anda punya Facebook atau Twitter bukan? Silakan tambahkan orang-orang luar negeri sebagai teman Anda. Ajak mereka mengobrol melalui Direct Message atau Private Message di Facebook. Cara ini pernah dilakukan oleh seseorang yang tinggal di Vietnam. Setiap tiga hari sekali, ia berada di warung Internet khusus untuk mengobrol via Facebook atau Skype dengan teman-temannya yang ada di luar negeri. Kurang lebih satu bulan, ia bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan teknik yang jauh lebih baik.

Jangan Terlalu Memikirkan Grammar
Sudah pernah saya katakan bahwa grammar merupakan bagian yang penting dalam bahasa Inggris, namun sebaiknya Anda tidak takut terhadap grammar. Tata bahasa atau grammar yang baik tentu sangat diidamkan bagi siapapun pembelajar bahasa, namun apabila terlalu memikirkan grammar, maka hal itu akan menghambat kita semua dalam memulai percakapan.

Kalau tidak percaya, coba Anda melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris, kemudian sebelum mengucapkan kata-kata, pikirkan terlebih dahulu grammar yang tepat. Bisa dipastikan, Anda akan ragu-ragu dalam berkata-kata dan bahkan tidak bisa berkata-kata karena takut salah. Ingat, grammar itu penting, namun jangan menjadi beban ketika berbicara.

Hidup di Lingkungan Bahasa Inggris

Anda pernah pergi ke Kampung Inggris? Kabarnya disana semua percakapan menggunakan bahasa Inggris. Amat disarankan, Anda memanfaatkan tempat tersebut dalam rangka belajar bahasa Inggris. Melalui praktik setiap hari, diyakini meskipun bahasa Inggris Anda buruk pada awalnya, namun bisa melesat hingga ke fase menjadi seorang ahli.

Banyak Mendengarkan, Membaca, dan Menulis
Kemampuan kita dalam berbicara sebenarnya juga didukung oleh penguasaan kosakata yang kita dapatkan ketika mendengarkan, membaca, dan menulis. Selain banyak praktik berbicara, asah pula kemampuan Anda dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, membaca majalah atau Koran bahasa Inggris, dan menulis. 
 

1 comment: