PUISI

Pengertian Puisi
Pengertian Puisi. Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran perasaan penyair, disusun dengan menggunakan kata-kata yang indah dan kaya makna. Bahasa yang digunakan dalam sebuah puisi berbeda dengan bahasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Bahasa dalam puisi itu ringkas, tetapi sangat kaya akan maknanya.

Berikut ini merupakan unsur batin puisi.
  • Tema
    Tema adalah pokok persoalan atau gagasan poko yang dikemukakan oleh seorang penyair. Tema tersirat dalam keseluruhan isi puisi. Persoalan yang diungkapkan oleh penyair merupakan penggambaran suasana batin atau bisa pula berupa apresiasi penyair terhadap kenyataan sosial budaya di sekitar penyair. Puisi dapat berperan sebagai sarana untuk mengemukakan sesuatu yang sedang dialami oleh penyair atau bisa pula sebagai ungkapan simpati atau keprihatinan penyair pada lingkungan di sekitarnya.
  • Perasaan
    Perasaan senang, tidak senang, benci, rindu, setiakawan dapat kita jumpai dalam puisi. Puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili ekspresi perasaan seorang penyair. Saat menciptakan puisi, suasana perasaan penyair itu ikut diekspresikan dan harus dapat dihayati oleh pembaca. Dalam tema yang sama setiap penyair akan menciptakan puisi yang berbeda karena setiap penyair memiliki perasaan yang berbeda dalam memandang suatu tema. Bahasa dalam puisi pun terasa sangat ekspresif dan padat. Sehingga, dapat mewakili ekspresi perasaan yang ingin disampaikan penyair.
  • Nada dan Suasanan
    Dalam menulis puisi, penyair memiliki sikap tertentu terhadap pembaca, apakah penyair ingin bersikap menggurui, menasehati, mengejek, menyindir, atau hanya ingin menceritakan sesuatu kepada pembaca. Sikap penyair kepada pembaca tersebut disebut nada puisi. Sedangkan suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut atau akibat psikologi yang ditimbulkan puisi itu terhadap pembaca. Nada dan suasana puisi saling berhubungan karena nada puisi menimbulkan suasana terhadap pembaca. Contoh, nada duka yang diciptakan penyair dapat menimbulkan suasana iba pada pembaca.
  • Amanat
    Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan seorang penyair dalam puisinya. Amanat dapat ditelaah setelah kita memahami tema, nada, dan suasana dari puisi yang kita baca. Sesuai dengan tema yang dikemukakan penyair, maka amanat akan selaras dengan temanya. Pesan-pesan tersebut terdapat dalam ungkapan yang tersembunyi.

0 komentar:

Post a Comment