Paragraf

Pengertian Paragraf
 Paragraf Adalah
Paragraf adalah / merupakan bagian dari suatu karangan yang penulisannya dimulai dengan garis baru. Setiap paragraf berisi tentang satu kesatuan gagasan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat. Umumnya, paragraf terdiri atas sejumlah kalimat yang aling berkaitan untuk mengungkapkan suatu gagasan.

Dalam sebuah paragraf terdapat unsur-unsur tertentu yang berbeda fungsi. Di bawah ini merupakan unsur-unsur paragraf.
  • Gagasan Utama
    Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama dinyatakan dalam sebuah kalimat utama. Letak kalimat utama tersebut bisa di awal dan di akhir paragraf.
  • Gagasan Penjelas
    Gagasan Penjelas adalah gagasan yang berfungsi menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas dinyatakan lebih dari beberapa kalimat dalam satu paragraf. Kalimat yang mengandung gagasan penjelas disebut kalimat penjelas.
Setiap paragraf harus disusun dengan baik agar pembaca tidak bingun dan kesulitan untuk memahami bacaan. Berikut ini syarat penyusunan paragraf.
Opini adalah pendapat. Opini dalam paragraf berarti pendapat yang disampaikan oleh seseorang yang tercantum dalam sebuah paragraf. Biasanya terdapat kata menurut saya, menurut (menyebutkan nama orang yang berpendapat). Sedangkan fakta adalah suatu keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan atau benar-benar terjadi. Fakta suatu kejadian dalam sebuah paragraf biasanya disertai tabel, grafik, diagram, atau data-data yang dapat dipercaya keakuratannya.

Kemampuan inovasi seseorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang mampu dijual. Oleh karena itu, jika seorang wirausaha  ingin sukses dalam usahanya, ia harus membuat produk dengan inovasi baru. Hal tersebut dikarenakan inovasi merupakan faktor penting dalam proses produk dan pelayanan. Tanpa adanya inovasi, produk dan pelayanan tidak akan perkembang, bahkan tidak akan sukses dalam wirausaha.

Ide pokok dalam paragraf di atas adalah ....
a. Kemampuan inovasi seseorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang mampu dijual.

b. Oleh karena itu, jika seorang wirausaha ingin sukses dalam usahanya, ia harus membuat produk dengan inovasi baru.

c. Hal tersebut dikarenakan inovasi merupakan faktor penting dalam proses produk dan pelayanan

d. Tanpa adanya inovasi, produk dan pelayanan tidak akan berkembang, bahkan tidak akan sukses dalam wirausaha.

e. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa inovasi memang unsur terpenting dalam wirausaha.

Pembahasan Soal
Ide pokok disebut juga gagasan utama yang dinyatakan dalam sebuah kalimat utama. kalimat utama merupakan kalimat inti yang menjadi acuan dari kalimat-kalimat penjelas. Dalam soal di atas yang menjadi ide pokoknya adalah kemampuan inovasi seseorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang suatu gagasan dan ide-ide yang mampu dijual. Kalimat-kalimat selanjutnya hanyalah kalimat penjelas. (jawaban a)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paragraf"

Post a Comment