LANGKAH-LANGKAN MEMBUAT RESENSI BUKU

Resensi Buku
Pengertian resensi buku. Kita dapat membaca resensi buku pada majalah dan surat kabar. Resensi buku adalah tulisan yang menggambarkan suatu tinjauan atau ulasan buku. Resensi buku memfokuskan ulasan pada satu objek, yaitu berupa hasil karya yang telah jadi dari seorang penulis buku. Tujuan pembuatan resensi adalah untuk memberikan informasi atau panduan bagi masyarakat yang ingin membeli atau menikmati suatu buku.

Buku yang kan diresensi harus dipertimbangkan dari segi kemenarikkannya, kepentingannya, atau ketenarannya. Berikut ini adalah cara-cara meresensi buku.
  1. Pilihlah buku yang layak untuk dinikmati oleh pembaca. Jika suatu buku tidak terkatakan lagi buruknya, maka sebaiknya buku tersebut tidak dijadikan bahan resensi.
  2. Membaca dan memahami isi buku yang akan menjadi bahan resensi. Cara tepat untuk mengetahui isi buku secara umum adalah dengan melakukan pemindaian halaman awal buku.
  3. Memiliki wawasan yang luas tentang tema buku yang akan menjadi bahan resensi. Tidak perlu pendidikan khusus untuk menambah wawasan. Wawasan dapat bertambah dengan banyak membaca buku, koran, dan bacaan yang berhubungan dengan tema buku yang akan diresensi.
Untuk mengawali pembuatan resensi buku harus dibuat dulu kerangka tulisan. Kerangka resensi meliputi bagian-bagian berikut ini:
  1. Informasi awal berupa identitas buku yang terdiri atas judul lengkap, penulis, tempat terbit, penerbit, tahun terbit, edisi atau cetakan, jumlah halaman, dan harga buku.
  2. Pembukaan. Dalam pembukaan, penulis resensi harus menyatakan tanggapan utama dan menentukan nada ulasannya. Berusahalah untuk memikat perhatian pembaca dengan kalimat pembuka yang menarik.
  3. Pengembangan. Penulis resensi dapat mengembangkan tanggapannya dengan argumentasi yang mendukung sehingga pembaca tertarik untuk membeli atau membaca buku yang diresensi. Kita dapat menuliskan kelebihan dan kekurangan buku tersebut.
  4. Kesimpulan. Kesimpulan resensi diperoleh dengan mudah setelah kita melakukan pembahasan. Kesimpulan dapat berupa pernyataan terakhir atau sekedar mengulang tanggapan atau pernyataan kita.
Berikut ini merupakan manfaat membuat resensi.
  1. Dapat menstimulus minat membaca
  2. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari buku yang kita baca
  3. Dapat mempertajam sikap kritis
  4. Belajar sekaligus melatih keterampilan menulis
  5. Jika dikirim ke media masa dan beruntung resensinya dibuat maka peresensi akan mendapatkan imbalan

0 komentar:

Post a Comment