9/30/2014

KIMIA: ISOTOP, ISOTON, DAN ISOBAR

Penjelasan Isotop, Isoton, dan Isobar. Penyusun atom adalah elektron, proton dan neuton. Tetapi yang menyumbang peran dalam hal massa adalah proton dan neutron. Massa proton dan neutron yaitu sekitar 1,67x10-27 kg, sedangkan massa elektron adalah 9,01x10-31 kg. Dengan demikian, massa proton dan neutron hampir mencapai sepuluh ribu kali massa elektron. Adanya perbedaan yang jauh tersebut membuat massa elektron diabaikan dalam perhitungan massa atom. Perbedaan isotop, isoton dan isobar adalah sebagai berikut:

Isotop Isoton Isobar
Pengertian isotop
Isotop adalah atom yang mempunyai nomor atom sama tetapi mempunyai nomor massa yang berbeda. Seluruh isotop mempunyai jumlah proton yang sama, namun jumlah neutron yang berbeda. Kata isotop berasal dari bahasa Yunani isos (ἴσος) yang berarti sama dan topos (τόπος) yang berarti tempat. Isotop-isotop dari unsur yang sama akan menempati posisi yang sama dalam tabel periodik unsur. Jumlah proton dalam inti disebut sebagai nomor atom. Jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron jika atom tersebut tidak terionisasi.

Contoh isotop

Contoh isotop yang paling sederhana adalah 12C, 13C, dan 14C. Ketiganya merupakan isotop atom karbon dengan nomor massa 12, 13 dan 14. Nomor atom karbon adalah 6, dengan jumlah proton 6 (= jumlah elektron). Yang menyebabkan perbedaan massa adalah ketiganya mempunyai jumlah neutron yang berbeda, yaitu masing-masing 6, 7, dan 8.

Pengertian isoton
Isoton adalah atom yang mempunyai jumlah neutron yang sama, namun mempunyai jumlah proton yang berbeda. Karena adanya perbedaan jumlah proton, maka otomatis nomor atom juga berbeda. 


Contoh isoton

Contoh isoton adalah 12B dan 13C. Keduanya mempunyai neutron yang sama yaitu 7, namun jumlah proton berbeda. Boron (B) mempunyai proton 5, sedangkan karbon (C) mempunyai proton 6. Contoh isoton yang lain adalah 36S, 37Cl, 38Ar, 39K, and 40Ca yang mempunyai jumlah neutron yang sama, yaitu 20.

Pengertian isobar
Isobar adalah atom yang mempunyai nomor massa yang sama dari unsur yang berbeda. Persamaan massa ini disebabkan karena adanya jumlah nukleon (gabungan proton dan neutron) yang sama. 

Contoh isobar
Contoh isobar adalah 40S, 40Cl, 40Ar, 40K, and 40Ca. Kelima atom tersebut mempunyai massa yang sama yaitu 40, dengan variasi jumlah proton dan neutron.

0 komentar:

Post a Comment