Biologi: Pengertian Saprofit

Tanaman Saprofit
Biologi: Pengertian Tumbuhan SaprofitSaprofit adalah organisme yang hidup mendapatkan bahan organik dari organisme yang telah mati atau membusuk. Biasanya, terjadi pada bakteri dan jamur yang penting dalam mekanisme daur ulang dan pembusukan. Sebagian besar jamursaprofit mengeluar-kan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga mudah diserap oleh hifa.

Saprofit ini menumpang pada organisme lainnya, tetapi tidak merugikan. Tetapi juga tidak menguntungkan. Tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan inang mendapatkan air dari hujan.

Contoh Tumbuhan Saprofit
Misalnya saja sebagian besar bakteri yang hidup di tanah, jamur-jamur yang tidak parasit serta jenis lainnya. Semuanya tidak mempunyai klorofil, tidak mampu membentuk zat organis sendiri dari udara, sehingga perlu mengambil makanan yang terdiri dari zat organis.

Perbedaan Parasit dengan Saprofit
Saprofit adalah cara hidup menumpang pada sisa makhluk hidup lain, misalnya jamur saprofit, tanaman anggrek yang hidup menumpang pada sisa batang lapuk, dsb

Parasit adalah cara hidup menumpang pada makhluk hidup lain dan merugikan makhluk yang ditumpangi, misalnya benalu pada tumbuhan inang. Akar benalu menusuk sampai jaringan pengangkut pada tumbuhan inang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biologi: Pengertian Saprofit"

Post a Comment