CONTOH SOAL SOSHUM (IPS)

Contoh Soal Soshum (IPS) dan pembahasan ini diberikan kepada adik-adik yang akan mengikuti ujian Sbmptn 2017/2018 sebagai bahan latihan. Semoga Contoh Soal Sbmptn Soshum ini dapat bermanfaat bagi adik-adik sekalian.

Soal SBMPTN Soshum
Cara Menjawab Soal SBMPTN
Petunjuk A Pilihlah satu jawaban yang paling tepat (A, B, C, D, atau E). 

Petunjuk B Soal terdiri dari tiga bagian, yaitu pernyataan, kata sebab, dan alasan yang disusun berurutan. Pilihlah:
A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.
B. Jika pernyataan benar dan alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
C. Jika pernyataan benar dan alasan salah.
D. Jika pernyataan salah dan alasan benar.
E. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Petunjuk C Pilihlah:
A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar.
B. Jika (1) dan (3) yang benar.
C. Jika (2) dan (4) yang benar.
D. Jika hanya (4) yang benar.
E. Jika semuanya benar.

Contoh Soal SBMPTN Sejarah

Contoh Soal Sbmptn No.1
Gagasan terpenting dalam Declaration of independent adalah ....
(A) pembentukan senat dan hous of representation
(B) pemilihan umum sebagai sarana demokrasi
(C) pengakuan hak asasi manusia
(D) penentangan terhadap sistem perbudakan
(E) terbentuknya solidaritas nasional di bawah protektor Inggris
Kunci jawaban: C

Contoh Soal Sbmptn No.2
Dokumen yang berisi pengklaiman tanah Palestina oleh Yahudi Israel disebut ....
(A) Zionieme 1897
(B) The passcield white paper 1930
(C) White paper 1939
(D) Balfaor declaration 1917
(E) Peel commission 1937
Kunci jawaban: D

Contoh Soal Sbmptn No.3

Konferensi Asia Afrika di Bandung pada hakekatnya merupakan konferensi internasional pertama bagi bangsa kulit berwarna dalam sejarah kemanusiaan.
SEBAB 
Peran gerakan non blok yang dirintis sejak tahun 1955 menitik beratkan kepada penentuan nasib sendiri dan emansipasi ekonomi.
Kunci jawaban: B

Contoh Soal Sbmptn No.4

Faktor–faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan kebudayaan :
(1) pendidikan
(2) interaksi dengan masyarakat lain
(3) sikap toleransi yang tinggi
(4) orientasi kehidupan berwawasan masa depan
Kunci jawaban: E


Contoh Soal Sbmptn No.5

Peristiwa yang mengakibatkan timbulnya kolonialisme yang dilakukan bangsa-bangsa Barat di Asia dan Afrika adalah karena ....
(1) mahalnya harga rempah-rempah di Eropa
(2) jatuhnya Konstantinopel pada 1453 ke tangan Turki
(3) diadakan perjanjian Tordesillas dan Saragosa
(4) dikuasainya Bandar Portugis, Lisabon, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1580
Kunci jawaban: E

Ingin mengetahui contoh soal soal sbmptn lainnya plus prediksi soal sbmptn 2017/2018? silahkan klik disini

Contoh Soal Soshum Ekonomi

1. Suatu negara mempunyai data pendapatan nasional sebagai berikut : Konsumsi
masyarakat Rp.90.000.000 Pendapatan laba usaha Rp.20.000.000 Pengeluaran Negara
Rp.130.000.000 Pendapatan sewa Rp. 40.000.000 Pengeluaran investasi
Rp. 50.000.000 Ekspor Rp. 15.000.000 Impor Rp. 20.000.000 dari diatas hitunglah
pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran...
A. Rp. 265 Juta.
B. Rp. 135 Juta.
C. Rp. 355 Juta.
D. Rp. 270 Juta.
E. Rp. 305 Juta.

Jawaban : A
Rumur Pendapatan nasional dengan pendekatan nasional :
Y = C + I + G + (X – M)
Y = 90.000.000 + 50.000.000 + 130.000.000 + (15.000.000 - 20.000.000)
Y = 270.000.000 - 5.000.000
Y = 265.000.000
Jadi jumlah pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan pengeluaran adalah
Rp. 265 Juta.


2. Sebelum berangkat ke Amerika, Budi menukar uangnya sebesar Rp 60.000.000,00
dengan dolar Amerika, kurs saat itu : Kurs beli 1 US $ = Rp 7.000,00 ; Kurs jual
I US $ = Rp 7.500,00. Di Amerika Budi membelanjakan uangnya sebesar 6.000 US $.
Sekembalinya di Indonesia, Budi menukar kembali sisa dolarnya ke rupiah, saat itu Kurs
beli 1 US $ = Rp 7.300,00 – dan Kurs jual 1 US $ = Rp 7.800,00; maka sisa uang Budi
sebesar ……
A . Rp 14.600.000,00 D . Rp 18.771.428,57
B . Rp 15.000.000,00 E . Rp 20.057.142,86
C . Rp 15.600.000,00

Jawaban : A
Jumlah dollar yang diterima Budi adalah : Rp 60.000.000,00: Rp 7.500,00 = 8000 US $
Sisa uang Budi dalam dollar adalah : 8.000 US $ – 6.000 US $ = 2.000 US $
Sisa uang Budi dalam rupiah adalah : 2.000 US $ x Rp 7.300,00 = Rp 114.600.000,00


3. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat adalah....
A . Jumlah penduduk dan motivasi investor asing
B . Tingkat pendapatan dan motivasi investor asing
C . Hubungan luar negeri dan motivasi investor asing
D . Struktur ekonomi masyarakat dan tingkat pendapatan
E . Struktur ekonomi masyarakat dan hubungan luar negeri

Jawaban : D
Faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar :
a. Tingkat pendapatan masyarakat
b. Tingkat suku bunga
c. Tingkat harga barang
d. Selera masyarakat terhadap barang
e. Kebijakan kredit pemerintah


4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi:
1. Sumber daya manusia yang banyak
2. Kesempatan kerja sempit
3. Sumber daya alam yang melimpah
4. Modal yang sedikit
5. Penguasaan teknologi modern
Yang termasuk faktor-faktor yang menghambat pembangunan ekonomi di negara

berkembang adalah ……..
A . 1, 2, dan 3
B . 1, 2, dan 4
C . 1, 3, dan 5
D . 2, 3, dan 4
E . 2, 4, dan 5

Jawaban: E
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi:
1. Sumber daya alam
2. Sumber daya manusia
3. Sumber daya modal
4. Teknologi


5. Jika diketahui fungsi permintaan 1000-40Q dan fungsi penawaran -600 +40Q. Tentukan
keseimbangan pasarnya…….
A. Rp.200,- =50 unit
B. Rp.350,- = 40 unit
C. Rp.200,- = 40 unit
D. Rp.300,- = 50 unit
E. Rp.300,- = 60 unit

Jawaban : C
Pd = 1000 – 40Q, Ps = -600 + 40Q
Pd = Ps
1000 – 40Q = -600 + 40Q
1000 + 600 = 40Q + 40Q
1600 = 80Q
Q = 1600 : 80
Q = 20 Pd = 1000 – 40
Q = 1000 – 40 (20)
= 1000-800
= 200


6. Melalui pendekatan pengeluaran, maka besarnya pendapatan nasional suatu negara
secara matematis dapat dihitung ……..
A . Y = (P 1 X Q 1 ) + (P 2 X Q 2 ) + … (P n X Q n )
B . Y = C + I + G + (X-M)
C. Y=r+w+i+n
D . Y = ax + bY
E . Y= a + bY

Jawaban : B
Metoda perhitungan pendapatan nasional
a. Metoda pengeluaran:
Rumus: Y = C + I + Q + (X – M)
b. Metoda produksi:
Rumus: Y = (Q 1 X P 1 ) + (Q 2 X P 2 ) + … + (Q p X P n )
c. Metoda penerimaan.
Rumus: Y = r + w + i + p


7. Fungsi permintaan akan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan P = 15 – Q,
sedangkan penawaranannya P = 3 + 0.5 Q. Terhadap barang tersebut dikenakan pajak
sebesar 3 perunit. Berapa harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan sebelum
pajak dan berapa pula jumlah keseimbangan sesudah pajak...
A. Pe’ = 9 dan Qe’ = 3
B. Pe’ = 9 dan Qe’ = 9
C. Pe’ = 9 dan Qe’ = 6
D. Pe’ = 6 dan Qe’ = 6
E. Pe’ = 6 dan Qe’ = 9

Jawaban: C
Sebelum pajak Pe = 7 dan Qe = 8 (contoh di atas). Sesudah pajak, harga jual yang
ditawarkan oleh produsen menjadi lebih tinggi. Persamaan penawaran berubah dan
kurva bergeser ke atas.
Penawaran sebelum pajak : P = 3 + 0.5 Q
Penawaran sesudah pajak : P = 3 + 0.5 Q + 3

P = 6 + 0.5 Q Q = -12 + 2 P
Sedangkan persamaan permintaan tetap :
Q = 15 – P
Keseimbangan pasar : Qd = Qs
15 – P = -12 + 2P
27 = 3P
P = 9
Q = 15 – P
Q = 15 – 9
Q = 6
Jadi, sesudah pajak : Pe’ = 9 dan Qe’ = 6

Demikian beberapa contoh soal sbmptn soshum yang dapat kami sajikan bagi adik-adik. Untuk mendapatkan/mendownload soal soal sbmptn soshum (ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi) lainnya silahkan klik disini.
Bagi adik-adik ingin lulus SBMPTN di PTN Favorit tahun ini, kami sudah menyiapkan Ebook Lolos SBMPTN dan Prediksi Soal SBMPTN 2017/2018 yang lengkap dengan pembahasannya, soal ini dirancang khusus untuk membantu adik-adik lulus ujian SBMPTN 2017/2018. Silahkan Klik Disini untuk informasi selengkapnya.

31 komentar:

  1. Mksih Infonya gan .. sangat bermanfaat bget

    ReplyDelete

  2. maaf,untuk soal no. 2 jumlah jawabannya salah ketik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dk, silahkan dikoreksi.

      Delete
    2. Ada latihan tertulis atau Ngk ??

      Delete
  3. Makasih min, semoga ini bisa membantu :)

    ReplyDelete
  4. thaks min postingnya mantap

    ReplyDelete
  5. Semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan teman-teman saya yang sebentar lagi akan menempuh nya~

    ReplyDelete
  6. mksh bgus postingannya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Terima kasih, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  9. min mau nanya nih saya mau ngambil jurusan psikologi tetapi saya waktu sekolahnya jurusan ipa itu gimana min SBMPTN nya? apa ngambil soal campuran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada di kartu ujiannnya kak,keterangan kelompok ujian gitu.
      maaf bantu jawab, soalnya sama mau ikut sbm:)

      Delete
    2. ambil paket soshum ya dk

      Delete
  10. Kalo emang mau daftar psikolog doang kk, ambil sbm ips aja gausah yang ipc..

    ReplyDelete
  11. mau tanya juga kak, kan aku daftar sbmptn itu manajemen sama kurikulum dan teknologi pendidikan. berarti besok itu ambil campuran ya ??

    ReplyDelete
  12. Kk mau tanya kalo soshum buat jurusan pendidikan penjas materi yang di ujikan bidang ips atau ipa,campuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pendidikan penjas yg diujikan IPS

      Delete
  13. Trmkasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  14. Kak mau tanya kalau pilihan 1-3 gak ada yang di isi di derahnya sendiri gappa?

    ReplyDelete
  15. Kak jumlah pilihan jurusan ada 3 kak nahh yg sya mau tanyakan 3 pilihan itu bisa sama gak 1 kampus tapi jurusanya beda

    ReplyDelete
  16. Kak jumlah pilihan jurusan ada 3 kak nahh yg sya mau tanyakan 3 pilihan itu bisa sama gak 1 kampus tapi jurusanya beda

    ReplyDelete