CONTOH SOAL SOSHUM (IPS)

Contoh Soal Soshum (IPS) dan pembahasan ini diberikan kepada adik-adik yang akan mengikuti ujian Sbmptn 2014 sebagai bahan latihan. Semoga Contoh Soal Sbmptn Soshum ini dapat bermanfaat bagi adik-adik sekalian.
Soal SBMPTN Soshum
1. Suatu negara mempunyai data pendapatan nasional sebagai berikut : Konsumsi
masyarakat Rp.90.000.000 Pendapatan laba usaha Rp.20.000.000 Pengeluaran Negara
Rp.130.000.000 Pendapatan sewa Rp. 40.000.000 Pengeluaran investasi
Rp. 50.000.000 Ekspor Rp. 15.000.000 Impor Rp. 20.000.000 dari diatas hitunglah
pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran...
A. Rp. 265 Juta.
B. Rp. 135 Juta.
C. Rp. 355 Juta.
D. Rp. 270 Juta.
E. Rp. 305 Juta.

Jawaban : A
Rumur Pendapatan nasional dengan pendekatan nasional :
Y = C + I + G + (X – M)
Y = 90.000.000 + 50.000.000 + 130.000.000 + (15.000.000 - 20.000.000)
Y = 270.000.000 - 5.000.000
Y = 265.000.000
Jadi jumlah pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan pengeluaran adalah
Rp. 265 Juta.


2. Sebelum berangkat ke Amerika, Budi menukar uangnya sebesar Rp 60.000.000,00
dengan dolar Amerika, kurs saat itu : Kurs beli 1 US $ = Rp 7.000,00 ; Kurs jual
I US $ = Rp 7.500,00. Di Amerika Budi membelanjakan uangnya sebesar 6.000 US $.
Sekembalinya di Indonesia, Budi menukar kembali sisa dolarnya ke rupiah, saat itu Kurs
beli 1 US $ = Rp 7.300,00 – dan Kurs jual 1 US $ = Rp 7.800,00; maka sisa uang Budi
sebesar ……
A . Rp 14.600.000,00 D . Rp 18.771.428,57
B . Rp 15.000.000,00 E . Rp 20.057.142,86
C . Rp 15.600.000,00

Jawaban : A
Jumlah dollar yang diterima Budi adalah : Rp 60.000.000,00: Rp 7.500,00 = 8000 US $
Sisa uang Budi dalam dollar adalah : 8.000 US $ – 6.000 US $ = 2.000 US $
Sisa uang Budi dalam rupiah adalah : 2.000 US $ x Rp 7.300,00 = Rp 114.600.000,00


3. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat adalah....
A . Jumlah penduduk dan motivasi investor asing
B . Tingkat pendapatan dan motivasi investor asing
C . Hubungan luar negeri dan motivasi investor asing
D . Struktur ekonomi masyarakat dan tingkat pendapatan
E . Struktur ekonomi masyarakat dan hubungan luar negeri

Jawaban : D
Faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar :
a. Tingkat pendapatan masyarakat
b. Tingkat suku bunga
c. Tingkat harga barang
d. Selera masyarakat terhadap barang
e. Kebijakan kredit pemerintah


4. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi:
1. Sumber daya manusia yang banyak
2. Kesempatan kerja sempit
3. Sumber daya alam yang melimpah
4. Modal yang sedikit
5. Penguasaan teknologi modern
Yang termasuk faktor-faktor yang menghambat pembangunan ekonomi di negara

berkembang adalah ……..
A . 1, 2, dan 3
B . 1, 2, dan 4
C . 1, 3, dan 5
D . 2, 3, dan 4
E . 2, 4, dan 5

Jawaban: E
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi:
1. Sumber daya alam
2. Sumber daya manusia
3. Sumber daya modal
4. Teknologi


5. Jika diketahui fungsi permintaan 1000-40Q dan fungsi penawaran -600 +40Q. Tentukan
keseimbangan pasarnya…….
A. Rp.200,- =50 unit
B. Rp.350,- = 40 unit
C. Rp.200,- = 40 unit
D. Rp.300,- = 50 unit
E. Rp.300,- = 60 unit

Jawaban : C
Pd = 1000 – 40Q, Ps = -600 + 40Q
Pd = Ps
1000 – 40Q = -600 + 40Q
1000 + 600 = 40Q + 40Q
1600 = 80Q
Q = 1600 : 80
Q = 20 Pd = 1000 – 40
Q = 1000 – 40 (20)
= 1000-800
= 200


6. Melalui pendekatan pengeluaran, maka besarnya pendapatan nasional suatu negara
secara matematis dapat dihitung ……..
A . Y = (P 1 X Q 1 ) + (P 2 X Q 2 ) + … (P n X Q n )
B . Y = C + I + G + (X-M)
C. Y=r+w+i+n
D . Y = ax + bY
E . Y= a + bY

Jawaban : B
Metoda perhitungan pendapatan nasional
a. Metoda pengeluaran:
Rumus: Y = C + I + Q + (X – M)
b. Metoda produksi:
Rumus: Y = (Q 1 X P 1 ) + (Q 2 X P 2 ) + … + (Q p X P n )
c. Metoda penerimaan.
Rumus: Y = r + w + i + p


7. Fungsi permintaan akan suatu barang ditunjukkan oleh persamaan P = 15 – Q,
sedangkan penawaranannya P = 3 + 0.5 Q. Terhadap barang tersebut dikenakan pajak
sebesar 3 perunit. Berapa harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan sebelum
pajak dan berapa pula jumlah keseimbangan sesudah pajak...
A. Pe’ = 9 dan Qe’ = 3
B. Pe’ = 9 dan Qe’ = 9
C. Pe’ = 9 dan Qe’ = 6
D. Pe’ = 6 dan Qe’ = 6
E. Pe’ = 6 dan Qe’ = 9

Jawaban: C
Sebelum pajak Pe = 7 dan Qe = 8 (contoh di atas). Sesudah pajak, harga jual yang
ditawarkan oleh produsen menjadi lebih tinggi. Persamaan penawaran berubah dan
kurva bergeser ke atas.
Penawaran sebelum pajak : P = 3 + 0.5 Q
Penawaran sesudah pajak : P = 3 + 0.5 Q + 3

P = 6 + 0.5 Q Q = -12 + 2 P
Sedangkan persamaan permintaan tetap :
Q = 15 – P
Keseimbangan pasar : Qd = Qs
15 – P = -12 + 2P
27 = 3P
P = 9
Q = 15 – P
Q = 15 – 9
Q = 6
Jadi, sesudah pajak : Pe’ = 9 dan Qe’ = 6

EBOOK LOLOS & PREDIKSI SOAL SBMPTN 2016 DAN PEMBAHASAN TELAH TERSEDIA. BERMINAT ??
 

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "CONTOH SOAL SOSHUM (IPS)"

  1. Mksih Infonya gan .. sangat bermanfaat bget

    ReplyDelete

  2. maaf,untuk soal no. 2 jumlah jawabannya salah ketik ya?

    ReplyDelete
  3. Makasih min, semoga ini bisa membantu :)

    ReplyDelete
  4. Semoga bermanfaat untuk saya pribadi dan teman-teman saya yang sebentar lagi akan menempuh nya~

    ReplyDelete
  5. min mau nanya nih saya mau ngambil jurusan psikologi tetapi saya waktu sekolahnya jurusan ipa itu gimana min SBMPTN nya? apa ngambil soal campuran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada di kartu ujiannnya kak,keterangan kelompok ujian gitu.
      maaf bantu jawab, soalnya sama mau ikut sbm:)

      Delete
  6. Kalo emang mau daftar psikolog doang kk, ambil sbm ips aja gausah yang ipc..

    ReplyDelete
  7. mau tanya juga kak, kan aku daftar sbmptn itu manajemen sama kurikulum dan teknologi pendidikan. berarti besok itu ambil campuran ya ??

    ReplyDelete
  8. Kk mau tanya kalo soshum buat jurusan pendidikan penjas materi yang di ujikan bidang ips atau ipa,campuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pendidikan penjas yg diujikan IPS

      Delete
  9. Kak mau tanya kalau pilihan 1-3 gak ada yang di isi di derahnya sendiri gappa?

    ReplyDelete
  10. Kak jumlah pilihan jurusan ada 3 kak nahh yg sya mau tanyakan 3 pilihan itu bisa sama gak 1 kampus tapi jurusanya beda

    ReplyDelete
  11. Kak jumlah pilihan jurusan ada 3 kak nahh yg sya mau tanyakan 3 pilihan itu bisa sama gak 1 kampus tapi jurusanya beda

    ReplyDelete