Latihan Contoh Soal TPA

Soal TPA dan Pembahasan
Kembali lagi Admin bagikan Latihan Contoh Soal TPA dan pembahasan serta kunci jawaban lengkap untuk adik-adik sekalian. Harapannya dengan adanya soal ini adik-adik nantinya akan lebih mudah dalam memahami dan mengerjakan berbagai bentuk soal TPA (Tes Potensi Akademik). Selamat berlatih dan semoga sukses dalam menghadapi ujian nantinya, Amin.



Soal TPA SBMPTN
1. ACEH: SERAMBI MEKAH =
A. Michael Jackson : King of Pop
B. Michael Shumacher : Pembalap
C. Miochael Gorbachev : Pemimpin Soviet
D. Madonna : Seksi
E. Ka’bah : Arab Saudi

2. KANTUK: KEPENATAN =
A. Mimpi : Tidur
B. Marah : Kegeraman
C. Muka : Ekspresi
D. Ceria : Akting
E. Senyum : Kegembiraan

3. BUNGA: RIBA =
A. Hasrat : Ekstravaganza
B. Hemat : Kikir
C. Khawatir : Bangkrut
D. Akrab : Sengit

4. BAIT: PUISI =
A. Bendera : Lagu Kebangsaan
B. Loteng : Bangunan
C. Sajak : Prosa
D. Hiasan Dinding : Lukisan
E. Rumah : Keluarga

5. HUTAN: POHON =
A. Papan : Kayu
B. Armada : Kapal
C. Mawar : Duri
D. Rak : Buku
E. Baris : Peleton

6. ANALGESIK: NYERI =
A. Ketahanan : Perkakas
B. Improvisasi : Musik
C. Pelumas : Gesekan
D. Kepercayaan : Tipuan
E. Masalah : Pening

7. FILM: SKENARIO =
A. Drama : Panggung
B. Sandiwara : Plot
C. Teater : Acara
D. Resital : Tinjauan

Pembahasan Soal TPA SBMPTN
1. Aceh mempunyai julukan Serambi Mekah. Katakata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Michael Jackson: King of Pop, karena Michael Jackson mempunyai julukan King of Pop.
Jawaban: A

2. Kantuk muncul akibat sebuah kepenatan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Senyum: Kegembiraan, karena senyum muncul akibat sebuah kegembiraan.
Jawaban: E

3. Bunga adalah sebuah konotasi yang baik dari kata riba. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Hemat: Kikir, karena hemat adalah sebuah kono-tasi yang baik dari kata kikir.
Jawaban: B

4. Bait merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah puisi. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Loteng: Bangunan, karena loteng merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah bangunan.
Jawaban: B

5. Hutan merupakan tempat berkumpulnya pepohonan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Armada: Kapal, karena armada merupakan tempat berkumpulnya kapal-kapal.
Jawaban: B

6. Analgesik merupakan sesuatu yang dapat mengurangi nyeri. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Pelumas: Gesekan, karena pelumas merupakan sesuatu yang dapat mengurangi gesekan.
Jawaban: C

7. Di dalam sebuah film ada satu bagian yang disebut skenario. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Sandiwara: Plot, karena di dalam sebuah sandiwara ada satu bagian yang disebut plot.
Jawaban: B

No comments:

Post a Comment