Tips dan Trik Mengerjakan Soal SBMPTN 2014

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan SMART SOLUTION dan Tips dan Trik dalam mengerjakan soal SBMPTN 2014 nanti. Tips dan Trik yang akan diulas ini adalah bagaimana langkah dan cara praktis yang cepat dan efisien dalam menyelesaikan soal soal SBMPTN 2014.

Seperti yang adik ketahui bersama bahwa rata-rata satu soal SBMPTN harus bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 2 menit, bahkan ada bagian tes dimana adik-adik harus kurang dari satu menit dalam menjawab soal SBMPTN. Rasanya perlu trik jitu untuk menghadapi soal SBMPTN sehingga bisa cepat menyelesaikan banyak soal dengan tepat.

Soal SBMPTN terdiri dari 3 jenis, pertama adalah pilihan ganda A, B, C, D, dan E. Kedua, pernyataan sebab-akibat, dan yang ketiga adalah bentuk empat pernyataan jawaban (1), (2), (3), dan (4).

Pada bagian pertama yakni pilihan ganda, rata-rata jawaban tersebar secara merata. Jawaban A, B, C, D, atau E memiliki kemungkinan yang sama sebagai jawaban benar. Untuk bagian pernyataan sebab akibat, berdasarkan pengalaman SBMPTN/SNMPTN tahun-tahun sebelumnya jarang sekali menemukan jawaban E.

Sementara tips untuk menjawab soal SBMPTN pada bagian empat pernyataan (1), (2), (3), dan (4) adalah sebagai berikut:

Bila kita yakin salah satu dari jawaban (1) atau (3) adalah BENAR atau SALAH:
  1. Perhatikan setiap ada jawaban (1) maka jawaban (3) juga ada. Artinya jawaban (1) dan (3) adalah jawaban paralel, jika jawaban (1) benar, maka jawaban (3) otomatis benar. Begitu juga sebaliknya, jika jawaban (1) salah, maka jawaban (3) juga salah. Jadi adik-adik hanya perlu mengecek kebenaran salah satu diantara (1) atau (3).
  2. Nah, jika (1) atau (3) ada yang benar, maka langsung periksa jawaban (4).
  3. Jika jawaban (4) benar, maka jawabannya pasti E.
  4. Jika jawaban (4) salah, maka periksa jawaban (2).
  5. Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya A. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti B.
  6. Terakhir, jika (1) atau (3) ada yang salah, maka langsung periksa jawaban (2).
  7. Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya C. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti D.
Demikianlah Tips dan Trik Menjawab Soal SBMPTN 2014/2015 ini, semoga memberikan dampak yang positif serta berguna bagi Adik-adik, dan semoga lulus di PTN Favorit pada SBMPTN 2014 nantinya.

3 comments:

  1. bermanfaat sekali min
    akan dicoba nanti

    ReplyDelete
  2. Asik akhirnya dapet juga tips yang kayak beginian, thanks banget kakak yang baik.

    ReplyDelete
  3. terimakasih artikelnya sangat membantu gan...!!!

    ReplyDelete