Sebanyak 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN

Sebanyak 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN. JAKARTA - Sekira 600 ribu peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) akan memperebutkan 90 ribu kursi di 62 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia.
SBMPTN 2013

"Tahun kemarin (peserta SNMPTN Tulis) 618 ribu," tukas Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013 Akhmaloka, seperti disitat dari laman Kemendikbud, di Jakarta, Senin (13/5/2013). SBMPTN sendiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 62 PTN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis.

Pendaftaran SBMPTN 2013 dilakukan secara daring atau online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memperkirakan, jumlah peserta tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Skema dari ujian masuk PTN pada tahun ini, tambahnya, berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu ada dua jenis ujian, yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi Mandiri, maka tahun ini ada tiga jenis ujian dengan adanya SBMPTN.

Sedangkan SBMPTN pada tahun ini adalah jalur tertulis pada tahun lalu. "SNMPTN pada tahun ini sebenarnya disebut jalur undangan pada tahun lalu," katanya. (ade)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebanyak 600 Ribu Peserta SBMPTN Rebut 90 Ribu Kursi PTN"

Post a Comment