Pendaftar SBMPTN 2013 Mencapai 9000 Peserta di Hari Pertama

Peserta SBMPTN
Pendaftar SBMPTN 2013 Mencapai 9000 Peserta di Hari Pertama. Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari pertama (Senin, 13/5) sekitar 9.000-an orang. Ini masih sangat jauh dari target panitia SBMPTN yaitu 600 ribu orang.

Dihubungi pada Senin (13/5), Ketua Panitia SBMPTN Akhmaloka mengatakan pihaknya sudah memerkirakan jumlah pendaftar masih akan sedikit pada waktu-waktu awal pendaftaran.

Jumlah pendaftar diperkirakan akan meningkat usai pengumuman ujian nasional (UN) pada 24 Mei dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 28 Mei mendatang.

"Mulai 24 Mei saya rasa lonjakan pendaftar akan meningkat hingga di atas 50%," jelasnya. Ini terjadi karena para peserta masih banyak yang pikir-pikir sebelum menjatuhkan pilihan dan melihat hasil UN dan SNMPTN.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan karena baru hari pertama, panitia belum melakukan pemilahan peserta berdasarkan pilihan provinsi, PTN, dan program studi yang diambil. Pengategorian baru dapat dilakukan setidaknya seminggu setelah pendaftaran SBMPTN berlangsung.

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara daring mulai dibuka pada Senin (13/5) pada pukul 08.00 WIB. Pendaftaran akan berlangsung hingga 7 Juni mendatang dan ditutup pada pukul 22.00. Pendaftaran dilakukan melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id.

Ujian tertulis akan dilaksanakan pada 18-19 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan akan dilakukan pada 20 dan atau 21 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan berlaku untuk beberapa jurusan seperti olahraga, seni tari, seni musik, sendratasik, dan seni rupa atau desain.

Peserta memperebutkan 90 ribu kursi untuk SBMPTN dan 120 ribu kursi untuk SNMPTN. Sebanyak 62 PTN, termasuk PT yang dikelola Kementerian Agama sebanyak delapan, akan ambil bagian dalam SBMPTN 2013. PTN yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjumlah 54. (Vera Erwaty Ismainy)

0 komentar:

Post a Comment