PERTANYAAN DAN SOLUSI SEPUTAR SBMPTN 2013

PERTANYAAN DAN SOLUSI SEPUTAR SBMPTN 2013. Pertanyaan yang sering muncul tentang ujian SBMPTN 2013 dan solusinya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut admin rangkum dibawah ini dengan disertai jawaban, yang nantinya diharapkan solusi ini dapat membantu adik-adik untuk memahami tatacara pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Mari kita simak pertanyaan-pertaanyaan tersebut tersebut.

Tes Tulis SBMPTN

Apakah dalam pilihan prodi bisa memilih 3 PTN dg masing-masing 1 prodi, atau 2 PTN(PTN A=2 Prodi dan PTN B=1 Prodi) ?
Jawab: Boleh, prinsipnya peserta boleh memilih 3 program studi untuk tiap kelompok (Saintek/Soshum/Campuran) dari seluruh PTN yang menyelenggarakan SBMPTN 2013.

Ada siswa pertukaran pelajar saat ini kelas 3 di US dan akan mendapatkan tanda kelulusan jika nanti telah menyetarakan tanda kelulusan tersebut ke dikti apakah boleh mengikuti SBMPTN (tanpa mengikuti UN) ?
Jawab: Jika sudah ada kesetaraan lulus (setara dengan ijazah) dari Dinas Pendidikan, siswa tersebut boleh mendaftar SBMPTN 2013.

Boleh tidak apabila mengambil prodi yg sama dengan PTN yang berbeda itu?
Jawab: Boleh, misalnya mengambil program studi kedokteran UI, kedokteran UNPAD, dan kedokteran UGM.

Apakah pemilihan tempat ujian itu harus berdasar pada domisili/asal sekolah pendaftar atau boleh bebas ?
Jawab: Pemilihan tempat tes tulis tidak tergantung asal sekolah calon peserta SBMPTN. Informasi lengkap dapat dilihat Disini

Apakah boleh mengambil prodi lintas jurusan (IPS mengambil IPA atau sebaliknya) kalo bisa mohon dicantumkan di web prodi/PTN mana saja yg tdk membolehkan ?
Jawab: Persyaratan khusus memasuki program studi sebuah PTN merupakan kewenangan penuh PTN yang bersangkutan, sehingga informasi yang lebih mendalam bisa ditanyakan langsung ke PTN yang bersangkutan.

Urutan pilihan prodi menyatakan prioritas pilihan, boleh tidak urutannya seperti ini: 1.Kedokteran UNIB 2.Teknik Kimia UNSRI 3. Agro ekot eknologi UNIB Atau harus Urut PTN nya?
Jawab: SBMPTN 2013 mengacu pada prodi bukan universitasnya. Jadi urutan penulisan prodi menunjukkan urutan prioritas pilihannya, sehingga prioritas PTN tergantung urutan prodi yang ditulis.

0 komentar:

Post a Comment